Pengertian Dari Belajar Dan Pembelajaran Di Dalam Dunia Pendidikan

Belajar dan pembelajaran merupakan suatu kesatuan yang saling berkaitan. Kunci pokok dari proses pembelajaran adalah terletak pada guru dan juga murid di mana tidak hanya guru saja atau murid saja yang aktif. Tetapi keduanya juga harus aktif. Pembelaljaran dapat dikatakan berhasil dengan baik jika guru dapat merubah diri peserta didik dan dapat mengembangkan kesadaran para peserta didik agar belajar sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman dan dapat memanfaatkan ilmu yang didapatkan.

Belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara sengaja oleh suatu individu supaya terdapat perubahan pada kemampuan diri individu tersebut. Sehingga dari yang pertamanya tidak bisa setelah belajar akhirnya menjadi bisa dan mampu melakukan sesuatu yang awalnya tidak mampu dilakukan. Yang awalnya tidak terampil lalu menjadi terampil. Belajar juga merupakan tindakan yang kompleks. Belajar juga merupakan kegiatan yang sangat fundamental di dalam bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar merupakan unsur yang pokok di dalam proses pendidikan dan merupakan unsur yang penting.

Tidak ada yang tidak bisa dilakukan jika tidak belajar. Dari pengertian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar dan pembelajaran merupakan unsur yang pokok dan juga penting di dalam jenjang pendidikan. Proses pembelajaran juga terdapat kegiatan yang aktif yang harus dilakukan oleh guru dan juga peserta didiknya dengan segala potensi yang dimiliki agar dapat memberikan hasil yang baik dari proses belajar mengajar.

Description: Belajar dan pembelajaran merupakan hal yang penting dan saling berkaitan. Proses belajar tidak hanya aktif pada gurunya saja, namun juga pada peserta didiknya agar hasilnya baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *