Techtalk 2, Autoreply Gmail, balas email otomatis sesuai keyword

autoreply gmail

Ini semua berawal ketika saya kerja di OPPO Smartphone (napa kerja di OPPO?? baca dimari https://ahmadarib.com/saya-kerja-di-perusahaan-hape-cina-hmm-why-bro.html), dan ditugaskan untuk membuat acara kampus, dan sebagai orang yang malas, saya pikir paling cepat terima sponsor kegiatan mahasiswa kemudian saya utak atik thema dan isi acaranya sehingga jadi bertemakan OPPO, sekalian bentuk OPPO Campus Club (OCC) waktu itu, nanti saya share juga cerita dibalik pembentukan OCC, cerita yang penuh nepotisme, wkwk.

Singkat cerita, karena malas saya bikin broadcast saja untuk disebar ketimbang cari kegiatan tanya sana sini, repot, detailnya apa yang saya lakukan bisa cek disini https://ahmadarib.com/proposal-seperti-apa-yang-biasanya-diterima-oleh-perusahaan.html

Postingan diatas dan broadcast request proposal dishare begitu banyak orang, dan proposal yang masuk ke email saya, luar biasa banyaknya, hingga sekarang setelah saya sudah satu tahun lebih resign dan sudah sekolah lagi. Dan sayangnya itu semua menggunakan email pribadi saya, yep to be honest waktu saya share itu dulu saya belum dapat email official kerja, yah sudahlah, jadi semuanya masuk ke email pribadi saya. Secara sederhana rasanya saya biarkan saja email2 itu masuk ke email saya, no problem, toh bukan urusan saya lagi kok, mereka juga bukan siapa-siapa buat saya kok itu yang kirim2 proposal ke saya.Tapi yah rasanya nggak professional  kalau mereka sama sekali tidak mendapat konfirmasi apapun atas action yang telah mereka lakukan, dan saya berjanji ke diri saya sendiri siapapun yang kirim email ke saya, akan saya respons, walau terkadang entah setelah beberapa hari saya respons, hehe.

Jadi, saya pikirkanlah cara untuk membalas email2 permintaan sponsor dan proposal ini.

Cara pertama, bikin template, save di draft, seminggu sekali email yang judulnya ada proposal, sponsor, dan sejenisnya akan saya reply dengan paste template email yang saya buat. Nah kalau seminggu sekali email yang masuk 20 atau 30 biji mending, ini ada seratusan email, 102, 114, 123 email perminggu, rutin tiap minggu. Setidaknya 2 jam mesti saya alokasikan untuk buka email satu-satu, paste email satu-satu.

Nahhhh, pass, saya terlalu malas.

Cara kedua, sebagai anak IT dan juga praktisi SEO ala kadarnya, saya punya software backlink yang jalan 24 jam di Virtual Private Server, jalan otomatis. It’s called automation.

autoreply gmail

Hmm, bisakah email saya diautomasikan untuk jawab satu-satu email orang yang mengajukan proposal, dan spesifik hanya ke yang nanya tentang proposal saja?

Hunting kesana kemari ketemulah script ini (well, sudah dibilang saya malas, capek coding sendiri, saya yakin udah ada yang bikin scriptnya, haha)

https://chrome.google.com/webstore/detail/email-autoresponder/aohckefanobajaljiobafejcdjjefejl?hl=en

It’s free!
It’s worked!
It’s created from Indian guy, well, jadi ingat dulu apply beasiswa S1 Computer Science ke India tapi gag dapat, gagal di interview di kedubes Indianya, kalo dapat dulu rasanya saya gag bakal semalas ini dan udah bisa bikin scriptnya sendiri, hehe.

Disana udah ada video penjelasannya, detail banget, dan simple untuk diikuti, cukup

  1. Add dulu Add-on ini di Chrome browser dari Google
  2. Buat draft email tempatenya, simpan di Draft
  3. Bikin rulenya, kalau rule saya “label:Inbox is:unread newer_than:2d proposal or permohonan or pengajuan or sponsor or bantuan”
    Yang secara umum artinya hanya reply email di Inbox (kotak masuk) yang Unread (belum dibaca), usianya belum sampat 48 jam (2d, 2 day, 2 hari) dan memiliki keyword proposal atau permohonan atau pengajuan atau sponsor atau bantuan, dan kalau ada email masuk serta di judul atau isinya ada salah satu keyword diatas, maka akan di execute script reply email otomatisnya. Mau bikin rule lain yang lebih advance, monggo cek semua operator variable Gmail disini https://support.google.com/mail/answer/7190?hl=en
Autoreply email berdasarkan keyword
Autoreply email berdasarkan keyword, Memasukkan Rule

 

autoreply gmail otomatis
autoreply gmail otomatis, contoh rule yang dimasukkan.

