Pengalaman Aplikasi Beasiswa Korea Selatan

Beasiswa Korea Selatan, siapa yang gag mau coba, ketemu bintang artis Korea, Gangnam Style di jalanan Korsel, terus melihat kastil-kastil kerajaan mereka yang elegan, dengan makanan yang enak, serta kebudayaan yang begitu menawan, dilengkapi kehidupan modern dan teknologi canggih di sekitarnya, sekali lagi, siapa coba yang tidak tertarik untuk meneruskan studi S1 (Undergraduate) ke Korea Selatan. Beasiswa S1 Korea Selatan dibuka setiap bulan September, ditutup bulan Oktober, ayo buruan semua, persiapkan diri untuk mendapatkan kesempatan ini.

Update KGSP 2016 sudah ditutup, berikut official announcement dari kedubes Korea di Indonesia untuk penerimaan KGSP yang sudah ditutup:

http://idn.mofa.go.kr/webmodule/htsboard/template/read/legengreadboard.jsp?typeID=16&boardid=10717&seqno=724935

Pemerintah Korea mengundang 3 mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan program yang sarjana di Korea.

Untuk dipilih sebagai penerima beasiswa KGSP, pelamar harus berhasil melewati kedutaan Korea ke Jakarta dan harus menyerahkan dokumen-dokumen sampai 2 Oktober 2015.

– Batas waktu aplikasi: 2 Oktober 2015
– Kontak No: 021-2967-2555
– Alamat: KOREA EMBASSY, Jl.Gatot Subroto Kav 57 JAKARTA 12950
(Tolong tulis KGSP pada amplop)
– Website: www.studyinkorea.go.kr

※ Melihat :
1. Formulir pendaftaran harus diserahkan melalui pos. (Formulir termasuk dalam ‘Pedoman Aplikasi’)
2. Sebelum bertanya tentang KGSP melalui telepon atau email, plesae membaca dengan seksama melekat pedoman dan informasi dari www.studyinkorea.go.kr
3. Dokumen asli harus diserahkan. Namun, jika mereka tidak tersedia, salinan harus attched dokumen notaris resmi.
4. dokumen yang tidak lengkap atau tidak benar dapat menyebabkan aplikasi penolakan atau kegagalan dalam prosedur seleksi.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat file terlampir.

(Cek link diatas untuk download form pendaftaran KGSP 2016)

Di Depan Kedubes Korea Selatan
Di Depan Kedubes Korea Selatan

Begitu pula dengan saya, 3 tahun yang lalu, selepas SMA, saya mencoba keberuntungan saya untuk mendapatkan beasiswa penuh S1 di Korea Selatan, dimulai dari seleksi berkas yang mepet banget di batasan deadline penyerahan berkas. Namun ternyata berkas saya lolos, menyisihkan ribuan pelamar lainnya. Mungkin memang dikarenakan saya membuat berkas aplikasi yang begitu lengkap dan bagus, baik dari segi kualifikasi diri saya, kemudian daftar prestasi saya, hingga ke essay dan study plan saya tulis dengan begitu bagus. Sehingga tidak heran jika saya dipanggil ke Kedubes Korea Selatan di Jakarta untuk melakukan tes wawancara, bersama dengan ketujuh orang lainnya.

Disana, kami berdelapan akan diseleksi lagi untuk didapatkan 2 orang terpilih, kedua orang terpilih inilah yang akan mendapatkan beasiswa penuh S1 ke Korea Selatan dalam durasi waktu 5 tahun, 1 tahun pertama untuk pembelajaran bahasa Korea, dan 4 tahun berikutnya untuk study S1 di jurusan dan kampus yang kita pilih.

Tes wawancara dilakukan bergantian, tiap-tiap orang mendapatkan waktu masing-masing sekitar 10 hingga 15 menit. Saya di giliran kedua yang diwawancara, di dalam ruangan ada 3 orang pewawancara, 2 orang dari Korea dan satu lagi dari Dinas Pendidikan berkebangsaan Indonesia. Saya ditanyai dalam bahasa Inggris mengenai berbagai hal, mulai dari motivasi mengikuti beasiswa, kemampuan berbahasa Inggris dan Korea, prestasi-prestasi terbaik saya, bagaimana jika nanti saya ditempatkan di Korea dan jauh dari keluarga serta teman-teman saya, dan berbagai pertanyaan psikologis lainnya.

Setelah selesai, kami diminta pulang, hasil seleksi wawancara akan diumumkan di hari selanjutnya via telepon, dan keesokan harinya, saya mengetahui bahwa saya tidak lulus seleksi wawancara ini. Hilanglah sudah kesempatan untuk menempuh studi S1 di Korea Selatan. Namun demikian, ada begtu banyak pelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan dari kesempatan ini. Suatu hal yang dapat saya bagikan kepada anda, tentang bagaimana membuat application form yang bagus, mendapatkan semua berkas beasiswa yag dibutuhkan, serta hal-hal detail dan teknis lainnya tentang bagaimana mendapatkan beasiswa S1, kumpulan pengalaman dan pemahaman saya ini diterbitkan dalam bentuk Buku yang berjudul “S1 Gratisan Dalam dan Luar Negeri”, oleh penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) pada Juni 2013 lalu, buku ini bisa anda dapatkan di seluruh Gramedia dan Toko Buku lainnya di Indonesia, biasanya ditempatkan di rak pendidikan, atau gunakan saja komputer pencari yang ada di toko buku tersebut. Di buku ini disediakan juga lengkap ratusan informasi peluang beasiswa khusus untuk S1 (Undergraduate), baik di dalam maupun di luar negeri.

