Techtalk 1, Blogspot & Gmail are Toooo Mainstream!

menjadi berbeda

Sooo, setelah Live Report bulan ketiga, salah satu teman ngobrol teknologi saya protes.
“Bro, ente nulis tentang pendidikan sama kehidupan mulu, padahal ente orang teknologi, sesekali share lah tentang teknologi'”

Well, sejujurnya saya malu kalau mau nulis tentang teknologi, belum qualified rasanya, masih jadi anak sekolahan hingga sekarang. Tapi ya rasanya beberapa waktu belakangan beberapa teman saya dari IT yang mulai masuk dunia kerja mulai nanya-nanya tentang beberapa hal yang saya gunakan sejak dulu, hal-hal yang saya pahami, dan rasanya tidak salah juga berbagi ke publik beberapa hal kecil yang saya pahami dan sejauh ini membantu saya. Walau saya yakin yang terbantu dan mengaplikasikannya cuma 1 atau 2 orang ya tidak masalah, sesuai hadist “sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Dan untuk topik pertama adalah, jeng jeng jeng
Blogspot & Gmail are toooo Mainstream!
Well, lebih tepatnya yang saya maksud adalah .blogspot.com sama @gmail.com sih, haha, lha, apa bedanya? akan saya jelaskan dibawah.

Blogspot.com are toooo Mainstream

Sekarang adalah jamannya personal branding, facebook, twitter, instagram, youtube, you name it all!
Dan tak ketinggalan juga blog pribadi.
Melalui blog pribadi kita bisa menyampaikan ke publik tentang siapa kita, hal-hal apa saja yang kita pahami, dan di bagian apa saja yang kita cukup expert di dalamnya.
Dan untuk media blog pribadi, yang terkenal sejauh ini adalah Blogspot.com, mudah dikelola, gratis (siapa yang gag suka gratisan), dan mudah dipahami untuk penggunaannya.
Tapi, karena kemudahan-kemudahan inilah juga menurut saya pribadi memiliki blogspot.com tidak menjadi ekslusif lagi, anda punya blogspot and then so what? Malah kesannya blogspot itu untuk anak-anak SMA yang mengisinya dengan puisi-puisi atau diari masa SMA ūüėÄ
Jauh lebih baik untuk memiliki domain sendiri, yep, “nama website” istilahnya adalah domain. “ahmadarib.com” ini artinya memiliki domain .com, ada juga domain .co.id seperti “bankmandiri.co.id”
Jujur aja, antara ahmadarib.blogspot.com sama ahmadarib.com mana yang lebih “terlihat” eksklusif dan lebih bisa dipercaya?
Dan seluruh dunia ini bakal cuma ada 1 ahmadarib.com, gag ada yang punya ahmadarib.com yang lain selain saya.
Karena nama domain hanya bisa dimiliki satu saja, tidak bisa double dan sudah diatur oleh ICANN (The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Nah, yang bisa memiliki domain ini bukan cuma orang-orang tertentu saja, tapi setiap orang bisa memilikinya, tinggal beli saja domain, paling 150.000 setahun, mahal? hmm, ntar dibawah kita cek hitung-hitungannya.

Dan sejujurnya, kamu tetap bisa menggunakan blogspot kok, dengan domain sendiri, namanya blogspot custom domain.
Walau saya sendiri tidak prefer menggunakan blogspot, namun langsung menggunakan wordpress saja di domain yang saya beli.
Dan hal ini mensyaratkan tambahan 100.000 setahun untuk hostingnya.

@Gmail.com are tooo Mainstream

Gmail kamu yang sekarang pake apa hayo? gmail.com? yahoo.co.id?
Udah mainstream, semua orang juga punya.
Yang anti mainstream itu kalau kamu punya alamat email dengan nama sendiri, misal, mail@ahmadarib.com
Dijamin, ketika apply apapun via online punyamu bakal menarik perhatian ketimbang yang lainnya, dan ini sudah saya buktikan sendiri, daftar ini itu lalala macam2 pake alamat email domain sendiri menurut saya membuat aplikasi apapun menjadi stand out from the crowd.

Dan apakah memilikinya sulit, nggak, kata siapa. Dengan memiliki hosting, sebagai tambahan dari domain yang sudah saya jelaskan diatas, kamu udah bisa punya alamat email sendiri, configurasinya ada di Cpanel namanya, tinggal klik menu Email Account > Create New Account, kasih mau namanya apa gmail@namakamu.com kek, atau apa aja bebas, kemudian kasih passwordnya apa, sudah deh.
Kamu bisa akses email ini via online, di Cpanel nantinya, full function email, walau memang tampilannya gag sekeren gmail, dan spacenya disesuaikan dengan ukuran space hosting yang kamu beli.

Masih mau tetap pake gmail namun dengan domain sendiri, bisa!
Namanya Gmail Custom Domain, saya pake service ini untuk mail@ahmadarib.com, why? spacenya jauh lebih gede, 30Gb untuk email saja, dan saya butuh space email yang besar dikarenakan banyak proposal masuk, dari jaman kerja di OPPO lalu, sampai sekarang masih masuk juga, buset, perminggu rasanya ada puluhan proposal yang masuk, dan saya reply semuanya satu persatu, iya bener satu persatu, secara otomatis tentunya, capek kali reply email satu-satu tiap minggu ada puluhan email. Ntar deh mungkin di next Techtalk saya bahas autoreply engine untuk gmail.

Hitung-hitungannya

Oke, simple aja, sekarang kita hitung-hitungan deh, ini semua berdasarkan yang saya alami ya, hasil masing-masing orang bisa jadi sangat berbeda.
Domain : 150.000,-
Hosting: 100.000,-
Total 250.000,- pertahun.

Benefit?
– Jadi Google Student Ambassador, flight PP Jkt-Yogya + menginap seminggu di Hyatt regency Yogyakarta (kurang lebih Rp 10.000.000,-), reviewnya dimari https://ahmadarib.com/search-summit-2013-with-google.html
– Jadi XL Future Leaders, Pulsa 200.000/bulan x 24 bulan + Smartphone + Laptop = 14.000.000, yang mahal sebenarnya kurikulum dan pembelajarannya dari facilitator kita, Deedee yang super sekali, duh itu mahaalll sekali, reviewnya dimari https://ahmadarib.com/xl-future-leader.html

– Jadi magang di P&G 5 bulan, gaji hmmm, gag boleh publish sebenarnya, but yeah it’s one of the highest paid internship in Indonesia, reviewnya dimari https://ahmadarib.com/pg-dari-banting-stir-ke-fmcg-bro.html
– Kerja di OPPO smartphone 5 bulan, interview bentar, gag lama kemudian diterima, saya masuk kerja persis setelah wisuda, gaji juga gag boleh publish apa boleh ya, lupa saya peraturan HRD nya, haha, tapi gaji magang di P&G lebih gede dari first time job ini, gag saya ambil fulltime employee offernya, karena keburu kabur sekolah, reviewnya dimari https://ahmadarib.com/saya-kerja-di-perusahaan-hape-cina-hmm-why-bro.html– Dapat beasiswa S2, yeay, haha, nominalnya 8.000.000 rupiah/bulan untuk biaya hidup, biaya study silahkan cek sendiri webnya sjtu.edu.cn, haha, selama 2 tahun. Kecil banget sih ketimbang teman-teman saya yang di UK, Eropa atau Amerika sana, but yeah who the hell care, it’s pretty damn big for me, haha. Bukan review sih, tapi yah sekadar tulisan yang relevan dimari https://ahmadarib.com/s2-yang-indah-itu-ketika-s2-keluar-negeri-barengan-si-dia-gratisan-lagi.html

Masih mikir stay di blogspot & gmail?

menjadi berbeda
menjadi berbeda

Kunci untuk mendapatkan hal-hal yang kebanyakan orang lain tidak dapatkan itu sederhana, lihat apa yang mereka tidak lakukan, dan lakukan hal itu. Jadilah berbeda, jadilah anti-mainstream dan mencolok dari orang lainnya, dan seringkali hal itu butuh pengorbanan di awalnya, seperti 250.000 diatas, namun percayalah, itu worth it untuk setiap rupiahnya.

Salam pendidikan gratisan!

Ini dia Cara Mendapatkan Kesempatan Magang di Perusahaan Besar

Mendapatkan kesempatan magang di perusahaan besar dan bergengsi tidaklah mudah. Sebut saja Google, Facebook atau perusahaan besar  lainnya. Banyak sumber yang mengatakan bahwa kesempatan magang di perusahaan kadang bahkan jauh lebih sulit dibanding memasuki universitas bergengsi kelas dunia seperti Havard. Akan tetapi bukan berarti kesempatan ini sama sekali tidak dapat kamu raih. Berikut beberapa tips, saran, dan informasi yang berguna untuk meningkatkan peluangmu untuk magang di perusahaan bergengsi kelas wahid.

  1. Persiapan dan lamaran

Resume

Pastikan resume kamu ringkas dan langsung pada intinya. Mereka hanya menghabiskan waktu rata-rata sekitar tujuh menit untuk membaca resume setiap pelamar yang artinya buat resume kamu maksimum satu halaman saja.  Jangan menempatkan pernyataan obyektif. Jangan mencantumkan gambarmu sendiri. Jangan mencantumkan referensi. Yang harus kamu cantumkan adalah, pencapaian dan prestasimu, bukan deskipsi pekerjaanmu. Hal berbeda apa yang sudah pernah kamu lakukan dibandingkan dengan orang yang sebelumnya berada di posisi yang sama?

Upayakan untuk menyesuaikan resume kamu dengan bidang magang yang kamu lamar. Perusahaan besar menerima ribuan resume setiap kali musim perekrutan, maka pastikan kamu mengutamakan pengalaman dan skill yang kamu punya yang berkaitan dengan apa yang mereka cari. Kunjungi situs perusahaan bersangkutan dan cek kata kunci yang mereka gunakan untuk menjelaskan apa yang mereka inginkan dan salin. Hal ini memastikan perusahaan melihat bahwa kamu adalah kandidat yang cocok.

Ingat, pengalaman tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan. Di mana kamu terlibat dalam proyek sukarela atau proyek apa yang sedang kamu mulai?

Apa yang dicari recruiter dari sebuah resume yang dibaca sekilas?

Proyek Sampingan

Sekolah ternama atau IPK tentu saja dapat membantu tetapi perusahaan terkemuka biasanya juga mencari kandidat yang memiliki sifat pembangun. Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu memiliki passion di luar kelas. Kamu dapat melakukan apa saja mulai dari memulai proyek kecil seperti membuat web sederhana. Tunjukkan bahwa kamu memiliki kreativitas, passion, dan motivasi untuk memulai sesuatu mulai dari awal hingga akhir. Perusahaan akan menyukai hal seperti ini.

Bagaimana kamu dapt meningkatkan produktivitasmu di proyek sampingan jika kamu lelah karena tugas sekolah?

Keberadaan Online

Rekruter perusahaan menghabiskan banyak waktu online untuk mencari kandidat. Jika kamu seorang insinyur, pamerkan karyamu kamu di Github! Jika kamu seorang designer, dapatkan portofolio online! Bergabunglah dengan komunitas teknologi melalui Twitter atau Quora! Mulai membuat blog! Pastikan Linkedin kamu selalu up-to-date dan libatkan diri dengan grup diskusi. Aktif secara online adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian tim perekrut perusahaan.

Koneksi

Ini mungkin adalah cara terbaik untuk menjadi bagian dari perusahaan besar. Kandidat yang direferensikan oleh orang dalam memiliki kesempatan yang lebih besar dibandingkan dengan kandidat yang tidak. Kunjungi LinkedIn dan cek apakah kamu memiliki koneksi tingkat 2 atau tingkat 3. Jika tidak, ini bukan akhir segalanya. masih banyak orang yang mendapat kesempatan magang di perusahaan besar tanpa koneksi, mereka hanya perlu sedikit lebih bekerja keras.

Kamu dapat memperbaikinya dengan mudah dengan menghadiri acara tertentu atau diskusi yang berkaitan dengan bidang yang kamu inginkan.

Lamaran

Kamu dapat dengan mudah menemukan kesempatan magang yang sesuai dengan bidangmu di sini: Neuvoo. Jika kamu sudah menemukannya, sekarang kamu tinggal mengirim lamaran dan berdoa semoga segala persiapan yang kamu lakukan berhasil. Kamu tinggal menunggu dikontak oleh perusahaan.

  1. Wawancara

Tidak semua posisi memiliki tahapan wawancara yang sama.

Berlatih

Berlatih untuk wawancara adalah keharusan apapun bidang yang kamu lamar. Cek diinternet untuk mengetahui beberapa pertanyaan untuk latihan wawancara.

Kampusmu mungkin memiliki pusat karir di mana kamu dapat berlatih wawancara atau meminta temanmu untuk membantumu berlatih.

  1. Saatnya menunggu panggilan

Tahapan ini adalah tahapan yang menuntut kesabaran. Perusahaan tertentu yang memerlukan waktu dua minggu untuk dapat mengetahui apakah kita lulus wawancara atau tidak, namun perusahaan lain kadang memerlukan waktu yang lebih lama. Jangan putus asa jika kamu belum juga mendapat kabar, bersabarlah, sambil menunggu kamu bisa mencari kesempatan magang di tempat lain.

Jika kamu ingin mencari kesempatan magang yang lebih luas, jangan kawatir! Kamu bisa mencarinya sesuai dengan negara tujuanmu di sini!

5 Tips Mengundurkan diri Tanpa Merusak Jaringan dan Citra Profesional

tips mengundurkan diri

Mengundurkan diri sudah tentu menjadi pilihan sulit bagi setiap orang, namun ada kalanya hal tersebut merupakan pilihan final yang harus diambil, berikut ini tips-tips agar kamu dapat mengundurkan diri dengan lancar dan tentram, tanpa menimbulkan masalah di kemudian hari.

tips mengundurkan diri
tips mengundurkan diri

1. Buatlah meeting bertemu dengan atasan anda

Booking jadwalnya, janjikan bertemu sebelum anda berkata apapapun dan kepada siapapun tentang rencana pengunduran diri anda, bos anda berhak menjadi yang kedua tahu (setelah keluarga) tentang rencana pengunduran diri anda.

2. Eittss, jangan buru-buru cerita ke rekan kerja anda

Tahan dulu, biarkan rencana penunduran ini menjadi rahasia anda dan bos anda, selama diproses oleh kalian berdua dan pihak-pihak yang berkepentingan.

3. Tetap bekerja dengan Optimal

Jangan ada penurunan kinerja, semakin dekat bulan pengunduran malah semakin turun kinerjanya, bisa jadi image buruk nih buat anda.

4. Jujurlah mengenai alasan Pengunduran diri
Apakah jadwal tidak sesuai, ada kewajiban baru, ada offering baru, gaji yang tidak memadai, cukup katakan saja secara profesional, tanpa perlu ditutup-tutupi.

5. Minta rekomendasi & tetap jalin hubungan baik

Setelah pengunduran diri anda, dan anda mulai mau masuk ke tempat lain, mintalah rekomendasi dari atasan anda yang lama ke calon pemberi kerja anda yang baru mengenai performa dan kinerja anda selama di tempat lama. Selain itu, tetap jalin komunikasi yang baik dengan rekan-rekan kerja lama anda.

Contoh Surat Lamaran CPNS yang Baik dan Benar

contoh surat lamaran cpns

Contoh Surat Lamaran CPNS berikut ini dapat anda gunakan untuk mendaftar menjadi CPNS, tentunya dengan surat lamaran yang baik, maka akan melancarkan juga urusan anda untuk menjadi CPNS di dinas atau kementrian yang anda inginkan, berikut beberapa contoh surat lamaran CPNS yang baik dan benar.

contoh surat lamaran cpns
contoh surat lamaran cpns

 

Jakarta, …. Desember 2014

Kepada Yang Terhormat,

Sekretaris Mahkamah Agung RI

d/a. Jl. Medan Merdeka Utara No. 9‚Äď13 Jakarta Pusat

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : FULAN
Tempat tanggal lahir : Banjarmasin, 01 Oktober 1974
Agama : Islam
Jenis kelamin : Laki ‚Äď Laki
Pendidikan terakhir : S.1 Hukum Islam
Alamat : Jl. Gatot Subroto No. 123 Banjarmasin
70235 Kalimantan Selatan

 

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak, kiranya dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sebagai tenaga administrasi di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  3. Surat Pernyataan tidak akan mengundurkan diri.
  4. Foto copy Ijazah terakhir dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir.
  5. Foto copy KTP.
  6. Foto copy Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas/Dokter.
  7. Foto copy Sertifikat Komputer.
  8. Foto copy SKCK yang telah dilegalilsir.
  9. Pas photo hitam putih 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar.

 

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya semoga Bapak mempertimbangkan permohonan saya ini dan terima kasih.

 

Hormat saya,

ditandatangani

FULAN bin AFWAN

Atau menggunakan contoh surat lamaran CPNS berikut ini

…………………………………., ………………………………….. 2014

Lampiran         : 1 (satu berkas)

Perihal             : Lamaran pekerjaan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota/Provinsi…….

 

Kepada Yth.

Bapak Bupati/Walikota/Gubernur………

 

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : ……………………………………………………………………………………..

Tempat,tanggal lahir¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : ……………………………………………………………………………………..

Pendidikan / Jurusan¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : ……………………………………………………………………………………..

Alamat¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : ……………………………………………………………………………………..

Nomor telepon¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : ……………………………………………………………………………………..

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak, dengan harapan dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah kabupaten/kota/provinsi‚Ķ‚Ķ‚Ķ‚Ķ‚Ķ‚Ķ‚Ķ‚Ķ‚Ķ pada jabatan ……………………….. *) kode jabatan ………………… *). Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami sampaikan berkas lamaran dengan lampiran sebagai berikut :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
  2. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  3. Fotokopi transkrip nilai akademik yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (cap basah);
  4. Fotokopi Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning/AK.1) dari Dinas Tenaga Kerja yang masih berlaku;
  5. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat yang masih berlaku;
  6. Asli Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit/Dokter pemerintah yang masih berlaku;
  7. Pas photo ukuran 3 X 4 sebanyak 4 lembar (terbaru);
  8. Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- yang sudah diisi;

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

ttd

(…………………………………..)

Nama pelamar

Contoh surat lamaran CPNS yang disediakan sudah cukup kiranya sebagai bekal untuk mendaftar sebagai CPNS, semoga sukses.

Atau jika butuh Contoh Surat Lamaran yang biasa saja, untuk perusahaan pada umumnya, contoh surat lamaran berikut bisa dijadikan acuan.

Palembang, 3 April 2014

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pimpinan

 

Dengan hormat,

Saya mengajukan diri untuk bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Mengenai diri saya, dapat dijelaskan sebagai berikut:

Nama                     : Junanda, S.Kom.
TTL                        : Sungailiat, 5 Juni 1990
Agama                   : Islam
Jenis Kelamin         : Laki-laki
Alamat                   : Jl. Residen Abdul Rozak komp. PHDM 1 no. 51 Palembang
Telepon/HP            : +6xxxxxxxxxxxx
Email                      : jundia@gmail.com
Status Perkawinan : Lajang
Kewarganegaraan : Warga Negara Indonesia

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan hal berikut :

1. Pas foto terbaru.
2. Foto copy ijazah S-1.

3. Transkrip Nilai
4. Daftar Riwayat Hidup/CV.

 

Demikian Surat Lamaran Kerja ini Saya buat dengan manaruh besar harapan untuk mendapat kesempatan wawancara langsung, dan dapat diterima untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang saya miliki. Atas perhatian Bapak/Ibu, Saya haturkan terima kasih.

 

                                                                                                        Hormat saya,

Junanda, S. Kom.

Semoga surat lamaran kerja diatas dapat membantu anda membuat surat lamaran kerja yang lebih baik lagi.