 

Dan hasilnya sebagai berikut

autoreply gmail berdasarkan keyword
autoreply gmail berdasarkan keyword, itu dibalas oleh autoreply semua, ada satu case salah kirim ke Jagoan Hosting itu diatas, sisanya pas dan benar sesuai harapan. Dan semua email yang sudah direspons akan dibeli label Responded.

 

Autoreply email, jeda waktu balas yang singkat
Autoreply email, jeda waktu balas yang singkat, diatas hanya 37 menit, karena scriptnya jalan cek tiap jam, otomatis 😀

Serta ada reportnya juga di Google sheet akun gmailnya.

Autoreply gmail, report sent by script
Autoreply gmail, report sent by script

Nah, demikian Techtalk 2 kali ini, semoga bermanfaat. kalau kata Abdi rekan ngobrol Tekno saya, yang fokus di network, “Automate everything, and let we just dowbload movie and watch it and getting paid.” He is damn lazy guy, mentang-mentang kerja di server, internet kenceng bawa hardisk eksternal mulu buat download.

Techtalk 1, Blogspot & Gmail are Toooo Mainstream!

menjadi berbeda

Sooo, setelah Live Report bulan ketiga, salah satu teman ngobrol teknologi saya protes.
“Bro, ente nulis tentang pendidikan sama kehidupan mulu, padahal ente orang teknologi, sesekali share lah tentang teknologi'”

Well, sejujurnya saya malu kalau mau nulis tentang teknologi, belum qualified rasanya, masih jadi anak sekolahan hingga sekarang. Tapi ya rasanya beberapa waktu belakangan beberapa teman saya dari IT yang mulai masuk dunia kerja mulai nanya-nanya tentang beberapa hal yang saya gunakan sejak dulu, hal-hal yang saya pahami, dan rasanya tidak salah juga berbagi ke publik beberapa hal kecil yang saya pahami dan sejauh ini membantu saya. Walau saya yakin yang terbantu dan mengaplikasikannya cuma 1 atau 2 orang ya tidak masalah, sesuai hadist “sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Dan untuk topik pertama adalah, jeng jeng jeng
Blogspot & Gmail are toooo Mainstream!
Well, lebih tepatnya yang saya maksud adalah .blogspot.com sama @gmail.com sih, haha, lha, apa bedanya? akan saya jelaskan dibawah.

Blogspot.com are toooo Mainstream

Sekarang adalah jamannya personal branding, facebook, twitter, instagram, youtube, you name it all!
Dan tak ketinggalan juga blog pribadi.
Melalui blog pribadi kita bisa menyampaikan ke publik tentang siapa kita, hal-hal apa saja yang kita pahami, dan di bagian apa saja yang kita cukup expert di dalamnya.
Dan untuk media blog pribadi, yang terkenal sejauh ini adalah Blogspot.com, mudah dikelola, gratis (siapa yang gag suka gratisan), dan mudah dipahami untuk penggunaannya.
Tapi, karena kemudahan-kemudahan inilah juga menurut saya pribadi memiliki blogspot.com tidak menjadi ekslusif lagi, anda punya blogspot and then so what? Malah kesannya blogspot itu untuk anak-anak SMA yang mengisinya dengan puisi-puisi atau diari masa SMA 😀
Jauh lebih baik untuk memiliki domain sendiri, yep, “nama website” istilahnya adalah domain. “ahmadarib.com” ini artinya memiliki domain .com, ada juga domain .co.id seperti “bankmandiri.co.id”
Jujur aja, antara ahmadarib.blogspot.com sama ahmadarib.com mana yang lebih “terlihat” eksklusif dan lebih bisa dipercaya?
Dan seluruh dunia ini bakal cuma ada 1 ahmadarib.com, gag ada yang punya ahmadarib.com yang lain selain saya.
Karena nama domain hanya bisa dimiliki satu saja, tidak bisa double dan sudah diatur oleh ICANN (The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Nah, yang bisa memiliki domain ini bukan cuma orang-orang tertentu saja, tapi setiap orang bisa memilikinya, tinggal beli saja domain, paling 150.000 setahun, mahal? hmm, ntar dibawah kita cek hitung-hitungannya.

Dan sejujurnya, kamu tetap bisa menggunakan blogspot kok, dengan domain sendiri, namanya blogspot custom domain.
Walau saya sendiri tidak prefer menggunakan blogspot, namun langsung menggunakan wordpress saja di domain yang saya beli.
Dan hal ini mensyaratkan tambahan 100.000 setahun untuk hostingnya.