S1 Gratisan dalam dan Luar Negeri (Ahmad Arib Alfarisy)
S1 Gratisan dalam dan Luar Negeri (Ahmad Arib Alfarisy)

Untuk pendaftaran beasiswa S1 Ke Korea Selatan tahun ini, bisa cek di alamat website berikut ini, yakni Kedubes Korea Selatan, di bagian tengah ada box berisi pengumuman Kedubes, klik link KGSP

http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/main/index.jsp

130 thoughts on

Pengalaman Aplikasi Beasiswa Korea Selatan

  • Divya

    Halo kak ada beberapa hal yang mau saya tanyakan.
    1. Nilai yang dipakai untuk undergraduate itu apa aja ya? Rapot + ijazah + UN kah ?
    2. Kira-kira minimal nilai rata-rata biar bisa tembus seleksi dokumen berapa ya? Yang saya baca di blog orang2 kira-kira 80 ke atas

    Terimakasih kak ^^

  • Titi

    pengen banget daftar program master KGSP taun ini, kira2 apakah sama syarat dan mekanisme nya dengan yang S1? bisa minta link website untuk informasi lengkapnya?

  • Irma Rosmala

    Hai kak,setelah baca baca komen, aku masih bingung kak,
    1.sebenernya apa saja dokumen yg harus di translate bahasa inggris?
    2.untuk prepare/urus dokumen2 dan segala persyaratannya itu kk butuh waktu berapa lama?
    3.soal TOEFL juga bingung, di 2017 dan 2018 dibilang bahwa TOEFL ITPs are not acceptable, berarti kita cm bs pake IBT dong ya kak, atau ttp boleh pake ITP? (Soalnya di page required documents untuk TOPIK dan TOEFL/IELTS/TOEIC optional, apakah mlksdnya boleh tdk menggunakan itu semua?)
    4. Jd sebenernya sy pgn apply tahun 2018 ini kak untuk yg KGSP-G, tapi dokumen” blm diterjemahkan dan sertifikat bahasa jg sy blm punya, sedangkan deadline mgkn sampe maret. Menurut kk,apakah bisa persiapan hy dlm waktu sebulan? Sedangkan skrg sdh februari.
    Mohon di jawab ya kak. Maaf pertanyaannya terlalu panjang. Terima kasihh kak

  • Vindri

    bermanfaat sekali kak. kak aku berencana mau ikut KGSP tahun ini dibulan sep ini. mau Tanya beberapa hal dong kak.
    1.kak mau Tanya pada bagian surat rekomedasi yang table itukan penilainnya ada 2 macam ada yang persen dan ada yang kata-kata seperti good, very good dan excellent. Kalau boleh tau yang mana yang digunakan yang present atau yang kata-kata . terima kasih.
    2.Apakah dokumen setelah ditranslatekan harus di cap notaris juga walau sudah dari penerjemah tersumpah?
    3.Dalam persyaratannyakan tidak ada syarat untuk menyertakan SKHUN apakah jika tidak menyerahkan SKHUN dapat berpengaruh dalam proses seleksi dokumen?
    4.Apakah dokumen yang sudah ditranslate juga butuh legalisir dari SMA ?

    mohon dijawab ya kak . Terima kasih

    • Ahmad Arib

      Hi Vindri, good luck untuk aplikasi KGSP nya!
      1. Saran kk pake yang kata-kata aja.
      2. Gag perlu notaris lagi kalau sudah ada cap “authorized translation”
      3. Asal ada ijazah dan nilai UN udah cukup kok
      4. Sudah authorized translation dan ada capnya kan? gag perlu lagi.

      • Vindri

        Kan Nilai UN ada di SKHUN kak. Nilai UN berpengaruh nggak sih kak cz nilai UN ku jelek hehehe?

  • Icha Allisa

    Hai ka^^ aku baru tertarik buat cari beasiswa taun ini, dan karena aku masih 1 taun lagi, berarti aku ikutan di 2019, dong?
    nah kalo aku udh ikut sbmptn dan keterima di univ indonesia, tapi aku ngajuin data jg ke kedubes, selisih waktunya juga beda kan sama pengumuman mulai beasiswanya.
    sama apa yg kaka bilang kalo kita yg ikutan beasiswa ini udh keterima di univ, nah berarti kita udh sebagai mahasiswa, dong? tapi kalo kita ttp ikut beasiswa ini, kalo keterima gimana sama univ di indo? dan kalo ga keterima beasiswa, gimana juga ka? masih lanjut sebagai mahasiswa di univ? makasih kaa sebelumnya…

    • Ahmad Arib

      yep, yg 2019 ikutnya.
      iya, waktu itu pas kk kita udah dapat Univ di Indonesia semua. Kalau dapat yg Korea berarti Univ di Indonesia di drop, kalau nggak dapat Korea berarti Univ di Indonesianya dilanjutkan, bebas Icha. Intinya sih karena waktunya beda, jadi dapetin yg di Indonesia aja dulu.

  • Adeeva

    Ka, boleh minta email gak? Aku mo nanya seputar beasiswa ko korea biar lebih enak ajaa soalnya ada file pdf yg mao aku Kasih tau

    • Ahmad Arib

      mail@ahmadarib.com Adeeva
      I will not guarantee I will fast respons via email, or if anyone else emailing me, even I’m not guarantee to reply at all 🙂
      I will try to help, but then, it depends on what are you asking on, and what is my condition when you’re asking me.

  • kelly

    minta emailny donk, buat nanya” beasiswa kgsp ini, makasih

  • Selpiya

    Kak. Rata” nilai rapor aku cuma 84,an itu bisa lolos seleksi dokumen ga kira” ??
    Dan juga aku ga punya toefl toiec ataj topik. Tapi aku punya sertifikaf bahasa inggris di tempat kursus” gitu. Lampirin ga kak??

    • Ahmad Arib

      coba aja.
      sertifikat b.ing kursus aja ya, hmmmm, gag recommended sih Selpiya, tapi silahkan dicoba, chancenya kecil menurut saya.

  • Hallaa

    kak, jurusan food and nutrition bisa daftar beasiswa kgsp gak? terus kalo misalkan saya ingin daftar langsung ke univ. lewat kgsp, berarti gak perlu wawancara di kedubes?

    • Ahmad Arib

      bisa jurusan food and nutrition, Hallaa mau daftar untuk S1, S2 atau S3, kalau S1 seingat kk harus ke kedubes dulu

  • palemita

    kak, permisi, mau nanya. salah satu persyaratan yang harus dipenuhi kan sudah lulus sma dan melampirkan ijazah, penutupan pendaftarannya sendiri kalau saya tidak salah sekitar di bulan maret, (koreksi jika saya salah) sedangkan di Indonesia kita baru UN dan mendapatkan ijazah di bulan april/mei. untuk apply ke kgsp-u ini harus menunggu 1 tahun atau bisa langsung apply tanpa menyerahkan ijazah? mohon bantuannya kak, saya mau apply kgsp-u 2018. terima kasih.

    • Ahmad Arib

      rata-rata yang apply udah dapat Univ duluan Palemita, saya waktu itu juga udah dapat Univ di jkt, begitu juga kandidat yg lain semua udah dapat univ, kalau dapat KGSP kita drop Univ di Indonesia, kalau gag dapat tetap lanjut study di Indonesianya

  • Y U V I T A

    Kak, aku kan sekarang ambil D3. Seandainya aku ambil KGSPU setelah lulus D3 gimana? Terus prestasi selama D3 dilampirin gitu.
    Etis gak sih kak? Which is itu kan buat lulusan high school. Minta saran ya, kak.. Thank you! 🙂

    • Ahmad Arib

      KGSP setahu saya tidak terima lulusan D3 Yuvita, mereka untuk S1nya terima lulusan high school

  • Arpi

    kak, aku numpang tanya nih,
    aku kan mau ikut kgsp-U tahun ini, udah download formulir via embassy,
    nah di form itu ada tulisan education, ada g.p.a 1st, 2nd, 3th dan juga c.g.p.a per 100.
    itu ngisinya gimana ya kak?

    tolong di jawab ya kak
    makasih

  • haryadi

    kak mau tanya
    klo pendaftarannya lewat univ itu kita bayar atau gimana ya,, asal kirim berkas kah?
    semisal saya mau daftar di SNU, disitu bilangnya fee 90000KRW, itu gmn ya?
    mohon penjelasan tentang pendaftaran via univ

  • Agnes

    Kak, ini saya lagi prepare dokumen kgsp graduate via embassy, mau tanya kalau toeflnya di atas 500 tapi di bawah 550 masih bisa di lampirkan kah? Apa bergantung pada persyaratan dari univ yg di pilih?
    Dan untuk yg lagi daftar februari ini bisa share informasi kah dengan saya? Terima kasih

    • Ahmad Arib

      lampirkan saja Agnes, walau memang biasanya sesuai dengan Univ yang kamu pilih juga

  • rita kurniasari

    formulir buat pendaftarannya itu dapatnya dimana ya? saya kurang ngerti cara untuk mendapatkan formulir nya. dan kalo misal nya tidak ada hasil toefl atau teoic tapi saya punya sertifikat bahasa asing apakah tetap bisa membantu?

    • Ahmad Arib

      sertifikat bahasa asing apa Rita, yang mereka terima cuma Topik (Korea) sama TOEFL,TOEIC (English) setahu saya

  • mega

    kak mau nanya untuk tahun ini batas daftar sampai kapan ya? bisa taunya darimana? oh iya kalau untuk TOPIK dan TOEFL bisa makan waktu brp lama? dan untuk requirements kan ada harus attach document asli seperti misal sertifikat asli, nanti ambil kembalinya bagaimana ya semisal tidak lolos dari tahap pertama? thank you 🙂

  • mia

    Ka mau tanya pas tes wawancara itu kita di tanya in apa aja? dan kalo jawab nya pake b.indo boleh ga?