@Gmail.com are tooo Mainstream

Gmail kamu yang sekarang pake apa hayo? gmail.com? yahoo.co.id?
Udah mainstream, semua orang juga punya.
Yang anti mainstream itu kalau kamu punya alamat email dengan nama sendiri, misal, mail@ahmadarib.com
Dijamin, ketika apply apapun via online punyamu bakal menarik perhatian ketimbang yang lainnya, dan ini sudah saya buktikan sendiri, daftar ini itu lalala macam2 pake alamat email domain sendiri menurut saya membuat aplikasi apapun menjadi stand out from the crowd.

Dan apakah memilikinya sulit, nggak, kata siapa. Dengan memiliki hosting, sebagai tambahan dari domain yang sudah saya jelaskan diatas, kamu udah bisa punya alamat email sendiri, configurasinya ada di Cpanel namanya, tinggal klik menu Email Account > Create New Account, kasih mau namanya apa gmail@namakamu.com kek, atau apa aja bebas, kemudian kasih passwordnya apa, sudah deh.
Kamu bisa akses email ini via online, di Cpanel nantinya, full function email, walau memang tampilannya gag sekeren gmail, dan spacenya disesuaikan dengan ukuran space hosting yang kamu beli.

Masih mau tetap pake gmail namun dengan domain sendiri, bisa!
Namanya Gmail Custom Domain, saya pake service ini untuk mail@ahmadarib.com, why? spacenya jauh lebih gede, 30Gb untuk email saja, dan saya butuh space email yang besar dikarenakan banyak proposal masuk, dari jaman kerja di OPPO lalu, sampai sekarang masih masuk juga, buset, perminggu rasanya ada puluhan proposal yang masuk, dan saya reply semuanya satu persatu, iya bener satu persatu, secara otomatis tentunya, capek kali reply email satu-satu tiap minggu ada puluhan email. Ntar deh mungkin di next Techtalk saya bahas autoreply engine untuk gmail.

Hitung-hitungannya

Oke, simple aja, sekarang kita hitung-hitungan deh, ini semua berdasarkan yang saya alami ya, hasil masing-masing orang bisa jadi sangat berbeda.
Domain : 150.000,-
Hosting: 100.000,-
Total 250.000,- pertahun.

Benefit?
– Jadi Google Student Ambassador, flight PP Jkt-Yogya + menginap seminggu di Hyatt regency Yogyakarta (kurang lebih Rp 10.000.000,-), reviewnya dimari https://ahmadarib.com/search-summit-2013-with-google.html
– Jadi XL Future Leaders, Pulsa 200.000/bulan x 24 bulan + Smartphone + Laptop = 14.000.000, yang mahal sebenarnya kurikulum dan pembelajarannya dari facilitator kita, Deedee yang super sekali, duh itu mahaalll sekali, reviewnya dimari https://ahmadarib.com/xl-future-leader.html

– Jadi magang di P&G 5 bulan, gaji hmmm, gag boleh publish sebenarnya, but yeah it’s one of the highest paid internship in Indonesia, reviewnya dimari https://ahmadarib.com/pg-dari-banting-stir-ke-fmcg-bro.html
– Kerja di OPPO smartphone 5 bulan, interview bentar, gag lama kemudian diterima, saya masuk kerja persis setelah wisuda, gaji juga gag boleh publish apa boleh ya, lupa saya peraturan HRD nya, haha, tapi gaji magang di P&G lebih gede dari first time job ini, gag saya ambil fulltime employee offernya, karena keburu kabur sekolah, reviewnya dimari https://ahmadarib.com/saya-kerja-di-perusahaan-hape-cina-hmm-why-bro.html– Dapat beasiswa S2, yeay, haha, nominalnya 8.000.000 rupiah/bulan untuk biaya hidup, biaya study silahkan cek sendiri webnya sjtu.edu.cn, haha, selama 2 tahun. Kecil banget sih ketimbang teman-teman saya yang di UK, Eropa atau Amerika sana, but yeah who the hell care, it’s pretty damn big for me, haha. Bukan review sih, tapi yah sekadar tulisan yang relevan dimari https://ahmadarib.com/s2-yang-indah-itu-ketika-s2-keluar-negeri-barengan-si-dia-gratisan-lagi.html

Masih mikir stay di blogspot & gmail?

menjadi berbeda
menjadi berbeda

Kunci untuk mendapatkan hal-hal yang kebanyakan orang lain tidak dapatkan itu sederhana, lihat apa yang mereka tidak lakukan, dan lakukan hal itu. Jadilah berbeda, jadilah anti-mainstream dan mencolok dari orang lainnya, dan seringkali hal itu butuh pengorbanan di awalnya, seperti 250.000 diatas, namun percayalah, itu worth it untuk setiap rupiahnya.

Salam pendidikan gratisan!