  • ghina np

    Ka aku mau nanya dong persyaratannya-persyaratannya yg lebih lengkap di kgsp apa-apa saja

    • Ahmad Arib

      bisa dicek di alamat web yg kk sediakan diatas Ghina

  • alif baduwi

    ayo kak balas donk.
    Beberapa universitas menawarkan biaya untuk pembelian buku tiap semesternya. Tidak semua universitas. Contoh universitas yang menawarkan ini adalah Yonsei University, sekitar 50.000-100.000 won.

    maksutnya kita bayar apa dapat uang buku

    • Ahmad Arib

      kita dapat uang untuk beli buku bro Alif

  • alif baduwi

    kak untuk kgsp dimulainya tanggal berapa dan berkas apa aja yang di terjemahkan dan di kumpulkan serta di kopi berapa ya..tolong jelasin ya kak apakah daftar sekarang bisa apa gak..dan apa harus udah buat opaspor ya?

    terimakasih

    • Ahmad Arib

      iya, bikin paspor dah mulai sekarang, download ebook S1 kk bro, itu disana lengkap panduannya dari awal sampe akhir

  • Naura

    Kk, kira2 total biaya ngurus2 visa, paspor, translate dokunen, dll brp? Thanks

    • Ahmad Arib

      banyak, haha.
      Prepare 5 jutaan untuk urus beasiswa, udah termasuk med check sama test bahasa juga, bisa lebih.

  • Ita Fitriana

    Kak apa lulus sma langsung daftar bisa?

  • Ita Fitriana

    Kak, mau tanya.

    Saya kan lulus bulan mei 2017.
    Kalau saya daftar tahun 2017 bulan september bisa gak kak? Jadi nanti kalau ke trima (Amiin) berangkat tahun 2018 ?

    Kak saya lulus SMA lha itu langsung daftar bisa gak kak? Soalnya saya baca di blog lain katanya kita harus sudah jadi mahasiswa di instansi lain dulu di Indonesia meskipun nanti kalau k terima (amiin) harus keluar.

    Makasih kak

    • Ahmad Arib

      bisa, tapi karena periode kuliah Korea yang rada beda dengan kita, rata-rata anak S1 yang daftar udah pada kuliah dulu di Univ lain, pas kk interview dulu juga udah pada dapat kampus S1 semua, dan bakal drop kalau dapat beasiswa S1 Korselnya

  • nadya

    kak, pendaftarannya udah ditutup yaa kak? kalau apply beasiswa KGSP, apakah kita harus mempunyai Test Of Proficiency In Korean atau TOPIK kka?

    • Ahmad Arib

      better ada TOPIK, kalo gag ada TOEFL oke juga

  • Dede Nursaid

    Assalamualaikum min, maaf mengganggu jadi saya ingin bertanya apakah seluruh beasiswa ke Korea itu harus lulus 1 tahun sebelumnya? misalnya saya lulus tahun 2017 maka boleh mendaftar untuk tahun 2018 bukan langsung daftar di 2017? Terima Kasih

    • Ahmad Arib

      harus menunggu satu tahun, karena timingnya beda sama Indonesia

  • Mega rizky

    Hallo kak, boleh minta kontak yang bisa dihubungin nggak? Terimakasih

    • Ahmad Arib

      komentar aja disini, pasti saya balas kok

  • sintadewipap

    kak kan biasanya tu ada persyaratan janji dari NIIED itu maksudnya apa dan biasanya klo kita dapet tu pas dapet formulir atau pas udh lolos tes?

    • Ahmad Arib

      sepertinya pas udah lulus tes deh Sinta, ikutin aja dulu test administrasinya

  • octa

    kak octa mau tanya. kalau surat rekomendasi nggak ada yang dari sekolah gimana ? jadi semua surat rekomendasinya dari guru. kalau tes TOPIK di mana ya biasanya ?. suaya diterima, biasanya berapa skor TOEFL yang harus didapat ?. lalu kalau sertifikat prestasi tapi kita nggak juara apa perlu dilampirkan juga ?. satu lagi kak kalau pengenalan diri dan rencana study itu kita tulis jadi satu atau dipisah ?.

    tolong kak butuh jawabannya
    makasih banyak atas artikelnya.

    • Ahmad Arib

      Gpp dari guru.
      TOPIK di Jakarta bukannya ada, udah googling atau kontak embassy Korsel?
      TOEFL min 500 biasanya, atau 550 yang ITP
      Yang bagus aja, kalo bisa juara, kalo nggak ya nggak penting.
      Pengenalan diri buat apa? Rencana study iya penting, dan tentang rencana study aja.

  • elia

    Maaf kk mau tanya, berkas2 nya dikirim lewat pos atau langsung kita kasih ke dutaan nya ya

    • Ahmad Arib

      Sama aja, yang penting dokumennya sampe ke kedutaan besar Korsel di Indonesia, boleh lewat Pos, JNE, atau antar sendiri.

  • putri

    kak kalau surat rekomendasi dr sekolah formatnya kaya gimana ya? saya udah pernah coba sih minta surat rekomendasi sekolah tapi nggak dikasih sampai sekarang 🙁

    • Ahmad Arib

      Gag ada formatnya, pake format yang ada di internet aja.
      Minta terus sampe dikasih 😀

  • Malia

    Kak, tes wawancaranya memang pake bhs inggris?kalo pake bahasa korea gimana?

    • Ahmad Arib

      Pake B.Ing
      Lebih bagus lagi kalau kamu bisa pake Bahasa Korea

  • Ilham

    Ka saya kan mau coba tahun ini. Di bagian pengisian akademik kan ada rata2 nilai /100 itu kan. Nah, itu nanti diisi setiap semester rata2 nilainya berapa gitu? atau kita ambil yang di belakang ijazah yg ada nilai UNnya?
    Untuk memastikan aja nih ka. Jadi kita kasih dokumen yang sudah ditranslate tersumpah itu udah cukup? atau perlu di cap notaris lagi? Dokumen yg sudah di trasnlate dan cap itu termasuk asli hitungannya? terus perlu di copy 3 kali?
    Terakhir, untuk amplopnya pake amplop coklat biasa kan? nah itu perlu 2 untuk memisahkan yg asli dan foto copy atau gimana? untuk recommendation letter juga pakai amplop putih yg belakangnya kayak double tip itu kan?

    Terima kasih, maaf banyak pertanyaannya

    • Ahmad Arib

      Paragraf 1. Rata2 per semester, gag perlu ambil belakang ijazah, kan dilampirkan yg belakang ijazah nanti

      Paragraf 2. Udah cukup dari authorized translator, gag perlu cap notaris, iya termasuk asli, iya perlu dicopy 3x

      Paragraf 3. Iya coklat oke, iya recommendation letter amplop putih belakang double tip yang langsung disegel/dilem setelah dikasih oleh rekomendator.

  • puji

    kak, mau nanya dokumen yg berbahasa indonesia kan harus ditranslate di penerjemah tersumpah atau bisa ditranslatin sendiri? dan dilegalisir lagi ke sekolah?

    • Ahmad Arib

      Sebaiknya ke penerjemah tersumpah Puji

  • dellaarinda

    kak saya mau nanya untuk daftar kgsp, daftar nya hanya dengan pnlengumpulan berkas2 lalu dkrim k kedubes atau ada pendaftaran online dulu di websiteny?
    apa website untuk melihat tanggal pendaftaran dan informasi lainnya?

    • Ahmad Arib

      Web hanya lihat tanggal pendaftaran saja.
      Daftarnya kumpulin berkas dikirim ke kedubesnya

  • Annyeong

    Halo kak, apa beasiswa ini setiap tahunnya selalu pasti ada kak?? Lalu kalo program beasiswa k’arts apa ketentuan daftarnya juga sama kak? Heehe Terimakasih sebelumnya 🙂

  • Annyeong

    Halo kak, saya kan baru kelas 3 sekarang, saya tertarik banget buat ambil bea ini.. Tapi setelah browsing2, rata2 harus udah lulus sekitar bulan februari 2017, sedangkan kita kelas 3 kan baru di jadwalkan untuk UN bulan april.. Apa kita harus nunggu setahun dulu buat pendaftaran 2018?? Terus apa beasiswa ini setiap tahunnya selalu pasti ada kak?? Terimakasih sebelumnya 🙂

    • Ahmad Arib

      Hai, selalu ada kok tiap tahun KGSP itu.
      Kamu bisa pake Surat Keterangan Lulus aja, atau surat pengantar dari kepala sekolah yang menerangkan bahwa kamu akan lulus pada April 2017.
      Bisa dipake kok.

  • endri

    Kak mau tanya untuk yang form ke delapan itu harus dikumpulkan juga apa tidak??
    Soalnya dari blog sebelah katanya untuk tes kesehatan itu unguk yang sudah lolos seleksi wawancara..??

    • Ahmad Arib

      iya, test kesehatan untuk yg udah lolos wawancara aja.
      Jadi gag perlu disiapin di awal jg Endri

  • sylvia

    Malam kak. Mau nanya dong soal berkas yang harus kita kirim. Setelah aku baca di website NIIED katanya berkas harus dikirim ke kedutaan korea dan ke universitas yang ada mitranya dengan pemerintah korea. Nah itu ngrim ke univ nya wajib kah atau tidak dan kalaupun iya cara mengirimnya dan kemana kita harus mengirimnya?
    Maaf ya kak kalau pertanyaannya susah dimengerti. Sekian kak, Trimakasih

    • Ahmad Arib

      Seingat kk, kalau untuk beasiswa Korsel, yang wajib itu ngirim berkas ke kedubes aja, nanti kedubes seleksi & proses kita di Indonesia. Setelah dapat awardeenya baru mereka sambungkan atau masukkan ke Univ yang kita pilih. Ke Univnya gag wajib.

  • Frisca Silmy Elfiona

    Selamat pagi kak. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah TOEFLnya harus TOEFL internasional atau boleh TOEFL ITP ya? Terima kasih.

    • Ahmad Arib

      Hi Frisca
      Better TOEFL IBT (yang 2,8 juta itu, kalo di Indonesia dari ITC Indonesia, Sudirman, Jakarta)
      Atau TOEFL ITP sepertinya juga oke, walaupun saya rekomendasi utamanya tetap ambil yg IBT (yg 400 atau 500 ribuan)

  • filda

    Permisi kak saya mau nanya ini emang harus pake sertifikat TOEFL saat mau mendaftarkan diri? kalau tidak punya bagaimana ?

    • Ahmad Arib

      Ya ikut TOEFL dulu dong Filda kalo belum punya, hehe

  • rima

    saya lulusan thn 2014 apa msih bisa utk mndaftar di KGSP?

  • Haerinnxxx

    Annyeongg kakak, saya sekarang kelas 3 dan tertarik banget buat ikutan Korean Scholarship Program. Saya sudah mulai mempersiapkan dari letter of recommendation dan Study Plan nya.

    apakah tiap tahun format dan syarat yang diberikan selalu sama?

    Lalu, test interview nya kan dilakukan sebelum juga pake bahasa korea, jadi kita harus prepare sendiri gitu ya buat menaikan peluan kta lolos?

    Terus kalo boleh tahu, kkak letter of recommendeation nya kan ada 3, kakak minta dari mana saja ya selain dari pihak sekolah?

    and last, kalo saya akhirnya lolos seleksi ini (AMIN), kursus yang diberikan itu dilakukan di Indonesia atau di Korea ya kak?

    mian banyak banget pertanyaanyaa… geurae…kamsahabnida.

    • Ahmad Arib

      Wow, coool udah siap2 😀
      1. Biasanya selalu sama
      2. Interview pake english, tapi best recommendation kalo kamu bisa korea juga, karena yg interview orang Korea, peluang lolos tambah gede
      3. Kepsek, Guru B,ing dan Pengajar ekskul debat bahasa Inggris
      4. Amin, di Korea kursus bahasanya

  • Anita

    Hi kak, aku tertarik banget sama program KGSP ini tapi sedikit bingung dengan gimana cara buat bikin essay yang menarik dan memenuhi kualifikasi mungkin kk punya saran atau contohnya? Gimana caranya menerjemahkan ijazah yang bahkan belum saya pegang/bisakah menggunakan semacam skl? Rekomendasi guru itu maksudnya kepsek atau wali kelas kk dulu? Waktu kk terjemahin dokumen kk menggunakan notaris dimana karena jujur saya ga punya gambaran sama sekali tentang ini? Makasih sebelumnya kk telah memberikan informasi yang sangat bermanfaat ini

    • Ahmad Arib

      1. Silahkan browsing aja Anita, banyak kok contoh essay beasiswa 🙂
      2. SKL bisa kok, di inggriskan ya
      3. Yes, wali kelas atau kepsek oke
      4. Silahkan browsing penerjemah tersumpah, banyak servicenya dimana mana, telpon minta penjelasan mereka, atau cari yang ada di daerahmu, datangi kantornya buat nanya2 untuk terjemahan dokumen pendidikan untuk keperluan beasiswa

  • Asri Nur

    Assalamualaikum wr.wb
    Hai kak.. saya asri. Saya mau tanya. Jadi untuk membuktikan bahwa ortu kita wni cukup dengan kk saja? Gak perlu ktp kan? Terus kan ada tuh tulisan kalo dokumen asli harus di lampirkan. Nah kalo kk dan akte harus dokumen asli atau enggak? Nah katanya juga kan dokumen asli di masukkan ke map terpisah itu bagaimana? Untuk sertifikat tes toefl fotokopinya harus dilegalisir atau enggak? Terus kan untuk surat rekomendasinya kita print dulu baru kita minta guru buat isi atau kita kasih sofcopynya ke guru bersangkutan atau bagaimana kak? Terus semuanya berarti gak ada yang ditulis tangan kak? Harus ketik semua? Saya masih kurang paham. Mohon di jawab kak. Terimakasih..
    Wassalamualaikum

    • Ahmad Arib

      Hi Asri
      1. Cukup dengan kk saja, gag perlu KTP
      2. Kata siapa dokumen asli dilampirkan, jangan lah, dokumen asli kita pegang, nanti kalo dipanggil wawancara baru dibawa
      3. Gag perlu legalisir TOEFL
      4. Gag da ditulis tangan, harus diketik semua, kk kemaren kk ketik rekomendasi dari guru, kemudian baru minta tanda tangan guru ybs

  • kurnia

    kak’ klw rekomendasi dari sekolah yg bgaimn ,dan apkh yg mmberi rekomendasi yg mngirimknny

    • Ahmad Arib

      Hi Kurnia, tidak, disertakan dalam berkas kita juga, sepaket sama berkas kita, kita yang mengirimkannya semua

  • kiki intan

    Maaf ka..
    Saya kan lulusan thn 2014….
    Sebener ny pengen bgt buat ikut daftar beasiswa KGSP ini….
    Tpi sya tidak punya sertifikat TOEFEL….
    Itu boleh ngga ya sekirany sya mau nyoba di tahun ini ??

    • Ahmad Arib

      Ambil dulu TOEFLnya, masih ada waktu kok 🙂

  • Azkia

    Permisi mau tanya kalo beasiswa kgsp ini hanya bisa lewat berkas2 seperti itu ga ada yg jalur tes tulis biasa?

    • Ahmad Arib

      Gag ada Azkia, hanya lewat seleksi berkas

  • Dinda Shabilla

    Hai mau nanya dong. Itu ijazah,akte dll diterjemahin ke bahasa inggris lwt notaris itu nanti dilegalisir lg gak? Kayak ijazah stlh diterjemahin trs dilegalisir lg di sekolah trs akte kelahiran dilegalisir lg ke kecamatan?
    Terus Kan dipersyaratan itu kalo ada tertulis lampirkan sertifikat TOPIK atau TOEFL (jika ada) nah itu kita ksh salinan aslinya? Mksdnya cuma difotocopy aja gitu? Kalo ijazah kan salinan aslinya itu ada legalisirnya kalo sertifikat,kk,sama akte salinan aslinya itu gmn? Makasi yaa. Maaf bnyk tanya hehe

    • Ahmad Arib

      Hi Dinda
      1. Gag usah legalisir lagi, yang udah diterjemahin nanti akan dicap sama notaris itu udah cukup
      2. Iya difotocopi aja cukup sertifikat TOPIK atau TOEFL kamunya, jangan kasih aslinya 😀

  • Yuli

    Apakah beasiswa ini tersedia untuk semua jurusan? Saya ingin memastikan bahwa saya bisa mengikuti beasiswa ini. Thank u.

    • Ahmad Arib

      kecuali medis & kedokteran, yang lain jurusan yang umum rasanya bisa semua Yuli

  • Zahrah Afifah

    Oh gitu ya kak… berarti yg diterjemahkan seperti kolom2 yg spacenya banyak Yg harus diisi dengan runtutan kata. Like a Personal Statement, Study Plan, and Letter of Recommendation, isn’t?

    And saya masih blm mengerti kak utk letter recommendation nya itu kan amplop rahasia yg kita gak boleh tau, nah menggabungkan dengan berkas2 lainnya itu gimana? Saya dengar harus dipisah amplop nya juga.

    Dan satu lagi kak, Apakah form nya itu di print terlebih dahulu lalu diisi dengan tulisan tangan, ataukah di print sudah lengkap dengan isinya? Utk notaris, kalo semisalkan dari tmpat kerja di usahakan lgsung menggunakan bhsa inggris for letter recommendationnya apakah boleh? Jadi kita tinggal ke notaris gitu kak..

    Mohon jawabannya kak.. terima kasih banyak sekali lagi 😀

    • Ahmad Arib

      I don’t get it, bukannya Personal Statement, Study Plan & Letter of recommendation emang udah english?
      Yang di terjemahkan itu dari bahasa Indo ke Bahasa Inggris, kayak ijazah, akte kelahiran, skck, dll dokumen yang hanya ada versi b.indonya, itu orang korsel yang seleksi kagak bakal ngeh isinya apaan kalo gag da versi b.ingnya.

      Nggak dong, cukup dimasukkan aja ke amplop yang sama tp gedean, buat semua berkasnya, jadi itu amplop rahasia dimasukkan juga ke amplop besar bersama semua dokumen lain.
      Isinya diketik Zahrah, jangan tulis tangan.

      Boleh yang langsung b.ng letter of recommendationnya.

  • Zahrah Afifah

    Selamt sore kak. Mau tanya, yang diarsipkan menggunakan bahasa inggris itu apa saja ya kak? sertifikasi dan ijazah juga harus menggunakan bahasa inggris atau bagaimana?

    saya lagi tahap penyusunan dokumen kak, dan kalau boleh tahu pembukaan pendaftaran utk thn ajran 2017 itu kapan ya? apakah masih tahun ini disekitaran bulan september – oktober?

    mohon informasinya kak… ^^
    terima kasih banyak …

    • Ahmad Arib

      Semua dokumen yg disyaratkan dan kamu punya hanya b.indo

      Iya dikisaran bulan Sept-Okt lagi kemungkinan besar, saya ikuti infonya bertahun2 tetap di bulan yang sama dia Zahrah

  • Vina Habibah

    saya lulusan 2016, kalau pendaftaran yg tahun ini juga apakah dibukanya bulan september? lalu bagaimana step nya? dari mulai pendaftaran awaldan step2 selanjutnya. thanks

    • Ahmad Arib

      yep, kisaran bulannya di Sept untuk KGSP.
      Ikuti aja dulu seleksi administrasinya, fokus aja disana, kalau lolos akan mengikuti tahap2 berikutnya yg akan diinfokan kemudian via email.

  • irma setia

    Maaf mau tanya kak, saya masih SMA tahun ini dan mau masuk kelas 11 SMA. Nah saya mau ikutan program KGSP tapi saya sama sekali tidak mengerti kak. Dari syarat-syaratnya, apalagi tentang formulir pendaftarannya kak. Bolehkah kakak menjelaskannya?
    Mohon bantuannya kak

  • Ais

    Hi kak, jadi gini aku sih masih kelas 11 tapi pengen merencanakan dulu. Kita kan resmi lulus pas bulan Mei, nah buka pendaftaran setiap bulan Sept-okt kan? Tapi kalo kita nya udah keterima snmptn gmana?

  • Karina Wowiling

    Permisi kak, saya siswa lulusan tahun 2016 (diumumkan tgl 7 mei 2016). Jika saya ingin mendaftar program KGSP tahun ini bisa? Lalu kapan pembukaan pendaftaran dan deadline pengumpulan berkas untuk siswa seperti saya yg ada di angkatan 2016? Terimakasih.

  • IP2

    assalamualaikum kak arib, saya mau tanya mengenai dokumen untuk identitas orang tua, kebetulan ayah saya sudah meninggal, apakah saya harus menyertakan surat kematian untuk identitas ayah saya? mohon informasinya. terima kasih 🙂

  • Arsyanti

    Hallo kak? Untuk seleksi berkas kan harus ada nilai raport yah kak.. Nah raport ku sudah billingual haruskah di translete lagi ke notaris?

  • Esa

    Halo kak, maaf aku mau tanya tentang pemberkasan.
    itu kan yang copynya dimasukkan ke map terpisah. Sementara kita ada tiga copy. Apa ketiga copy itu masuk dalam satu map atau harus dimasukkan kedalam tiga map terpisah juga?
    Terima kasih kak

    • Ahmad Arib

      Masukkan dalam 3 map terpisah, yang ketiga map ini masuk dalam 1 map besar ke alamat yang dituju

  • gaby

    Selamat malam ka..
    mau nanya prestasi apa saja yg kaka dapet?
    Apakah untuk mendapatkan beasiswa ini kita harus juara umum atau rangking 5 besar dalam sekolah? terimakasih sebelumnya ^^

    • Ahmad Arib

      banyakkk, kk aktivis dulu SMA.
      Gag harus kok

  • Sheren

    Maaf kak ganggu.
    Saya tertarik dengan program KGSP ini tapi masih bingung. Apakah hanya ada beberapa universitas saja yang memperbolehkan KGSP? Kalau iya, bagaimana cara tahunya kalau universitas yang kita mau ini ada KGSPnya kak.

    Terima Kasih 🙂

  • Anon

    Mohon maaf, apakah anda ditelfon untuk memberitahukan bahwa anda tdak lolos??

    • Ahmad Arib

      Tidak, kita yang kandidat final saling kontak2an saja siapa yang jadinya dapat ke Korsel

  • Mila

    Kak, mau tanya. Apa ada beasiswa ke korea atau luar negeri lainnya untuk program ekstensi? progrma diploma 3 ke sarjana?

    • Ahmad Arib

      Hi Mila
      Sejauh ini saya belum tahu program ekstensi baik ke Korea maupun negara lainnya.

  • ulfi

    assalamualaikum kak…mau tanya nih…soal kgsp..hehe..soal dokumen yg membuktikan ortu kita wni apa boleh kalau pakai kartu keluarga aja?
    trus, masalah original dokumen itu kalau kampusku langsung ngasih versi inggrisnya bisa dipake buat daftar gak? jadi aku gak perlu ke notaris gitu buat terjemahin lagi. mohon bantuannya ya…oersiapan udah hampir selesai nih. hehe
    makasis ka^^

    • Ahmad Arib

      Hi Ulfi
      KK boleh kok, jangan lupa translate aja.
      Original document langsung b.ing dari kampus boleh kok, lumayan hemat biaya terjemahin ke notaris, hehe.

      Good luck buat KGSP nya Ulfi.

  • Ica Delima

    Kak aku mau tanya, kalau ikut program beasiswa KGSP setelah dua tahun bekerja atau dengan kata lain bukan langsung setelah lulus SMA boleh gak?

  • Nia

    selamat siang,
    apakah ada info untuk yang GKS-Graduate Program ?
    apakah diharuskan ijazah/transkrip harus dengan b.inggris ?
    kemudian yang tertulis di web niied tidak mewajibkan toefl. apakah benar ?

    Terimakasih.

    • Ahmad Arib

      GKS beda infonya, dan beda juga jadwalnya, bisa dicek di web kedubes Korsel saja langsung, infonya lengkap disana.

  • rasid

    Kak mau nanya, cara dapat form nya dimana?

    Udah buka niied.go.kr gk. Nemu2 😀

  • Claudia Sanviana

    Maaf kak. tapi kalo boleh tau kakak gagal nya kenapa ya? kakak tanyain ga ke pihak KGSP nya?

    • Ahmad Arib

      medis, kk pernah patah tangan 4x, yang terakhir cukup fatal, tangan kanan kk gag 100% sama kayak dulu lagi, mereka melihat ini sebagai halangan buat ambil study komputer yang banyak menggunakan tangan 🙂

  • ruhmaya jeneng

    hii,saya murid dri sman 3 kab.tgr mau nanya nih,saya udh lolos dri tes data2,tinggal tahap interviw di jkt,dan kira2 untuk interview nnti apa aja yg ditnya ya,lebih detail. thnks 🙂

    • admin

      wah, selamat dah lolos administrasi 😀
      Banyak banget pertanyaan interviewnya, mostly dari apa yang kamu tulis di adminsitrasi sih, essay, study plan, kemudian pencapaian prestasi kamu, motivasi belajar ke Korea, etc.
      Lebih baik kalau kamu bisa sedikit bahasa korea sederhana (atau advance bahkan), perkenalan, nama, etc.

  • Priscilla Jessica NS

    tolong tanya,
    sekarang saya duduk di kelas 12 (3 SMA)
    saya ingin aplly untuk program beasiswa s1 spt anda,
    setelah saya membaca kualifikasi dari KGSP, dibutuhkan applicant yang lulus sebelum tanggal 1 maret 2015, padahal UN diadakan setelah tanggal tersebut.
    bagaimana memecahkan masalah tersebut?
    adakah program beasiswwa lainnya ke korea selatan yang bisa dibilang menjanjikan untuk tahun 2015 mendatang?
    terima kasihh

  • nanda

    trus akhirnya kamu keterima beasiswa ikut yang jalur apa? aku juga lagi mau ikutan government scholarship, tapi bener2 buta sama sekali , bisa bantu buat sharing tips2 nya? hehe thankyou.
    perhaps, you can replay via email. yessyramanda@gmail.com thanks.

  • suci wulandari

    wah, keren. sangat menginspirasi

  • Muhammad Naufal

    mz arib…
    bgaimana cra’y buat blog yang bagus…
    aq bingung mz walaupun suka nulis..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *