Peluang untuk Mendapatkan Beasiswa S1, S2 & S3 di Brunei Darussalam

Beasiswa Brunei, Pemerintah Brunei Darussalam menawarkan beasiswa tahunan bagi mahasiswa asing untuk belajar di University of Brunei Darussalam [ UBD ] , Islam Sultan Sharif Ali universitas [ UNISSA ] dan Institut Teknologi Brunei [ ITB ] di Brunei . Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa ASEAN , OIC , Commonwealth negara-negara anggota dan lain-lain . Ini diberikan untuk mengejar HND ( Higher National Diploma ) , sarjana , master , master oleh penelitian dan program doktor dalam berbagai disiplin ilmu . Penghargaan beasiswa biasanya dipertahankan untuk durasi program. Beasiswa ini adalah untuk sesi akademik 2020-2021. Permohonan harus diajukan paling lambat 14 Februari 2020. Deadlinenya sebentar lagi, kalau belum siap dan mau ikut tahun depan, tahun 2021 biasanya akan dibuka lagi pada waktu yang mirip-mirip, silahkan cek berkas dibawah untuk persiapan apply tahun 2021. Dibawah juga ada panduan tentang cara isi formnya, silahkan simak, dan sebarkan informasi beasiswa ini, banyak saudara muslim kita yang butuh.

beasiswa brunei darussalam
beasiswa brunei darussalam

Studi Subject : Beasiswa Brunei diberikan untuk program studi yang ditawarkan oleh UBD , UNISSA, UTB & PB.

Tingkat Kursus : Beasiswa tersedia untuk mengejar HND ( Higher National Diploma ) , sarjana ( Honours ) , guru , master oleh penelitian dan program doktor di University of Brunei Darussalam [ UBD ] , Islam Sultan Sharif Ali universitas [ UNISSA ] dan University Teknologi Brunei [ UTB ] serta Politeknik Brunei [PB].
Penyedia Beasiswa : Pemerintah Brunei Darussalam
Beasiswa dapat diambil di : Brunei
Mulai kuliah: Juli/Agustus 2020

Persyaratan:

– Pelamar Beasiswa Brunei Darussalam harus warga negara ASEAN (Indonesia termasuk) , OIC , Commonwealth Negara Anggota dan othres berhak untuk mengajukan permohonan.
– Pelamar harus dinominasikan dari Pemerintah Indonesia
– Pelamar harus berusia antara 18 – 25 untuk program sarjana dan diploma (S1 & D4) dan tidak melebihi 35 untuk program pascasarjana pada 31 Juli 2019 (S2, S3). Atau pada saat dimulainya sesi akademik yang mereka lamar untuk masuk .
– Peserta tidak memenuhi syarat jika, Penduduk Tetap Brunei dan orang asing yang berada di Brunei Darussalam.
– Medical check up di Rumah Sakit pemerintah  dan surat pernyataan kesehatan bisa menjalani studi di Brunei Darussalam dalam bahasa Inggris

Beasiswa Brunei untuk Siswa Internasional : Para siswa dari ASEAN , OKI , negara-negara Commonwealth Anggota dan lain-lain dapat mengajukan permohonan untuk beasiswa .

Deskripsi Beasiswa Brunei : Yang Mulia Sultan dan Yang Dipertuan Agung Brunei Darussalam, Pemerintah Brunei Darussalam menawarkan beasiswa tahunan di bawah skema penghargaan beasiswa khusus , untuk sesi akademik 2020/2021. Diberikan di Brunei Darussalam , tujuan pemberian beasiswa adalah untuk menyediakan pelamar , dengan kesempatan untuk belajar di University of Brunei Darussalam [ UBD ] , Islam Sultan Sharif Ali universitas [ UNISSA ] dan University Teknologi Brunei [ UTB ] serta Politeknik Brunei [PB] .

Durasi studi Beasiswa Brunei : Beasiswa biasanya diberikan untuk periode minimum yang diperlukan untuk memperoleh gelar tertentu yang empat tahun untuk gelar pertama dengan S1 , satu sampai dua tahun untuk gelar master , tiga tahun untuk gelar doktor di UBD , UNISSA dan UTB , dua setengah tahun untuk HND di UTB , tiga tahun untuk diploma ilmu kesehatan di UBD , semua secara penuh waktu (fulltime) tidak boleh sambilan (part time).
Info lengkap harus cek sesuai program yang mau diambil di website Universitas masing-masing.

www.ubd.edu.bn

www.unissa.edu.bn

www.utb.edu.bn

www.pb.edu.bn

Apa saja yang ditanggung Beasiswa Brunei ini ?

– Para pelajar dibebaskan dari membayar biaya kuliah dan biaya wajib lainnya yang ditentukan oleh universitas selama program.
– Satu tiket pesawat kelas ekonomi PP – tiket untuk rute yang paling ekonomis untuk Brunei Darussalam akan ditentukan oleh Pemerintah Brunei Darussalam . Tidak ada bantuan tambahan akan diberikan terhadap biaya perjalanan lainnya . (airport tax, extra luggage, meals, bus/taksi ke lokasi Universitas di brunei)
– Tunjangan dibayarkan akan mencakup :
– Bulanan tunjangan pribadi BND 500.00 (1 BND kurang lebih 9400 rupiah, sehingga berkisar 4,7 juta rupiah)
– Annual Book Allowance BND 600.00 (berkisar 5,8 juta rupiah/tahun)
Uang makan
– Bulanan BND 150.00 (sekitar 1,4 juta rupiah/bulan)
Kepulangan BND 250.00 (2,4 juta rupiah) ke wilayah ASEAN dan BND 500.00 (4,8 juta rupiah) ke wilayah non ASEAN setelah selesainya program saja.
– Sebuah akomodasi di lembaga masing-masing perguruan tinggi disediakan asrama (gratis, jadi uang makan full untuk makan saja, tempat tinggal ditanggung, asrama berada di sekitar kampus, tidak perlu uang transport tiap kali ke kampus). Jika sarjana memilih untuk tidak tinggal di akomodasi yang disediakan , tidak ada tunjangan tambahan akan diberikan dalam pengganti akomodasi dan transportasi (kalo ada budget sendiri silahkan, karena mungkin asrama dirasa kurang nyaman dan kondusif atau ada keluarga di Brunei, atau kalau mau agak lebih leluasa untuk tempat tinggalnya).
– Jika disyaratkan oleh kampus untuk menghadiri interview atau test tertulis di lokasi yang ditentukan oleh kampus, wajib menghadirinya.
– Tidak boleh menerima beasiswa lain, jika ketahuan beasiswa akan hangus
– Tidak disarankan untuk membawa anggota keluarga, asrama yang diberikan tidak mendukung anggota keluarga lain.
-Perawatan medis dan / atau perawatan gigi – Hanya rawat jalan yang diterima di setiap rumah sakit pemerintah Brunei yang gratis . Namun biaya administrasi akan dibayarkan untuk setiap konsultasi dengan dokter umum atau spesialis pemerintah . Sarjana harus mencari perawatan medis atau gigi lebih lanjut di setiap rumah sakit atau klinik swasta , semua biaya harus ditanggung oleh para sarjana sendiri .

Cara Mendaftar adalah melalui email. ke applyBDGS2020@mfa.gov.bn

Deadline Aplikasi Beasiswa : formulir aplikasi lengkap bersama dengan salinan resmi dari sertifikat dan dokumen yang relevan harus mencapai email selambat-lambatnya jam 16.00 waktu Brunei, Tanggal 14 February 2020 .

Kelengkapan dokumen yang dibutuhkan:

1. Formulir aplikasi yang telah dilengkapi (panduan mengisi ada di bawah).
3. Salinan ijazah dan transkrip akademik yang telah dilegalisir
4. Statement of Purpose– lihat di formulir
5. Salinan akte kelahiran dan paspor yang telah dilegalisir
6. Salinan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
7. Terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris untuk masing-masing dokumen aplikasi yang berbahasa Indonesia
8. Medical check up & Surat keterangan Kesehatan dalam bahasa Inggris

Note:
– Formulir aplikasi dapat anda ketik atau tulis tangan (asalkan rapi) dengan menggunakan tinta hitam atau biru
– Terjemahan resmi dokumen ke dalam bahasa Inggris bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau terjemahan langsung dari pihak kampus/sekolah dan telah dicap sekolah.

Seluruh berkas dokumen di atas, dapat anda kirimkan ke email applyBDGS2020@mfa.gov.bn
Ada pertanyaan bisa ditanyakan ke
Technical Assistance Division,
Ministry of Foreign Affairs and Trade,
Jalan Subok, Bandar Seri Begawan, BD2710,
Brunei Darussalam.
Telp: (673) 2261177 ext. 163 / 310
Fax No: (673) 2261250.
Email: scholarship@mfa.gov.bn

Note:
Khusus untuk pelamar Universiti Brunei Darussalam (UBD) juga harus melengkapi Formulir Aplikasi secara online di https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/

Saat ini pendaftaran Beasiswa Kuliah Luar Negeri dari Pemerintah Brunei Darussalam untuk Tahun 2020/2021 telah dibuka, dan akan berakhir pada tanggal 14 Februari 2020. Anda dapat mengirimkan seluruh berkas dokumen yang disebutkan di atas sebelum tanggal tersebut. Untuk informasi pengumuman pemenang biasanya akan diberitahukan melalui email atau dihubungi langsung oleh pihak kedutaan besar.

Berikut pengumuman resmi tentang beasiswa dari Brunei Government
http://www.mfa.gov.bn/Pages/bdscholarship.aspx

Untuk Panduan Beasiswa S1 dan tips serta trik agar bisa menjebol beasiswa ini dengan sukses, baca di Beasiswa S1

Berikut Formulir pendaftarannya, bisa dibaca & didownload langsung via link berikut http://www.mfa.gov.bn/PublishingImages/Pages/BDGS/BDGS%20APPLICATION%20FORM%202020-2021.doc, panduannya sebagai berikut
Page 1: Tempel foto di tempat yang ditentukan, sama tulis code program dan nama program pilihan kampus kamu, ada dua pilihan. Nama program bisa dicek di web kampus, untuk code saya juga kurang tahu, bisa dikontak pihak beasiswanya via email, jika ada yang jawab di komentar akan saya update disini, bisa dikosongin saja.
Page 2: Saya list yang agak membingungkan saja, nama tanggal lahir paham sendiri kan ya.
Nomor Passport udah harus ada, kalau belum bikin passport dulu.
Ethnicity: Etnis, melayu kah, chinese, madura, etc. Kebanyakan Indonesia etnis melayu.
Postal Address: Alamat untuk pengiriman berkas Universitas dari pihak Brunei, alamat kostan atau alamat orang tua.
Name of Parent: Isi nama orangtua, yang masih hidup, biasanya Ayah.
Relationship: Misal, Father.
Occupation: Misal, teacher.
Address: isi alamat Ayah, Email/Phone, isi email Ayah, atau nomor telepon.
Page 3: Academic Experience, Riwayat Akademik.
Sistem edukasi Brunei berbeda dengan Indonesia, lengkapnya baca disini, singkatnya isi saja sesuai saran saya, saran saya berlaku jika anda selama hidup sekolah di Indonesia, jika pernah sekolah diluar negeri, maka wajib untuk baca link dibawah ini untuk menyesuaikan.
http://www.ibe.unesco.org/fileadmin/user_upload/archive/Countries/WDE/2006/ASIA_and_the_PACIFIC/Brunei_Darussalam/Brunei_Darussalam.htm
A. Isi riwayat pendidikan dari SMP, SMA, S1/Diploma, S2, dst.
Name of School isi nama sekolah, misal SMAN 2 Kota Bengkulu.
From 2008 to 2011.
Qualification obtained High School degree.

Name of School Universitas Mercubuana Jakarta
From 2011 to 2015.
Qualification obtained Bachelor degree.

B. Ordinary level ini equivalent dengan SMP, cek lagi hasil UN SMP anda, masukkan nilainya
Year 2008
Subject Mathematic
Grade 83 of 100
Medium Indonesia (Bahasa pengantar, menurut saya, untuk pastinya bisa tanya ke email panitia, jika ada yang jawab di komentar akan saya update disini)
Examination body Ministry of Education Indonesia

C. Advance level equivalent dengan SMA, cek hasil UN SMA, masukkan sesuai diatas

Page 4: Other qualification
Jika apply S2, pasti sudah ada S1 atau Diplomanya, diisi disini, misal
Qualification Bachelor degree
Name of Institute & Country Mercubuana University, Indonesia
Duration 4 years
Date passed 9 April 2015
Grade 3.7 of 4.0, Cumlaude
Medium of Instruction Indonesia (Bahasa pengantar)
E. Intended qualification, saya tidak tahu, bisa ditanyakan ke panitia, jika ada yang jawab di komentar akan saya update disini

Language Proficiency:
English 1 ceklis 1 ceklis 1 ceklis (harus lampirkan buktinya, TOEFL, IELTS atau TOEIC)
Others, Misal
Indonesia 1 ceklis 1 ceklis 1 ceklis
Malay 2 ceklis 2 ceklis 2 ceklis
Arab 3 ceklis 3 ceklis 3 ceklis
Chinese 3 ceklis 3 ceklis 3 ceklis

Page 5: Academic distinction or prize, penghargaan, sertifikat, juara, etc
Proposed future career, setelah lulus nanti mau apa, mau kerja apa, dimana di bidang apa

Page 6, Statement of purpose, seperti study plan, research plan, yang sesuai dengan proposed study career.
Cari aja di internet banyak contohnya, di blog saya juga ada contohnya. Baik untuk S1 maupun S2.
Mau pakai study plan punya saya yang sukses dapat untuk S2 apply LPDP dan kampus di China (Shanghai Jiaotong University, rank 50 besar di dunia, 5 besar di China) untuk jurusan computer science research area big data monggo cek dimari https://ahmadarib.com/format-contoh-study-plan-untuk-aplikasi-beasiswa-keluar-negeri.html. Ada yang untuk S1 juga disini, waktu itu apply KGSP Korea.

Page 7,
7. pengalaman kerja, baik part time maupun fulltime list semua disini
8. Ekstrakurikeler atau organisasi, list semua disini beserta posisi
9. Ini khusus untuk Asosiasi professional saja, asosiasi profesi atau akademik, biasanya untuk yang apply S2 atau S3 atau Postdoc baru punya ini
10. Penghargaan akademik atau beasiswa

Page 8
Reference, minta 2 orang untuk referensikan kamu, bisa guru atau dosen atau atasan tempat kamu bekerja.
Namanya kamu tulis disini, misal
Name: Dr. Sujatmiko, M.Kom
Job title: Dean of Computer Science Faculty Mercubuana University
Telephone & Fax, Email isi sendiri.

Nah kedua orang ini harus mengisi form C1 & C2 terlampir di form pendaftaran.

Declaration, isi tanggal dan tanda tangani saja

Page 9-12
Reference Letter form
Isi sesuai pertanyaannya oleh 2 orang reference yang kamu minta, dan ybs (dosen/kaprodi/guru) harus mengirimkannya, enaknya bisa lewat email saja, ke alamat email yang telah disediakan.

Page 13 & 14, Nah ini rasanya harus minta dukungan dari Ministry of Foreign Affair, Kementrian luar negeri yang bagian pendidikan untuk isi. Kalau yang domisili di jakarta bisa langsung ke gedung kementriannya untuk bertanya dan minta tolong. Untuk yang bekerja di badan pemerintah lain, bisa diminta ke badannya sendiri saya rasa. Dan form ini wajib diisi, jadi wajib ada yang endorse.

Notes: Saya sarankan kirim via email, formnya bisa diketik atau tulis tangan, jadi diprint dulu, foto ditempel, dll diisi semua, baru kemudian di scan semua, sama semua berkas lain juga discan semua.
Mau cepat scan dan murah, saya pakai aplikasi Office Lens di Android, pakai kamera handphone, kameranya mesti rada bagusan dikit.

Masih bingung, silahkan komentar atau baca di bawah ini untuk paham lebih lanjut Beasiswa Brunei Darussalam. Semua komentar akan saya respons, dan juga bisa dilihat oleh orang lainnya.

1,053 thoughts on

Peluang untuk Mendapatkan Beasiswa S1, S2 & S3 di Brunei Darussalam

  • Jerry

    Assalamualaikum
    Apakah beasiswa Brunei Darussalam THN 2022 udah dibuka bang?
    Terimakasih

  • Eka Shilfia

    Kak.. Saya sudah menempuh kuliah s1, jika saya ambil beasiswa s1 lagi di brunei apakah bisa?
    Jika bisa, apakah saya harus melampirkan ijazah s1 saya beserta ijazah sma atau hanya ijazah sma saja?
    Terimakasih.

    • Ahmad Arib

      ijazah SMA saja Eka, karena mengulang nanti jatuhnya

  • Rahmi Ersalina

    Kak saya mau nanya di brunei beasiswa nya bisa gak kk kalau kita d3 terus kaya tarnsfer gitu kk buat lanjut s1 mohon jawaban nya kk

    • Ahmad Arib

      Hi Rahmi, sejauh yg kk tau belum bsa beasiswa D3 ke S1 kalau beasiswa Brunei ini

  • Nadyaaa

    Maaf kak sebelumnya, kalau lah misalnya tahun depan dibuka beasiswa nya dan deadline nya di bulan februari juga, dan di bulan itu saya blm UN, lalu bagaimana saya bisa mengisi nilai UN saya di formulir tersebut?

    • Ahmad Arib

      Diisi aja seadanya dulu, rekan2 yang lain juga demikian, baru dilengkapi lagi setelah UN keluar dan masuuk proses selanjutnya.
      Tapi memang banyak yang dapat beasiswa S1 rata2 dah pada kuliah S1 dulu di dalam negeri, pas dapat keluar negeri tahun berikutnya, jadi putusin yg dalam negeri mulai yang di luar negeri Nadyaa

  • Muhammad Rosyid

    Salam
    Untuk beasiswa S2 UNISSA apakah perlu TOEFL atau TOAFL ?

    Terimakasih

    • Ahmad Arib

      iya diperlukan Rosyid, semua beasiswa keluar negeri rata2 membutuhkan sertifikat kemampuan bahasa

  • Cici

    untuk UBD gausah isi codenya ya 🙂
    coba baca di FAQs nomer 9

  • Dede Rahmah Sholihah

    maaf kak, Ordinary level sama edvanced level itu ditulis nilai setiap pelajaran yang di UN kan saja?

    Pelajaran agama ( Tauhid, Fiqh, dll ) ditulis juga nilainya?

  • Dede Rahmah Sholihah

    Aslmlkm kakak,
    maaf kak, kalau bedanya mobile no sama telephon no itu apa ya?

  • Dede Rahmah Sholihah

    aslmlkm. wr.wb
    Maaf kakak, Mobile No itu nomer apa ya?

    Terimakasih

  • Dede Rahmah Sholihah

    Aslmlkm wr.wb
    Maaf kak, izin bertanya. saya Lulusan PM Gontor, ijazah SMP dan SMA nya kan jadi satu, dan keterangan nilai nya pun sama, artinya di isi sama saja ?

    terimakasih kak….

  • Nagas

    Kak itu tiap tahun pasti ada atau gimana?

  • putri rahma

    mas… misalnya mau daftar tpi gk djawab sama pihak sana nya sendiri gmana?? trus klo udh keterima pngen bimbingan konseling sndiri, ada tempatnya khusus apa enggk??

  • Tsaqila

    kak, untuk persyaratan akademik, apakah harus TOEFL? karena background saya bahasa arab, apa boleh dengan TOAFL? da untuk di UNISSA dengan Islamic studies bahasa pengantarnya apa? syukron kak. selanjutnya, berapa kuota penerima beasiswa di jenjang Magister kak?

  • Rido

    Oh ia kak, hasil pengungumannya kan nnti melalui email atau dihubungi lngsung oleh kedubes. Nah kira2 itu skitaran tgl dan bulan brp ya kak? Trima kasih

  • Bila

    kak email administrasi ubd untuk nanya application code yang mana ya kak? bingung banyak contact nya kak

  • dion

    kak mau tanya, itu file upload yg di pendaftaran online ubd, apa sama kyk file beasiswa yg dikirim lewat email?

  • Nikmah

    Kak maaf mau nanya untuk page 13, initials of verifyng officer pengisian nya bagaimana

  • Muhammad Faishal

    Assalamualaikum Wr. Wb.. Kak mau tanya kalau untuk mengisi kodenya itu gmn ya?

  • Salsa

    Bg kalo yang nerjemahin ijazah nya guru sekolah teros di legalisir sama pihak sekolah boleh?

  • Fatimah

    Kaa saya mau tanya, ijazah dan transkrip untuk s2 yang dilampirkan hanya s1 saja atau dari smp ya?

  • Sodrina

    kak cara mereka tau kita apply buat master degree/ bachelor degree gmn ya? apa perlu bikinin keterangan pas nulis courses applied nya?

  • roni setyawan

    kak kalau kita yang diluar daerah aakarrta untuk meminta yg di page 13 sama 14 dimana ya?

  • mayra

    kak, khusus reference letter harus dikirim langsung dari email pengisinya ya kak? misalkan guru saya yg ngisi reference letter, lalu kak, untuk yg dilengkapi oleh pemerintah itu gimana kak? soalnya saya ga tinggal di ibukota

  • Rindang

    Assalamu’alaikum, apakah kakak tahu format surat keterangan telah mengikuti TOEFL dan sertifikatnya menyusul? Terima kasih

  • Rindang

    Assalamu’alaikum, apakah kakak tahu format surat keterangan telah mengikuti TOEFL dan sertifikatnya akan menyusul kemudian? Terima kasih kak

  • nova

    assalamualaikum kak.
    sy mau tny. gmn cara ngisi form yang ” to be completed by the nominating goverment” ini kak?

  • Amalina Qori

    Assalamualaikum kak. Untuk beasiswa ini apakah harus ada surat rekomendasi dari sekolah bahwa akan melanjutkan studi diluar negri ?

  • Septiadi akbar

    Assalamualaikum, apakah dokumen kita yang telah diterjemahkan harus dilegalisir kemenhukam dan kemenlu juga kak?

  • Azizah

    Kak mau tanya, ini skck harus skck ke luar negeri atau bisa skck biasa trs ditranslate? Soalnya kalo skck ke luar negeri harus di mabes polri.

    • Ahmad Arib

      Tinggal di daerah berarti?
      Udah SKCK biasa aja trus minta authroized translation barengan sama dokumen yg lain yg cuma ada versi bahasa Indonesianya.

  • Salsa

    Assalamu’alaikum kak,mau nanya kak
    1. yang tentang initials verifying officer gimana ya kak maksudnya ? Ngga ketemu reply kakak yg ttg itu kak, udah jauh banget ke bawah kak, bisa tolong di jelaskan lagi kak?
    2. Kak yg ttg languange proficiency, misalnya kita tulis others : arabic/japanese, harus ada toafl & jlpt nya kak? Atau untuk yg b.ing aja yang wajib sertifikat kak? Karena kurang jelas perintahnya kak, terimakasih sebelumnya kak

    • Ahmad Arib

      Waalaikumsalam
      1. baca lagi yg bener, kk dah jelasin 😀
      Intinya ya kalo kamu di Jakarta bisa mintain tolong kemenlu ato kemendiknas pusat, bagian belmawa kemendiknas yg ada di Sudirman biasanya bisa dimintain tolong beginian.
      kalo kamu di Jakarta mintain aja ke diknas kota ato provinsi, biasanya pada gag paham, minta tolongnya baik2, kalo ada kenalan lebih baik lagi.

      2. Wajib ada semua, kalo kamu bsa Arabic ya masukin TOAFL. Kalo bisa Japanese ya masukin JLPT. Kalo bsa Mandarin ya masukin HSK. Kalo bisa English ya masukin TOEFL, IELTS, TOEIC. Kalo claim2 aja tanpa ada bukti kan lucu juga Salsa. Ini berlaku buat daftar beasiswa keluar negeri apapun.

  • Nisa

    Kak, kan klo daftar UBD kan kita harus daftar online dulutuh, nah ada appilication code nya, gimna tuh?

    • Ahmad Arib

      email Contact Person administrasi UBD, kmaren kk ada pake web mereka juga gag masuk ke email kk application codenya, request aja lagi bilang gag nyampe gitu application code nya Nisa, dan perlu segera untuk aplikasi beasiswa brunei.

  • Sania

    Kak, kalo medical chek up harus dikirim bersama berkas atau menunggu kelulusan?

    • Ahmad Arib

      di berkas seleksi gag ada menyinggung hal ini sih Sania, jd mungkin menunggu kelulusan sepertinya

  • Sania

    Kak. C1 dan C2 harus banget diisi ya kak?

    • Ahmad Arib

      iyes Sania, wajib punya ini hukumnya, gag diisi kan artinya gag ada pemberi rekomendasi

  • Sania

    Kak. C1 dan c2 hadus banget diisi ya kak?

  • Salsabila

    Postal address alamat pos kita atau alamat penerima berkas, atau gimana bg?

    • Ahmad Arib

      alamat pos kita aja Salsabila untuk menerima berkas beasiswa brunei ini kalo kepilih nantinya

  • Azizah

    Kak. Terakhir pendaftaran ny kan tgl 28 Feb. Lalu yang SMA kan blm ujian akhir . gmn tuh bikinnya SKL? Atau ada pengganti ijazah atau SKL?

    katanya ada yg telpon ke panitia. Ntuk persetujuan dr kemen LN itu bs dgantikan di daerah. Lalu ntuk daerah sndri dtgnya kemana kak?
    Apa ada kemen ln Yg daerah?

    Mohon penjelasnnya

    • Ahmad Arib

      Surat pernyataan dri sekolah kalo kamu akan lulus Juni 2019 oke juga Azizah. Menurut kk ini namanya SKL juga, haha.
      Apapunlah sekolah bilang namanya apa, yg penting ada surat ini.
      Diknas daerah ok jg buat pendaftaran beasiswa brunei ini Azizah.

  • Dyah ayu

    Kak mohon maaf berkas2.nya itu cukup di kirim lewat via email atau juga lewat pos kak…soalnya saya pernah baca ada info yang mengharuskan d kirim lewat pos..trs mengenai surat yg dari kemlu itu kak instansi apa selain itu kak

    • Ahmad Arib

      lewat email aja 2 tahun belakangan ini, lebih simple juga buat mereka.
      Kemendiknas bisa jg, kan ada di tiap daerah tuh Diknas

  • Mauludhanti

    Kak saya mau tanya kalo misalkan saya belum lulus sma berarti nilai raport nya di sertakan? Setelah itu yg di terjemah nilai pengetahuan nya saja atau nilai pengetahuan dan keterampilan? Terima kasih

    • Ahmad Arib

      Sertakan SKL yg menyatakan kamu akan lulus tahun ini.
      Masukkan aja semua saran kk

  • Fella

    Kak, di formulir nya tertulis harus di isi dengan di detik. Jadi bagaimana?

  • Gamaladlsr

    Kak kalo saya udah kelas 3 trus sklnya bisa keluarnya abis pendaftaran gimana kk

    • Ahmad Arib

      ikut tahun depan beasiswa brunei ini

  • Inda

    Kk… Gmn cara dapatin ACC dr kementrian LN ya? Kalau berada diluar jkt.

    Kemudian, ad syarat security vetting, nah itu mksdny gmn kk?

    • Ahmad Arib

      baca komentar2 di bawah, ada yg minta ke Kemendiknas daerah.
      security vetting itu SKCK.

  • Rausyan Fikr

    Assalamualaikum kak Arib, jika berkenan boleh kah minta no wa atau Facebook nya kak Arib,, untuk keperluan tanya2 mengenai beasiswa ini terimakasih ..

  • Zaid

    Ass, kak minta contoh pengisian formnya

    • Qurba

      ini nih harusnya perlu pengisian di bagian mana yang perlu di isi karena masih agak bingung juga keteranngannya

  • Fahrur rozy

    Kalo lulusan SMA itu harus punya toefl juga, untuk mendaftar beasiswanya kak?
    Mohon penjelesannya yang jelas

  • zaid.R

    mas boleh minta exp cara mengisinya gk?
    kalo boleh kirim aja ke email saya ” alphagraf18@gmail.com

    • Ahmad Arib

      udah ada penjelasan cara mengisi form beasiswa bruneinya diatas bro Zaid

  • Zidan

    Kak untuk halaman 13 initials of verifying officer diisi apa ya?

    • Ahmad Arib

      baca komentar2 di bawah, dah banyak kk bahas

  • Fahrur rozy

    Yang dibutuhkan itu sertifikat toefl ITP atau toefl ITB atau hanya toefl biasa kak?
    Mohon penjelasannya kak

    • Ahmad Arib

      gag dijelasin, tapi setahu kk yg formal dan diterima se-internasional untuk beasiswa keluar negeri adalah TOEFL IBT (internet Based test)

  • Teru

    Permisi om saya kan masih SMA , terus kopian ijazahnya itu pake ijazah SMA atau SMP ?

    • Ahmad Arib

      Kelas 3 SMA?
      Bikin SKL dr sekolah

  • Ahmad Mukhlis

    Permisi mohon maaf sebelumnya. Apakah untuk page 13-14 diisi oleh cabdin daerah bisa? Soalnya kalau berurusan dg kementerian luar negeri terlalu jauh. Rumah saya daerah jawa timur. Jawaban mimin akan sangat membantu

    • muhammad dika

      ass. bang kalo kode jurusan Perbankan Islam, Keuangan dan Ekonomi di ubd berapa ya? sama di unnisa jurusan
      Fakultas Ekonomi dan Keuangan Islam.
      syukron.

      • Ahmad Arib

        Kosongin aja kalo gag paham, kk juga gag ngerti Dika

    • Ahmad Arib

      Ada yg telpon panitia beasiswa brunei dan katanya bisa

  • Jeffry

    Permisi Mas, untuk program lanjut jenjang dari D3 ke S1 ada atau tidak ya?

    • Ahmad Arib

      kaga ada pernah kk baca program beasiswa luar negeri menawarkan D3 ke S1 bro, termasuk beasiswa brunei ini juga gag ada.
      Saran kk selesaikan aja dulu di dalam negeri S1nya, bayar sendiri, nanti S2 baru coba apply keluar negeri

  • Gamaladlsr

    TOEFL Nilanya minimal brp kk

  • Karunia Farah Adini

    hai, boleh tanya contoh untuk isi intended qualification di formnya tidak ya? clueless banget, hehe makasih

  • Silmi kaffah

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Afwan akhii, mau nanya paspor wajib yak, Klo yg bwt ke unissa translet nya wajib pke arab ap bleh pke inggris? trus kuota bwt beasiswa ini terbatas kgk?

    • Ahmad Arib

      tergantung jurusan, pengantar bahasa arab ya translate arab saja Silmi.
      terbatas dong, semua beasiswa ada kuotanya, yang mau banyak Silmi, brunei meski negara kaya minyak juga kasih batasan ngasih beasiswanya ada kuotanya juga 😀
      Paspor wajib ada

  • Kholillah Miftah

    Pistol Address itu kayak gimana kak?

  • Ammar Daffa

    pengesahan halaman ke 14 itu kemana ya…? sya udah tanya ke kementerian luar negeri, mrka tdk paham. sya jug udah telepon ke kedubes brunei di jakarta, info nya minta pengesahan ke kementerian pendidikan setempat…. mohon penjelasan dan kalau perlu kontak kepada siapa dimintakan pengesahan nya itu…

    terima kasih

    • Ahmad Arib

      ke diknas setempat aja Ammar, mintain tolong gitu

  • Suryadi

    Saya ingin mendaftar S2 bang tapi gk punya sertifikat tofl. Kalau sertifikat bahsa arab saya ada karena S1 saya jurusan bahasa arab. Ada solusi lain gak? Mohon bantuannya

    • Ahmad Arib

      kalo jurusan S2 mu bahasa pengantarnya bahasa Arab ya masukkan aja Suryadi gag wajib toeflnya

  • Suryadi

    Saya ingin mendaftar S2 bang tapi gk punya sertifikat tofl. Ada solusi lain gak? Mohon bantuannya

    • Ahmad Arib

      ya apply aja dicoba, gag ada solusi lainnya

  • Ahmad

    Untuk SKCK apa harus langsung membuat apa nunggu diterima dlu baru membuat?

    • Ahmad Arib

      Buat dulu di awal, mesti ada di berkasnya Ahmad untuk beasiswa brunei ini

  • Zulfhis sarah

    Kak, kalo untuk D4(s1 terapan) ke S2 bisa gak?

    • Ahmad Arib

      bisa ditanyakan ke panitia beasiswa brunei

    • Ahmad Arib

      bisa ditanyakan ke panitia beasiswa brunei dan kampus yang kamu mau tuju di brunei

  • Emilia

    halo kak..
    mau tanya Application Code itu diisi apa ya?

  • Khodijah

    Assalamualaikum. Slmat sore. Mohon maaf sebelomnya mengganggu waktuny pak. Kmi mau tnya. Kn di persyaratan yg 7 itu kn nggak ad syarat toeflny. Hnya di formulirny itu ad yg bahasa dipilih dan harus di lampirkan jg ya.?
    Berpa minim nilai toefl ny pak?
    Klau sertifikat nya yg dr kampus bisa kah? .trmksih mohon maaf pak

    • Ahmad Arib

      iya mesti ada bukti proficiency dr bahasa yg kamu pilih, english ato arab.
      gag ada specify minimal berapa.
      Silahkan dicoba aja

  • Irma

    Monmaap ka, saya ga baca ada persyaratan harus menyertakan toefl. Ada di poin ke berapa ka?

    Terus, toefl nya harus berapa score?
    Harus dari ITP atau bisa bebas?

    • Ahmad Arib

      utuk lampiran bahasa, gag ada specify, masukkan aja yg kamu punya

  • Izzan

    Bagaimana caranya agar saya bisa dapat surat rekomendasi beasiswa pendidikan ke brunei dari pemerintah, dan semisal pembuatan passport nya nunggu sampai jadi itu lama padahal waktunya sudah mepet tinggal beberapa hari lagi, sebab saya baru mendapat info beasiswa ini baru-baru ini. Terimkasih 🙏🏻

    • Ahmad Arib

      Ada yg nelpon kedubes brunei, nanya tentang ini, katanya
      “minta pengesahan ke kementerian pendidikan setempat”, menurut kk ya mintain aja ke kemendiknas setempat kamu, tanya aja ke Diknas, mintain tolong gitu butuh dokumen ini buat apply beasiswa brunei

      • Rido

        Oh ia kak, kmarin sdh ke kemendiknas daerah di Sulawesi tapi responnya sama mereka tidak tahu menahu soal pengesahan formulir pendaftaran

        • Ahmad Arib

          iya mereka pastinya gag tahu, jadi makanya judulnya adalah mintain tolong, sambil jelasin juga, butuh TTD kepala bagian pendidikan dan cap Diknas, udah gitu aja, untuk kepentingan daftar beasiswa.
          Kalo bisa ada yg kenal gitu sama siapa orang Diknasnya, di Indonesia apalagi daerah masih begini semua, gampang kalo ada yg kenal.
          (kk dari Bengkulu, Ayah kk di Diknas, skarang kk dah kuliah diluar negeri pake beasiswa, jdi ini dr pengalaman pribadi 😀 )

  • Ahmad Naufal

    kak mau nanya,
    saya ingin mendaftar untuk s2,

    1. di persyaratan dituliskan harus mengirimkan kopian ijazah berbahasa inggris dengan legalisir,

    saya sudah ada ijazah translate tapi belum ada legalisirnya, mengingat saya tinggal di Aceh dan univ saya terdahulu di surabaya.
    jadi melihat waktu yang tinggal 2 minggu saya rasa sulit untuk mewujudkannya.

    apakah boleh mengirimkan scan ijazah translate dari kampus saja?

    • Ahmad Arib

      Silahkan ditanya ke pantia beasiswa brunei bro Naufal, inikan namanya kasus khusus yg gag sesuai dengan persyaratan yang sudah ditetapkan

  • Pipit

    Kak, klo ditolak endorsement nya sama kementerian pendidikan gmn ya kak?

    • Ahmad Arib

      Ada yg nelpon kedubes brunei, nanya tentang ini, katanya
      “minta pengesahan ke kementerian pendidikan setempat”, menurut kk ya mintain aja ke kemendiknas setempat kamu, tanya aja ke Diknas, mintain tolong gitu butuh dokumen ini buat apply beasiswa brunei

  • Rizal Maulana Ghaffar

    Assalamualaikum kak, kalau toefl itu dipersyaratkan dari awal? Berapa nilai minimalnya?

  • Pipit

    Assalamu’alaikum kak, untuk endorsement nya bisa di dinas pendidikan daerah ya? Soalnya aku kmrn ke kemenristekdikti ditolak. Harus ada rekomendasi dr universitas sebelumnya katanya..
    Abis tu aku kirim email ke kemenristekdikti sama dinas pendidikan daerah nanya ttg endorsement g digubris.
    Berarti bisa di dinas pendidikan daerah kan kak??

    • Ahmad Arib

      Ada yg nelpon kedubes brunei, nanya tentang ini, katanya
      “minta pengesahan ke kementerian pendidikan setempat”, menurut kk ya mintain aja ke kemendiknas setempat kamu, tanya aja ke Diknas, mintain tolong gitu butuh dokumen ini buat apply beasiswa brunei

  • Ikhda Rahmatina

    Assalamualaikum kak, tolong diperjelas maksud yang “harus ada endorse” kalo ga dari kemenlu pusat bisa dari badan pemerintah lain maksudnya kemenlu di tiap daerah?
    Akta kelahiran sdh ditranslate lalu dilegalisir kmn kak?

    • Ahmad Arib

      Ada yg nelpon kedubes brunei, nanya tentang ini, katanya
      “minta pengesahan ke kementerian pendidikan setempat”, menurut kk ya mintain aja ke kemendiknas setempat kamu, tanya aja ke Diknas, mintain tolong gitu butuh dokumen ini buat apply beasiswa brunei.

      ya di dukcapil itu sendiri buat akta kelahiran

  • dion

    mas mau tanya, maksudnya medium di advanced level of equivalent

  • sultoni rahman

    assalaamu’alaikum kak,..
    kan dari tadi disuruh menerjemahkan semua dokumen ke bahasa inggris, apakah itu berlaku bagi yang ingin masuk ke Unissa bagian ushuluddin, syariah dan sebagainya ?

    • Ahmad Arib

      waalaikumsalam, bisa telpon panitia beasiswa bruneinya sultoni rahman, menurut kk sih gag lgi ya, pengantarnya arab kan ya?

  • FUTI ANNISA AKBAR

    Mau nanya kak, kalau yg untuk surat dari kementrian itu gimana cara pengurusannya?
    kemaren saya email ke kemenlu RI, ktanya tidak ada bagian pendidikannya

    • Ahmad Arib

      Ada yg nelpon kedubes brunei, nanya tentang ini, katanya
      “minta pengesahan ke kementerian pendidikan setempat”, menurut kk ya mintain aja ke kemendiknas setempat kamu, tanya aja ke Diknas, mintain tolong gitu butuh dokumen ini buat apply beasiswa brunei

  • Satya

    Misi gan numpang nanya,untuk jurusan hukum s2 itu ada nggak?

    • Ahmad Arib

      silahkan dicek di web institusi masing2 Satya

  • syifa fau

    kak.. aku mau tanya..
    1. surat dari kemenlu ini maksudnya gmna kak? ngurusnya dmna kak?
    2. statement of purpose ini maksudnya gmna kak? diketik?
    3. batas score toefl ny brapa kak?

    • Ahmad Arib

      1. Ada yg nelpon kedubes brunei, nanya tentang ini, katanya
      “minta pengesahan ke kementerian pendidikan setempat”, menurut kk ya mintain aja ke kemendiknas setempat kamu, tanya aja ke Diknas, mintain tolong gitu
      2. kayak study plan, iyes diketik
      3. kaga ada bilang

  • Ahmad

    Mohon maaf mau tanya..
    1. Apakah SKCK harus membuat di awal pendaftaran atau nanti setelah benar2 diterima baru mengurus SKCK sekalian membuat Visa?
    2. Apakah boleh surat rekomendasi dari dosen dengan bahasa Arab?
    Terima kasih

    • Ahmad Arib

      1. sejak awal pendaftaran beasiswa brunei ini Ahmad
      2. Boleh, asal jurusan yg kamu tuju bahasa pengantarnya bahasa Arab

  • Irfhan Mimis

    Bang Aku Kan Baru Tamat SMA Tahun 2018. Jadi Di Page 4 Kan Harus Masukan Nilai IP. Naah Itu Gimana ? Harus Kosongkan ? Trus Masih Kurang Paham Pada Bagian Page 3 Dan 4.

    • Ahmad Arib

      Dibaca2 lagi page 3 dan 4 nya Irfhan.

  • Sarach Dian Ramadhanti

    Siang ka. Saya mau tanya, apakah kita diwajibkan untuk melampirkan sertifikat toefl pada tahap seleksi awal?.
    Apabila saya sedang menempuh kuliah di s1. Apa bisa ikut seleksi beasiswa brunei?
    Terimakasih ka.

  • Hasna Fathin

    Assalamu’alaikum kak, sebelumnya, terima kasih atas informasinya, sgt membantu:)
    Maaf kak, aku mau tanya beberapa hal:
    1. Jurusan kedokteran di UBD pakai bahasa pengantar melayu atau inggris ya?
    2. Libur panjangnya 2x setahun kan?
    3. Kalo boleh tau, biasanya yg lebih diperhatikan utk kelulusan beasiswa ini dilihat dr segi mananya ya kak? Hasil tes TOEFL-nya kah atau yg lain?
    Terima kasih sebelumya..

    • Ahmad Arib

      Waalaikumsalam Hasna
      1. Mesti tanya ke UBD langsung, ato cek web UBD.
      2. Iya
      3. semuanya dilihat menurut kk

  • Putri

    Assalamualaikum kak.. mau tanya tentang kelengkapan dokumen pendukung, apakah Surat Rekomendasi wajib disertakan juga? Terima kasih

    • Ahmad Arib

      surat rekomendasi dikirimkan langsung oleh pemberi rekomendasi Putri

      • Veskia

        Assalamu’alaikum ka aku Veskia aku baru dapet kabar tentang beasiswa brunai ini,, Kalo untuk masuk nya di seleksi dulu atau gimana ya kak? mohon jawaban nya. Terimakasih

  • Darmawan

    assalamu’alaikum…
    mas, mau tanya.
    saya baru dapat info minggu ini & tertarik untuk daftar. cuman sertifkat toefl sy ternyata sdah kadaluarsa. apa bisa melampirkan sertifikat toefl nya menyusul???

    • Ahmad Arib

      waalaikumsalam Darmawan
      Saran saya yah, kamu apply aja pake sertifikat toefl lama ini, sambil bilang kalo kamu bakal ambil lagi toefl dan lampirin lagi nanti hasil toefl yang baru pas udah keluar.
      Kasih tau kapan schedule kamu test toeflnya untuk beasiswa brunei ini

  • Ahmad Mukhlis

    tanpa SKCK bisa kah min?

    • Ahmad Arib

      kaga bisa, mesti ada SKCK untuk daftar beasiswa brunei Mukhlis

  • Atiya Inaya

    Apakah ada tes lain lagi untuk bisa lolos beasiswa ini?atau hanya mengisi formulir pendaftaran saja?

    • Ahmad Arib

      Ada interview lagi buat yang lolos berkas Atiya, oleh tim beasiswa brunei atau universitas yang kamu apply

  • Raihan

    Assalamu’alaikum bang.

    saya ingin mendapatkan beasiswa S1 di UBD. misalkan diterima (Aamiin). nah sy ada baca pendidikannya harus diselesaikan FULL TIME. jadi misalkan ada liburan semester apa boleh balik ke Indonesia?. Terimakasih

    • Ahmad Arib

      waalaikumsalam Raihan
      Aminn keterima, maksudnya fulltime itu yg sekolah datang sekolah tiap hari, fulltime, bukan kelas malam yg karyawan.
      Boleh dong balik ke Indonesia pas lagi libur semesteran.

  • April

    Maaf kak saya mau nanya, apakah harus bisa ngomong/berbicara inggris fasih?
    trus apakah harus ikut toefl dulu?

    • Ahmad Arib

      iyes April, kan belajarnya pake bahasa Inggris, kalo nggak bisa bahasa Inggris gimana nanti belajarnya di Brunei?

  • Dea Putri Iskandar

    assalamualaikum kak. salam kenal aku dari palembang. aku tamatan D3 teknik pengolahan migas, in scope teknik kimia. apakah aku bisa mengikuti program beasiswa ini? saya udah cek bahwasannya Universiti Teknologi Brunei dan Universiti Brunei Darussalam menyediakan fakultas yang sesuai untuk melanjutkan kuliah saya.
    yang kedua untuk sertifikat dan sebagainya, bagaimana cara pentranslate’an yang benar? apakah design sertifikat sama persis hanya saja berbahasa inggris, atau bagaimana? mohon pencerahannya. terimakasih

    • Ahmad Arib

      Mau D3 ke S2 Dea? ditanya dulu ke Univ nya bsa ato nggak, seinggat kk yg bisa ke S2 cuma dr S1 aja.
      Cara translate yg benar? bayar authorized translator, mereka yg kerjain semua, dan legal. Ini cara yg benar.

      • Dea Putri Iskandar

        maaf dari D3 ke S1 kak. bkn D3 ke S2 mksdnya hehe
        ada translator yang recommended kah kak?

        • Ahmad Arib

          D3 ke S1 yang program 2 tahun itu kan ya, agak jarang juga applicable di kasus beasiswa Dea, tapi monggo dicoba aja daftar.
          gag ada, cek google aja Dea 😀

      • Ulil absor

        Assalamualaikum.
        Kak saya ingin daftar di Unissa jurusan bahasa arab. apakah sertif toefl wajib ada, kak??
        Apakah bisa pakai toafl aja?

        • Ahmad Arib

          Pakai TOAFL aja, toh bahasa pengantarnya ntar bahasa arab

      • Emilia

        Halo kak..
        mau tanya Application Code itu diisi apa ya kak?

  • Thofa

    Assalamualaikum bg, kalau kita tidak punya Sertifikat TOEFL dsbg, gmana bg apakah harus ada???
    Dan utk nominasi itu maksudnya apaaan yaa???

    • Ahmad Arib

      harus ada TOEFL.
      Dari pemerintah Indonesia menominasikan kamu sebagai kandidat beasiswa Brunei ini.

      • Adam

        Kalau punya nya TOEIC bagaimana kak? apakah bisa?

        • Ahmad Arib

          silahkan ditanyakan ke kedubes brunei ato nomor yg disediakan diatas ya

  • Resti

    السلام عليم، أخي….
    Syukron untuk infonya yang sangat membantu… saya ingin bertanya untuk apply s2 itu di
    “Page 4: Other qualification
    Jika apply S2, pasti sudah ada S1 atau Diplomanya” berarti kita harus udah lulus s1 dulu ya? sedangkan saya baru lulus tahun ini dan wisuda bulan juni stelah lebaran…
    klo gtu, apa baru bisa ikut tahun depan ya akhi? syukron jazillan, jazakumullah….

    • Ahmad Arib

      waalaikumsalam Resti
      Saran saya, minta SKL ke kampus, dah bsa apply yg skarang kok

  • Yogi sofiyullah

    Assalamualaikum .. Bang perkenalkan saya Yogi, saya mau tanya beberapa pertanyaan terkait dgn apply s2 Brunei 2019
    1. Apakah Ijazah s1 dan transkip yang sdh d terjemahkan, harus d legalisir kampus lagi atau tdk?
    2. Apakah Akta kelahiran dan Pasport juga harus d legalisir, msal: paspor d legalisir berrti harus ke kantor imigrasi. Bgtupun akta, bgtu kah?
    3. Untuk sertifikat harus d terjemahkan juga ya?
    Terimakasih.. smog bsa membantu saya untuk apply s2 .

    • Ahmad Arib

      1. kalo translate dr authorized translator gag perlu lg legalisir kampus. Tp kalo kampus yg keluarin terjemahan englishnya mesti ada legalisir kampus.
      2. Akta ke Dukcapil, minta aja pembaharuan akta versi b.ing, udah ada kok skarang. Paspor iya ke imigrasi.
      3. Iya
      Moga lolos apply beasiswa s2 brunei nya Yogi

      • PEI

        mohon maaf kak, kemarin saya udah ke kantor imigrasi. cuma katanya paspor tidak boleh lagi di legalisir sejak tahun 2012. mohon pencerahannya terimakasih

  • Shahnaz

    Kak,kalau untuk seleksinya bagaimana? Harus tes toefl ya? Terus ada ga kriteria rata” rapot?

    • Ahmad Arib

      iye harus toefl dan gag ada syarat nilai rata2 rapot untuk beasiswa brunei ini

  • Rizal fathurrohman

    Assalamu’alaikum ka ahmad
    Saya mau nanya kalo semua berkasnya harus di translit dulu apa ngga?

    • Ahmad Arib

      Waalaikumsalam Rizal, iya harus di translit dlu yang masih bahasa Indonesia

  • Triana sofiani

    Maaf, yg dimaksud dngn security vetting apa sm dngn skck ?
    Jika tidak sama, kmn hrs mncari security vetting?

  • Aulia

    Assalamu’alaikum kak, saya mau nanya, kalo beasiswa ini bakal ada setiaptahun atau gimana?soalnya saya masih kelas 2 sma, tapi mau coba siapin dulu dariskrg, insyaallah mau ngedaftarnya taun depan.

    • Ahmad Arib

      sejauh ini selalu ada tiap tahun Aulia, coba disiapin aja dri sekarang, nanti dekat2 waktunya langsung apply

  • Mauludhanti

    Kalo saya berminat tp saya baru mau lulus SMA tahun ini, ijazah nya bagaimana?

  • Qurba

    saya kurang paham di bagian
    4. Statement of Purpose– lihat di formulir
    5. Salinan akte kelahiran dan paspor yang telah dilegalisir
    6. Salinan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
    7. Terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris untuk masing-masing dokumen aplikasi yang berbahasa Indonesia
    8. Medical check up & Surat keterangan Kesehatan dalam bahasa Inggris

    … apakah semua dokumen salinan yang sudah di legalisir itu harus terjemah bahasa inggris? dan di ketik ? jadi dokumen ini dijadikan satu kedalam pdf minimal 10mb kan? kemudian kirim email apakah bener? mohon maaf jika banyak komentar, terimakasih semoga jawabannya memberikan wawasan

    • Ahmad Arib

      iya mesti di terjemah ke bahasa Inggris, dan dikirim ke email Qurba

  • Danin

    mau tanya nih ini seleksi nya dmna? lewat jalur rapot dan dokumen2 saja atau ada seleksi ujiannya?

    • Ahmad Arib

      pertama seleksi online berkas, kemudian ada interviewnya juga

  • Ilu..

    Assalamualaikum kak,kak punten mau nnya klo misalnya pake surat pengabdian gtuh gmna bisa ngga ?soalny ijazah ny kluar ramadhan..

  • Ranu

    Jurusannya apa saja?

    • Ahmad Arib

      cek web masing2 Ranu untuk jurusan beasiswa Brunei ini

  • Gradiska Oktaviya

    Halo selamat sore.
    Saya ingin menanyakan perihal reference letter.
    Apakah reference letter diketik atau ditulis?
    Apakah yg telah diisi oleh rekomendator hrs di scan (krn ad ttd) dan masuk ke lampiran saya bersama dgn form lain? atau rekomendator lgsg mengirimkan sendiri via email?
    mohon penjelasannya

    • Ahmad Arib

      Bisa ditulis tangan reference, kemudian d TTD oleh pemberi referensi, setelah itu dikirim via email langsung oleh rekomendator itu sendiri (menurut formnya)

  • Rahul AM Azhar

    Assalamu’alaikum kak Ahmad, saya mau tanya nih kak. Saya kan masih kelas XII dan belum punya Ijazah SMA (USBN kan maret nanti), sedangkan deadline pendaftarannya 28 Februari, jadi gimana ya kak? Apakah untuk ijazah SMA tersebut memang diperlukan sekarang juga? Atau bisa nyusul setelah menerima ijazah nanti?

    • Ahmad Arib

      bisa bikin SKL (Surat Keterangan Lulus) dulu Rahul untuk apply beasiswa Brunei ini, nanti baru menyusul ijazah kamunya

  • Ilu

    Kak kalo misalnya tanda kelulusan nya pake surat pengabdian bisa?
    Kan ijazahnya baru kluar ramadhan nanti kak.makasih kak

  • Farah

    Assalaamu alaikum.
    Di brunei itu untuk teknik paling bagus di universitas mana? Ada info kah?

    • Ahmad Arib

      tergantung jurusannya apa, bisa cek web masing2, namun di Univ diatas yg di list bagus2 semua

  • Bu lilik

    Assalammualaykum…
    Mengurus surat ket.di kemenlu brp hari ya?apakah masih sempat ikut daftar yg ditutup tgl 28? Berkas yg hrs dibawa ke kementrian luar negri apa aja?

  • Ilu

    Kakak punten kalo misalnya pake surat pengandian sebagai tanda lulus bisa ngga kak,soalnya ijazah cuma bisa di ambil bln ramadhan kak..makasih

  • Bu lilik

    Mengurus surat keterangan dikementrian luar negri sbg syarat butuh waktu berapa lama ya dan berkas apa yg hrs dibawa? Krn skrg sdh tgl 8 feb dan hari sabtu apakah bisa selesai unt ikut daftar yg berakhir tgl 28 feb 19

    • Ahmad Arib

      bisa dihubungi kementriannya Bu Lilik, saya kurang tahu

  • Irsan Ardiyansyah

    ka, untuk persyaratan TOEFL minimal score nya yg harus berapa? soalnya saya baca2 ko gak ada rekomendasi buat TOEFL scorenya. terima kasih

    • Ahmad Arib

      Saya juga baca2 gag ada Irsan, mungkin mengikuti di syarat kampus yg akan kamu apply buat beasiswa Brunei ini, bisa dibaca di web kampus yg kamu mau apply deh.

  • Salsa

    Kalo belum punya paspor bagaimna? Teros entar tempat tinggalnya emang udah disediakan atau kita nyari sendiri?

    • Ahmad Arib

      Salsa, semua beasiswa ke luar negeri harus ada Paspor, terus kalo belum punya paspor kira-kira gimana? coba pikirkan sendiri dulu deh mesti bagaimana.
      Tempat tinggal di Brunei biasanya udah ada kampus dormitory, atau dibantu dicarikan off-campus resident, jangan khawatir mengenai tempat tinggal.
      Khawatirkan aja dulu seleksinya, seleksi beasiswa luar negeri itu berat, apalagi kalo belum punya paspor 🙂

  • Putri indriyani

    Assalamualaikum kak, kak mau nanya,
    Apabila semua dokument yg di butuh kan serta formulir yg di tulis tangan itu sudah selesai lalu di scan dan di terjemahkan ke bahasa inggris, setelah itu cara mengirimnya via e-mail nya bgaimana kak ?
    Apa melalui pos ?

    • Ahmad Arib

      Waalaikumsalam Putri, seingat kk formnya mesti diketik Put, gag ditulis tangan, coba baca2 lagi di form halaman pertama (Each applicant must complete this form by typing; handwriting in this case is not allowed.)
      Kirim via email aja, mereka minta via email aja, gampang.

  • Helen

    Assalamu’alaikum kak
    Maaf kak stelah saya baca panduan pendaftaran kok dinyatakan bahwa untuk beasiswa S2 kualifikasinya 3,7 sedangkan saya hanya 3,64 apakah masih bisa ka ?

    • Ahmad Arib

      Waalaikumsalam Helen, wah, dimana itu syarat IPK 3,7 Bisa tunjukkan ke saya? saya belum ada baca syarat IPK.
      Tiap kampus mungkin iya ada syarat2 IPK nya sendiri, tapi kalo beasiswanya sendiri saya belum baca ada syarat minimal IPK nya

  • Gita

    Mas, mau nanya nih. Apakah ada ketentuan syarat berapa nilai IPK ketika di S1 untuk lanjut ke S2nya ya?
    terimakasih..

    • Ahmad Arib

      sejauh yg saya tahu tidak ada Gita

  • hafizha

    kak name programm itu fakultas atau gimana?

    • Ahmad Arib

      nama jurusan Hafizha, masukin fakultas sekalian ok juga

  • Fiqri maulana

    Assalammualaikum bg, dokumen dokumen yang di jadikan b.inggris seperti ijazah tu kayak mana urusnya bang?

    • Ahmad Arib

      waalaikumsalam Fiqri, pake jasa namanya autorized translator, bisa di google

  • Reni dayanti

    Assalamualikum ..kak ahmad arif boleh mintak kontak WA..ada yang perlu ana tanyakan

    • Ahmad Arib

      silahkan ditanya disini aja Reni, saya buka webnya rutin dan jawab rutin, kalo whatsapp sama email hanya untuk keperluan kerja saja, yg personal gag saya balas2, kadang sibuk.

  • Husein

    Assalamualaikum. Sya mau ikut porogram s 2. Tp saya blum bisa b. english.
    Terus ada gak Ketetapan maksimal IPK ijazah S1?… Syukran?

    • Ahmad Arib

      Waalaikumsalam Husein, mesti bisa b.ing, karena bahasa pengantar di sekolahnya b.ing. Kalo belum bisa ya belajar dlu sampe bisa, baru apply.
      Gag ada syarat IPK S1.

  • Misbah

    Assalamualaikum kak , saya mau nanya masalah translate bahasa Inggris nya , itu apa harus melibatkan pihak sekolah? Misalkan kita translate sendiri d aplikasi gmna kak? Mohon respon nya

    • Ahmad Arib

      pake jasa namanya authorized translator, bisa di googling Misbah

  • Mo Muthohir

    Assalamu’alaikum mas arib kalo S1 nya dr luar negeri semisal timur tengah yang bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Arab apakah perlu menyertakan TOEFL?

    • Ahmad Arib

      Waalaikumsalam Mas Muthohir, gag perlu mas, selama apply S2-nya jurusan dengan bahasa pengantar Arab juga dengan beasiswa brunei ini 🙂

  • MIftah

    Assalamualikum wr, wb
    mau bertanya dibagian atas ada dijelaskan bahwa program beasiswa ini untuk tahun akademik 2019-2020, sedangkan dibagian bawah ada tertera bahwa ” penerima dibebaskan dari membayar biaya kuliah dan biaya wajib lainnya yang ditentukan oleh universitas selama program ”
    apakah ini berarti biaya kuliah hanya ditanggung untuk tahun akademik pertama ? dan sisanya di bayar menggunakan uang pribadi ?

    • Ahmad Arib

      Waalaikumsalam, Tahun akademik 2019/2020 artinya masuk Agustus/Sept 2019. Ini beasiswa full Miftah, sampai lulus ditanggung beasiswa Bruneinya.

  • Wawa

    Halo, makasi ya udah dibuat artikel ini,,

    Nah barusan buka link terbaru buat apply agustus ini 2019
    Linknya ini http://mfa.gov.bn/Pages/bdscholarship.aspx
    Terus gada buat apply s3. Itu brati tahun ini ga dibuka donk ya? *make sure*

    Sama untuk TOEFL kan aku ambilnya IBT itu minimum scorenya berapa ya? *udah ubek2 website tapi ga nemu tapi mau nanya ke sini dulu sebelum email langsung ke sana ^^*

    Makasi sebelumnya 🙂

    • Ahmad Arib

      Wah iya, gag dicantumkan S3 nya, agak aneh sih soalnya tahun2 sebelumnya selalu ada buat S3, malah kadang banyak ambil S3.
      Dan mereka pake term Postgraduate master degree, biasanya Postgraduate buat S3, Graduate buat S2, Undergraduate S1. Membingungkan.
      Bisa mohon ditanyakan ke emailnya mba Wawa, tahun ini eligible ato nggak buat apply S3?
      TOEFL ITP katanya menyesuaikan ke requirement kampus masing2.

  • Tikaa aryanti

    Kak untuk trslator yang murah d mna yah kak?

    • Ahmad Arib

      Googling Tika, kk gag ada rekomendasi, dah lama diluar, gag update harga pasaran authorized translator berapaan dan mana yg murah.

  • Nouna amu

    Assalamu’alaikum…
    Kaka boleh untuk mahasiswa asal Maluku… terus utk jurusan Master pertanian universitas apa yg baik…

    • Ahmad Arib

      yang Univ list diatas bagus semua Nouna, cek aja masing2 link web Univ nya, pastikan ada jurusan master pertaniannya

  • Munir Amrulloh

    Kak bisa minta contoh application form yang sudah diisi? saya bingung mau ngisi, kalau ada tolong kak kirim via email, dan apakah jika ada yang tidak terisi di appication form nanti gak lulus berkas? terimakasih

    • Ahmad Arib

      kagak ada Munir yg sudah diisi, panduan mengisi diatas sudah ada kan jelas?
      Lebih baik diisi semua formnya

  • Dina Siti Logayah

    Mau tanya, apa boleh membawa keluarga?

    • Ahmad Arib

      boleh, gag ada larangannya, cuma gag di tambah aja living allowancenya.
      Kalo mau coba cek LPDP tahun 2019 ini, belum keluar sih infonya, namun yg jelas ada tambahan Living Allowance kalo bawa keluarga untuk penerima beasiswa LPDP.

  • Nadiya

    Kak mau tanya..saya diploma 4 mau ambil s2..nah harus ada pengalaman kerja dulu gk?

    • Ahmad Arib

      banyak yang nanya sama kayak Nadiya, cuma kadang d luar negeri D4 gag disamakan seperti bachelor degree, dan untuk S2 d luar negeri mesti ada bachelor degree setau kk.
      Pengalaman kerja gag wajib untuk S2 manapun, kecuali MBA, biasanya request minimal 2 tahun work experience.

  • Ummu Fatih

    Pengen banget nyobain sekalipun udh emak2 dan usianya mepet ke 35. Tapi bahasa inggris saya kurang. Bahasa arab pasif..

    • Ahmad Arib

      silahkan dicoba Bu, masih memenuhi syarat kok

  • Mujibud

    Yg rekomendasi dr dosen itu pk bahasa indonesia/inggris? Trus yg sertifikat, piagam, hrs di translate k bhs inggris/ cuma di foto aja? (Yg aku faham cuma nilai raport hrs di terjemahin)

    • Ahmad Arib

      Semua wajib b.inggris bro.
      Rekomendasi dosen inggris.
      Sertifikat, piagam, dll, mesti ada versi inggrisnya, bisa request ke authorized translator, bayar 75rb/lembar

  • Vessàlius

    Maaf kak mau nanya, apa untuk program beasiswa S1 apa calon peserta wajib memiliki sertifikat kemampuan Bahasa Inggris seperti TOEFL?

    • Ahmad Arib

      kalo S1 bahasa pengantar b.ing saya kira wajib ada, atau b.arab kalo pengantarnya arab.
      Karena sekolahnya gag pake bahasa Melayu, serta Indonesia juga bahasa pengantar sekolah kita bukan b.inggris atau b.arab.
      Kecuali kamu SMA di Australia, Inggris atau Amerika yg pengantarnya jelas2 b.ing, maka gag wajib ada sertifikat kemampuan b.ing

  • Delsi

    Maaf mo tanya..kalau ijasah boleh menyusul at syarat wajib? Soalnya anak saya baru un april nanti..

    • Ahmad Arib

      Bisa menyusul Bu Delsi, minta sama sekolahnya untuk buat surat keterangan masih bersekolah dan akan lulus Juni 2019 saja.

  • Mutya

    Kalau yang mengirim email langsung dari refree itu gimana ya maksudnya? Apa sekalian dengan data-data kita atau bagaimana?

    • Ahmad Arib

      Sepemahaman saya ya Mutya kalo baca dari application formnya, ini referee mesti kirim email sendiri, gag barengan sama data2 kita, dari email mereka masing2. Bisa tanya ke email yg disediakan Mutya, konfirm disini ya jawabannya.

  • Sri Agustini

    Terima kasih Mas Ahmadarib sdh berbagi informasi,sy sangat membutuhkan untuk putra saya,semoga Allah membalas dengan banyak kebaikan

    • Ahmad Arib

      Amin, sama2 Bu Sri Agustini, mohon dibaca ulang artikelnya Bu, barusan saya update dengan informasi terbaru.

  • Nuri andini

    Assalamualaikum kak..
    Saya nuri andini dari aceh/indonesia,,
    Saya ingin sekali sambung kuliah S2 ke luar negeri,, tapi saya toefel dan toafel sangat terbatas kak.. Bisa dibilang kurang lancar berbahasa inggris dan bahasa arab,, apa kah saya bisa ikutan daftar beasiswa S2 ini ke brunei darussalam kak,, mohon respon nya kak

    • Ahmad Arib

      Waalaikumsalam Nuri, saran kk kamu belajar dlu bahasa Inggris, sambil kerja gitu, S2 bisa menanti kok, batas apply beasiswa2 S2 rata2 di usia 35 tahun, santai aja, gag mesti buru2. Siapkan beneran dlu, baru apply beasiswa S2nya, ada banyak kok beasiswa S2.

  • Wina Wakidi

    Assalamu’alaikum.. Kak, saya bingung tahap pertama nya harus apa dulu yg di persiapkan.. Mohon bantuannya kak..

    • Ahmad Arib

      Silahkan dibaca ulang postingannya Wina, kk barusan update dengan info terbaru, lengkap banget.

  • arin dzikri

    assalamualaikum min, apa ada seleksi lagi untuk mendaftar kesananya? setelah kita memenuhi persuaratan, makasih seblumnya min 🙏

    • Ahmad Arib

      iya dong Arin, ini kan akan diseleksi bersama Pemerintah Brunei sama kampus yang kamu pilih, beberapa yang lolos seleksi berkas tahun2 sebelumnya bilang juga ada seleksi interviewnya

  • daris aprinaldi

    kak mohon informasinya ya kk ttg beasiswa di unissa dg bahasa inggris yg kurang? makasi kk

  • daris aprinaldi

    kak bagaimana informasi ttg tahun ajaran 2019-2020 di unissa dg beasiswa & saya kurang paham juga dg bahasa inggris?

    • Ahmad Arib

      barusan saya update, silahkan dibaca, dan diapply, deadlinenya akhir Feb ini

  • lusi Ruspitasari

    Assalamualaikum w.w
    kak aku ngebet banget pgen dapet beasiswa kuliah LN, tapiiii
    aku ada riwayat Hepatitis,
    gimana ? apakah benar-benar tidak bisa apply ?
    😑 apa semua beasiswa harus ada Surat ket berbadan sehat.
    I really need this information.
    😐

    • Ahmad Arib

      Semua beasiswa harus ada med check lusi Ruspitasari, semua yang ke luar negeri. Kalau memang terbatas di kesehatan lebih baik di dalam negeri aja, kualitas kuliah di dalam negeri tidak kalah bagus kok dengan LN

      • Fitrotul 'Izza

        Assalamu’alaikum wr.wb, saya Fitrotul ‘Izza kelas 12 MAN mau bertanya. Caranya supaya kita bisa tau bahasa pengantar tiap program jurusan itu bagaimana ya?

        • Ahmad Arib

          bisa cek di web masing2 yang ada linknya di postingan diatas Fitrotul ‘Izza

      • MUHAMAD WAHID IBRAHIM

        Afwan kak, saya ibrahim dari Magelang. Mau bertanya untuk isian dokumen yang wajib diisi Kantor Pemerintah berikut (Initials of verifying officer), berupa tulisan, simbol (Centang, dll), atau seperti apa ya? hehehehe

        Syukron, wa jazakumullohu khoiron

        • Ahmad Arib

          sepertinya ya TTD dan cap sih ya Ibrahim, kalo untuk endorsement dr Pemerintah

  • Alivia

    Untuk program s1 apakah perlu bukti tes toefl atau toafl yang sesuai dg bahasa pengantar di kuliah

  • Dimas M. Ghozali

    Assalamu ‘alaikum, Mohon maaf sebelumnya.
    Mohon izin bertanya, saya ingin menanyakan terkait dengan apply beasiswa S2 (Master by Research) pada bidang Islamic Finance menggunakan bukti tes bahasa inggris TOEFL/IELTS/TOEIC sebagai persyaratan?
    Terimakasih.

  • halimah putri berlian

    assalamu’alaikum kak saya berlian saya kelas 12 man sekarang saya kepingin dapat beasiswa di UNISSA mohon info dan bimbingannya untuk tahun 2019 kak terima kasih sama mnta kontakya makasih 🙂

  • anaistawa

    assalamualaikum ka,, saya anaistawa mau masuk ke Universitas Brunei Darussalam
    , health sience .. mohon info nya ka,, bisa minta kontak kaka?
    saya mau banget ka masuk brunei..

  • Utami Putri

    Halo pak ahmad, terimakasih atas penjelasannya. Saya ada beberapa pertanyaan:
    1. Bagian surat rekomendasi C1 dan C2. Ada pertanyaan : “Courses applied”. Itu kita isi course yang mau kita apply ke universitas brunei ya? Kalo iya, pilihan kita kan ada 2, jadi gimana? Atau apakah itu course yang pernah kita ambil waktu kita di Bachelor degree (kan minta rekomendasinya ke dosen kita saat ngambil S1).
    2. Untuk pendaftaran 2018 yang tutup 28 Feb 2018, di web nya sih ngomong ngirim dokumen by email aja, tapi beberapa tahun sebelumnya lewat pos ya? Ini beneran aturan baru ya? Sy takutnya malah sy salah paham.
    Trimakasih.

  • vilisya

    kak mohon dibalas ya
    saya ingin apply beasiswa Brunei tahun ini
    di awal applikasi formnya ada minta programme name dan code
    apakah itu harus diisi dan bagaimana kita tahu kode programnya ?
    terimaksih kak

  • Ridho Prayuda

    kak, saya dari ridho dari bengkulu , nah saya mau nanya mngenai lembar 13 dan 14 itu ambilnya dimana ya kak? di bkl dimana badan pemerintahnya kak ?

  • cindy

    kak aku udah baca buku kk yang S1 gratisan dalam dan luar negeri, aku mau ambil S2, untuk ijazah dan transkrip nilai kk terjemahin nya dimana? di penerjemah tersumpahkah? atau ada lembaga pemerintahan yang khusus menerjemahinnya dan biayanya brp ya kak?

  • yeni

    Assalamualaikum kak
    mau tanya untuk yang application code kita dapatnya dimana kak?
    dan untuk minta rekomendasi dari dinas form kita yang bawa kak?apakah boleh tau contoh form nya kak?

  • Starie Osa

    maaf mas, ada contoh pengisisan formulir pendaftran beasiswa brunai ndak..? kalo ada mohon bantu ya,,tolog kirimkan ke emal saya (Stariosha04@gmail.com). terimkasih

  • Tiqoh

    Kak kalau daftar S2 harus bikin proposal thesis dulu atau gimana ya?

  • Bimo

    Kalau di kota kita gk ada kantor kementerian luar negeri, apa bisa minta surat rekomendasi dari dinas pendidikan?

    • Ahmad Arib

      beberapa yang apply tahun lalu bilang ok, tp beberapa lagi bela2in ke kantor kemenlu, silahkan dicoba mana aja yang cocok bro Bimo

  • bimo

    SD,SMP dan SMA/SMK nya gk perlu di Inggris kan bang? misalnya SMK vocational high school gtu?

    • Ahmad Arib

      maksudnya? daftar untuk apa nih Bimo? kalo S3 iya gag perlu SMA/SMK nya gitu, kalo daftar S1 ya perlu dong

  • Kholif Badarul

    Kak kan pengiriman berkasnya pada bulan maret,pada bulan maret baru kelar ujiannya jadi data ijazahnya belum keluar. Jadi harus nunggu tahun depannya gitu ya buat mengajukan beasiswa dan mengirim dokumennya karena baru keluar ijazahnya,mohon dijawab. Terima Kasih

    • Ahmad Arib

      Kalau kamu baca-baca komentar di bawah, inisudah dijawab lho, yakni dengan bikin namanya SKL, Surat Keterangan Lulus yg diinggriskan

  • nurfatima zuhro

    permisi kak, mau tanya. apakah pemerintah brunai juga memberikan beasiswa kuliah untuk anak yang hafal qur’an ? bisa memberikan info lebih lanjut ? khususnya info untuk tahun2019/2020. terimakasih

  • m.Tholut

    saya udah melalui tahap interview, terus udh dikasih offer letter juga, cm kok belum ada pengumuman terkait ini via email dan personal yak? padahal kl lihat d blog2 para penerima beasiswa, abis di kasih offer letter trs mereka tolak, kemungkinan besar itu menandakan kl mereka d terima..

    • Ahmad Arib

      maksudnya offer letter, ada beberapa yang bilang sudah interview kemudian juga sudah dapat penawaran namun gag dapat beasiswanya, dapat yang bayar sendiri

  • arofah

    kak, boleh minta CP nya?
    Kak, saya lolos untuk univ. nya di UNISSA, tetapi ditawarkan offer letter biaya sendiri. Kalau kaya gitu berarti kemungkinan saya lolos nggak beasiswa nya.
    Kalau biaya sendiri berat hehe

  • Juliana Emma

    Hai mas,

    kira kira berapa lama sih tenggat waktu dari tanggal deadline aplikasi (13 Maret 2017) sampai pengumuman peserta yang lolos ke tahap seleksi berikutnya, berdasarkan pengalaman mas dulu? Memang dari pihak mofatnya sudah notified kalau tiap prospective awardee bakal di kontak langsung via email atau telpon dan tidak akan di publish di website resmi mofat.But I guess you know exactly how it feels to wait for such a thing, don’t you? 😀
    Thank you in advance.

    • Ahmad Arib

      Hi Jualana, hmm, sebenarnya udah ada yang kasih tau ke saya sih kalau dia udah di interview sama dosen dari Univ di Brunei, sekitar tengah April.
      If until now you still didn’t get anything, perhaps it’s a sign to try another way 🙂

    • Ulfa segaf

      Ass, kak saya ingin bertanya jika saya tamatan D4 keperawatan apakah nantinya saya ngelanjutin ke S1 atau S2? Trus untuk masalah TOEFL apakah diwajibkan ? Sementara dari kampus saya sendiri tidak pernah menyelenggarakan TOEFL. Maaf jika pertanyaan terlalu banyak ya kak, terimakasih sebelumnya kak. Wassalam

      • Ahmad Arib

        Duh, D4 ke S2 sulit deh kayaknya Ulfa, administrasinya yg kk baca untuk ke S2 cuma bisa dari S1 yang program Brunei ini.
        TOEFL sebaiknya ada, tpi kalau jurusan kamu bahasa Arab dan sejenisnya tentu gag perlu.

        • zakiah

          Kak kalau tidak bisa berbahasa inggris apakah bisa lolos ?

        • Rahma

          Tidak bisa sama sekali ya kak, D4 ke S2 di brunei terutama lulusan kesehatan?
          Terima kasih sebelumnya kak

  • Ajeng Khalili

    Assalamu’alaikum kak
    kira2 untuk pengumuman yg lolos itu, biasanya kapan ya? dan lewat via ap?
    terimakasih

    • Ahmad Arib

      dihubungi via email personal Ajeng, kalau kamu hingga saat ini gag dihubungi rasanya gag lolos, karena beberapa minggu lalu ada salah satu pembaca blog yang udah interview via skype sama dosen dari Univ di Bruneinya, dia bilang sekarang tinggal tunggu pengumumannya aja lagi.

  • Awan maulana

    Assalamualaikum
    Saya awan kak untuk persyaratan semua dalam bahasa inggris ? Terima kasih

  • Isro diah harun siregar

    Kak kmrin isro nanya ke brunei nya intended qualification
    Dan ini jwbn nya

    Wa’alaikumsalam,

    Intended Qualification is the name of the programme that you are applying for.

    Jd subjects nya diisi kumaha kak ?
    Mohon jwb nya…

  • silvia lucky nilasari

    kak mau tanya kalau akta sama ijazahnya dan raport nya kan pake bahasa indonesia itu harus diterjemahkan ya kak, netermahinnya kemana, terima kasih

    • Ahmad Arib

      iya, terjemahin ke authorized translator, googling ada banyak

  • Zahara

    Permisi ka, kalau akte sama paspor itu dilegalisir nya sama siapa ya? Bisa sama pihak sekolah tidak ya?
    Terus akte juga perlu di translate juga? Terimakasih banyak ka arib:)

    • Ahmad Arib

      akte minta ke Dukcapil untuk bikinkan yg versi Inggrisnya, bayar murah, ntar copy aja gag perlu legalisir.
      Paspor kan udah b.ing, copy aja gag perlu legalisir

  • Diaan

    Kak, sertifikat toeflnya wajib ya kak?

    • Ahmad Arib

      lebih baik ada, wajib nggak tergantung kampus yg diapply

  • Diaan

    Assalamualaikum kak.
    kak saya belum punya ijazah kak, tapi saya akan lulus di tahun ini kak. Apa bisa syarat ijazahnya diganti dengan surat keterangan akan lulus dari kepala sekolah kak? saya mau daftar beasiswa mofatnya kak

  • sohib

    skck kan udah berbahasa indo n english
    masih harus diterjemahkan ke bahasa inggris ka?
    apa pake yg asli indo n english?

    • Ahmad Arib

      gag usah terjemahkan lagi Sohib, kasih copyannya aja

  • Vaya Lazuardi

    Assalamualaikum.. Saya Vaya.
    Mohon maaf apabila saya menanyakan hal yg sudah terjawab. Tahun lalu sy mendaftar melalui skema beasiswa ini. Saya sudah melalui tahap interview, revisi proposal sampai 4x, dan sudah diterima di kampus UBD. tapi saya tdk ada email dari Mofat brunei (saya anggap sy tdk lolos beasiswa). Saya tahun ini mencoba apply beasiswa lagi. hanya saja kendalanya adalah, mengenai endorsed Ministry. Tahun lalu saya melalu departemen pendidikn (asumsi saya sih krn ijazah yg ngeluarkan kemendikbud). Tp tahun ini saya coba cek di webnya Kemenlu, kalau mau ‘legalisir dokumen’ harus melaui Dit Perdata lalu Kemenhukum dan Ham setelah itu baru ke Kemenlu. Asumsi saya, form endorsement yg dibutuhkan utk aplikasi brunei tdk sejenis utk legalisir dokumen (CMIIW). Jadi apakah harus melalui proses panjang legalisir atau cukup di kementrian terkait yg ada bagian beasiswanya? Saya bingung krn sudah tgl segini dan saya di timur jauh Indonesia (Kupang).
    Terima kasih pencerahannya.

    • Ahmad Arib

      Hai Vaya, pertanyaannya unik kok, belum ada yang tanya, dan belum ada yang sejauh kamu juga processnya yang komentar disini 😀
      hebat udah sampai diterima di kampus UBD nya, udah dapat LoAnya dong berarti ya, kenapa nggak sekalian apply LPDP aja Vaya? Lebih gampang kalau udah ada LoA, ambil tujuan ke Asean lagi, dari Timur jauh Indonesia lagi, duh langsung lolos deh saya jamin. Buat S2 atau S3 kan, ada revisi proposal soalnya, kalau S1 LPDP gag ada. Saya S2 beasiswa LPDP anyway.

      Cek komentar Arofah dan reply saya dibawah, barusan hari ini updatenya, saya rasa bisa di Kemendiknas lagi saja, di daerah Kupang sendiri, dengan mekanisme yang saya jelaskan di bawah harusnya bisa dan memenuhi syarat kok.

  • Satrina

    Salam kk, saya belum register ke website UBD, soalnya pas aku klik eh g bisa alias error, apakah ada solusinya?

    • Ahmad Arib

      coba lagi aja, biasanya connection error, kalau masih error juga email ke admission UBD nya Satrina

  • Risa

    Salam, kak mau tanya
    karena domisili jauh banget dari Jakarta, apakah bisa ya minta endorsement ke Kemenag wilayah…? thank kk

    • Ahmad Arib

      cek komentar Arofah dan saya di bawah Risa

  • Arofah

    aku tanya terkait yang endors itu ke email nya brunei kak, jawabnya gini:

    The relevant authorities in your area (e.g. Ministry of Education or Higher Education Department) OR the National Focal Point who responsible for the Brunei Darussalam scholarship.

    • Ahmad Arib

      Hi Arofah, thanks banget ya buat updatenya, yang lain mari gunakan informasi ini.
      Menurut saya, relevant authorities in your area (jadi gag mesti ke Jakarta, in your area saja, minimal kota atau provinsi kamu lah, misal saya tinggal di Bengkulu, mungkin saya bisa minta endorse dari Kemendiknas Bengkulu, seharusnya lebih gampang, toh harusnya juga ada yang kenal kan, masa gag ada yang kenal orang Diknas setempat, Ayah saya orang Diknas anyway, hahaha). Dan saya yakin orang Diknas Bengkulu gag bakal paham cara isinya seperti apa, nah itu tugas saya untuk menjelaskannya, ini isi apa, ini nama siapa, ini cap apa, atau paling biasanya saya tanya dulu ke orang Diknas (pake bahasa Bengkulu), saya tulis tangan di form (pake English), kemudian saya ketikin di form yang baru (pake English), baru minta tanda tangan dan cap mereka, selesai, urusan saya kelar dengan cepat, memenuhi persyaratan, serta nggak merepotkan serta membingungkan orang Diknas.

  • M SELAMET EVRY PRATAMA

    assalamu’alaikum k sblmny ana mau ngenali diri ana terlebih dahulu
    kk ni ana mau nnya klau kta udah lengkapi formulir online apakah nama kita sudah terdaftar?dn apakah bleh ngrimi berkas2 nya via email aja ngak langsung ke sana ?
    Jazakallahukhairon

    • Ahmad Arib

      form online kampus kan? kalau iya sudah berarti, kalau mau lebih pasti email saja kampusnya Selamet.
      Berkas2 kemana nih? yang beasiswa bruneinya HARUS via email, kalau yang kampus mesti tanya ke masing-masing kampus.

  • Ahmad

    Permisi admin, Gmn prosudur untuk mengaply beasiswa s3? Terima kasih

    • Ahmad Arib

      proses apply generalnya sama Ahmad, namun proses apply masing2 kampus bakal beda, karena S3 kan research semua, maka harus cari professor supervisor dulu biasanya, di research area yang kita apply, kalau dia oke, baru minta acceptance letter dan ikuti mekanisme kampusnya.

  • wisuda

    Assalamualaikum ka
    Maaf mau tanya, saya lulusan d3 kebidanan mau lanjut ambil beasiswa nih dan ada info dr web kakak yg saya tanyakan kalo dr d3 itu saya ambil s1 gt atau gimana ya karna program kuliah tiap negara ada yang berbeda setau saya, dan kalau ada transfer d3 ke s1 itu universitas/negara mana ya yg ada dan apakah syaratnya harus ada TOEFL
    Terimakasih, maaf banyak tanya

    • Ahmad Arib

      nah ini mesti ditanyakan ke panitianya, karena beasiswa brunei offer juga beasiswa untuk diploma, dijelaskan juga di atas ada. Dan coba email ke pihak kampus Politeknik brunei diatas, cek webnya, tanyakan requirement masuk kalau kamu gimana dan lanjut program apa namanya disana Wisuda

  • Sidqi Al Ghifari

    Lucu lucu pertanyaan nya , yang jawab harap sabar ya hahah

    • Ahmad Arib

      bantuin jawab bro, biar ikutan bersabar juga 😀
      namanya tanggung jawab moral bro, ane sebagai anak yang kuliah S1 & S2 (Insya Allah nanti S3 juga) full dibayarin beasiswa mesti bantuin yang lain buat kuliah gratisan juga, makanya ane tetap jawab semua, selucu apapun pertanyaannya, walau memang mesti sabar, udah terkenal emang anak Indonesia banyak yang malas baca, nanya duluan, padahal udah dijelasin di teksnya. Mudah2an siapapun yang baca komentar saya baik dari kemaren2 maupun yang ini bisa mulai membiasakan diri membaca. Jujur, yang dapat beasiswa itu rata-rata yang mau membaca dengan lengkap semua prosedurnya, membaca semua komentar dari awal sampai akhir, Inysa Allah apapun pertanyaan sama issue yang ente hadapin ada saya jelasin di postingan diatas atau salah satu dari 700an komentar dibawah, sumpah, ini postingan usianya udah 3 tahunan, udah 3 periode update beasiswa Brunei, Insya Allah udah yang paling lengkap. kalaupun belum dapat, berarti rejekinya bukan disini, ada banyak negara lain, ada banyak beasiswa lain, ada banyak pintu rejeki yang lain 🙂

  • Icha

    Assalamu’alaikum kak, saya pernah baca artikel kalo mau daftar beasiswa S2 UBD melalui GBDS juga mengirimkan proposal penelitian begitu? seperti apa proposal yang dimaksud yaa kak?

  • Hafizh

    Assalamu’alaikum mas Arib, mhn maaf sy ingin bertanya beberapa hal:
    1. Berkas2 yg sdh lengkap, apa cukup di scan dan langsung dikirim via email saja?..atau harus dikirim hardcopy.nya jg?..
    2. Alamat email yg dituju untuk mngirim references, email yg ini (applyBDGS2017@mfa.gov.bn) atau yg ini mas (scholarship@mfa.gov.bn)?..
    Trus yg mengirim references.nya itu apa dosen kita yg ngasi reference itu mas?..
    3. untuk surat keterangan sehatnya, baiknya cukup yg dr puskesmas atau jg medical checkup dr RS mas?..
    Terima kasih

    • Ahmad Arib

      1. via email saja
      2. applyBDGS……
      Dosen yg kirim sendiri reference pake email si dosen
      3. Dua-duanya oke, meskipun saya sendiri kalau apply prefer ke RS

  • Kamila

    Medical Check Upnya yg harus kek gimana ini? Ditanyain ama susternya mau yg gimana, soalnya beda2. Aku jdi bingung gk bs jwb -_-

    • Ahmad Arib

      cari formatnya online, bawa ke susternya, mereka yg isi, TTD sama cap. Formatnya pake apa aja, gag da yg salah, karena panitianya gag ngasih format Kamila

  • sohibul

    assalamualaikum ka 🙂
    saya mau tanya kak
    1.kewajibannya kan passpor ka, sekarang udah tanggal 27. bisa selesai ya kak?
    2. harus ke kemenlu yg ada di jakarta lagi?
    3. kuota penerimanya berapa ka?
    syukron 🙂

    • Ahmad Arib

      1. paspor selesai seminggu Sohibul
      2. Iye
      3. Ora tahu ane sob, ane bukan panitianya, dan mereka gag pernah notify kuotanya berapa selama 3 tahun ane update info beasiswa ini

  • Johan Herdi Putra

    ini gimana sih bro, UN SMA kan ada 6 mata pelajaran, di tabelnya kok cuman ada 5 baris?

    • Ahmad Arib

      tambah tabelnya bro.
      Atau ada juga yang bilang itu kosongin aja sekalian semua, karena SMP & SMA Indonesia gag setara sama O & A levelnya di Brunei, your choice.

  • Ahmad

    maaf kak, sy dh baca pengumannya beasiswa ini untuk s1-dan s-2 saja kak, untuk s-3nya gk ada. Dan bisa cek codenya di http://www.mofat.gov.bn/PublishingImages/Pages?BDScholarship/Minimun%20Entry%20Qualifications.pdf. Makasih kak

    • Ahmad Arib

      yep, tapi di announcementnya dikasih tahu bahwa postgraduate juga bisa (under 35 years age requirement, di general announcement), serta di bagian minimum entry requirement yg kamu bilang juga ada yang UTB http://prntscr.com/edix8e state untuk Phd.
      Postgraduate (s3/Phd) gag dibilang di min requirement menurut saya memang karena kebijakannya cukup spesifik kalau S3, karena kan research semua, rata2 kontak supervisor profesor di Univ tujuan dulu, dapat acceptance letter baru apply scholarshipnya, jadi gag mengikuti metode min requirement, tergantung cocok cocokan sama supervisor dan penilaian prof di Univ tujuan Ahmad. mau appy S3 mas Ahmad?

  • hamdan

    Yg ngga ada ijazah sma gmna????soalnya ijazah blan 4 keluarnya,,,,,sedangkan pendaftaran 13 maret terakhir..(mohon di jawab)

    • Ahmad Arib

      zzzzz, baca komen saya dibawah, udah dijawab untuk issue ini, jangan malas baca, yang malas baca itu gag bakal dapat beasiswa

  • hamdan

    klau sertifikat tahfids bisa nggaa?bang???mohon dijawab

  • hamdan

    sya mau nanya ,,,di sma saya jurusan ipa,,,kalau saya test nya jurusan agama,,,,ngga msalah????

  • Kamila

    Aku ke Polresnya beres, Kak. Tapi, rekomendasinya saja: (. Kupikir ampe Polri juga. Eh tapi kan bayarnya cuma 10 rb. Katanya ke kemenlu juga ke JKT, lah sekalian.

    Oya, tadi aku udah nyoba scanning satu dokumen, itu harusnya format PDF atau foto?

    Semisal sertifikat club, apakah juga difotokop dulu baru discan atau langsung scan aja aslinya?

    Kalo semua yg discan adalah copyannya, hitam putih donk semuanya?

    • Ahmad Arib

      1. PDF aja
      2. Scan aja aslinya, kalau udah b.ing, kalau belum ya tramslate kan dulu, yg discan asli b.indo sama translate yg authorized capnya ada

  • samsul hakim sm

    saya wisuda bulan mei bagaimana cara pendaftarannya…………????

    • Ahmad Arib

      wisuda SMA mau apply S1? kalau iya baca komentar saya brooo dibawah ada jelasin, capek ah udah nulis malas baca entenya, yg dapat beasiswa ente kan, usaha dong baca semua komentar dibawah, ini dokumen paling lengkap untuk beasiswa ke Brunei dalam bahasa Indonesia, buat yang lain juga, bacaaa semuaa, lengkap banget disini, saya juga bacain semua komentar dan saya jawabin semua, buat kepentingan ente ente semua juga, saya udah dapat beasiswa full S1, & full S2 sekarang di luar negeri, ini buat ente2 semua, baca dong, yang rajin, kalau malas baca ya gag bakal dapat beasiswanya

  • samsul hakim sm

    saya wisuda bulan mei dan belum dapet izazah bagaimana cara pendaftarannya……..????

  • wella

    maaf kak ingin bertanya. saya wela tpi skrg blum ujian skripsi.kmngkinan ujian skrip bulan april 2017 ini. jd belum ad skl. apakah bisa mendaftar dg transkip nilai sementara ya kak?

    • Ahmad Arib

      Skripsi S1 ya Wella, narget S2 berarti dong ya untuk beasiswa brunei ini.
      wajib ada SKL sih dek, itu minimal lho ya, better malah udah ada transkrip nilai asli sama ijazah, itu requirement aslinya.
      Tapi saranku kamu bisa coba aja sih apply, dengan state bahwa kamu bakal dapat SKL nya April 2017 dan akan kamu update ketika wawancara nanti seandainya kamu lolos administrasi, walau menurutku panitianya gag akan begitu consider applikasi beasiswamu karena pada dasarnya kamu belum lulus S1.

  • Nurul

    Assalamualaikum
    Kak apakah semua beasiswa yg disediakan harus memenuhi persyaratan Toefl? Ada nggak beasiswa brunei ini yg boleh tidak ada sertifikat Toefl utk progtam master?jazakillah khair..

    • Ahmad Arib

      waalaikumsalam Nurul, duh rasanya semua minta TOEFL deh untuk master degree, karena language of conduct studynya kan b.ing, kecuali kalau study bahasa Arab dan sejenis yang agama islam rasanya bisa pake sertifikat bahasa Arab.

  • Kamila

    Terimakasih banyak Kakak Alumni (ini panggilan yg disarankan kakak saya, wahaha). Benar-benar membantu loh. Tapi, maaf aku nanya lagi hehe, utk SKCK apakah sampe POLRI, kemenlu, kemenkunham? Lalu, yg dikatanya applicant disuruh minta bantuan Nominating Government, itu kita harus datang ke Brunei Embassy di Jakarta?

    • Ahmad Arib

      sama-sama adik (ciee ilee, berasa tua saya)
      SKCK cukup POLDA atau POLRES aja (tingkat kota atau provinsi udah cukup, biar mureeehhh sist)
      Bukan Brunei Embassy, tp Ministry of Foreign Affair (MOFAT) Indonesia menurutku setelah aku baca2 teliti, artinya kementrian luar negeri Indonesia, kemungkinan sih yang di Jakarta, siapanya detailnya aku kurang tau, ini kamu mesti ke kemenlu langsung tanya siapa yang kira2 bertanggungjawab untuk hal ini, harusnya mereka ada bagian pendidikannya.

  • Royyan Nafis

    mau tanya kak. untuk yang TO BE COMPLETED BY THE NOMINATING GOVERNMENT, pada bagian Initials of verifying officer itu mengisinya bagaimana ya? apa langsung petugas kementrian luar negerinya semua yang mengisinya? terus ketika minta rekomendasi? apa semua berkas yang dibutuhkan juga dibawa ke kementrian luar negerinya kak? mohon penjelasannya
    maaf kak banyak tanya. terima kasih

    • Ahmad Arib

      nama officer yg verify nya, initial aja oke, misal nama officenya Ahmad Arib Alfarisy, yowes isi aja A.A.A (menurutku ya, jelasnya email panitia, emailnya ada diatas)

      Yep, semua berkas bawa ke kementrian luar negerinya, karena mereka yg verify dokumen kamunya.

  • Zahara

    Dengan Zahara lagi kak hehe. Aku belum tes toefl sampai sekarang.. kalau sekiranya berkas sertifikat toefl nya dikirim terpisah alias nyusul boleh tidak ya ka? Haruskah saya beri keterangan penyusulan pengumpulan berkas?
    Terimakasih banyak

    • Ahmad Arib

      duh saya kurang tau Zahara, kalau bisa satu paket saran saya, memudahkan panitianya. Untuk pastinya silahkan email panitia d atas

  • azimah

    ka mau tanya, saya masih kelas 3 SMA sehingga ijazah saya baru keluar sekitar bulan april, sedangkan deadline terakir pengiriman berkas bulan maret, apakah bisa hanya transkrip nilai saja yang dikirim tanpa ijazah SMA? terimakasih kak

    • Ahmad Arib

      bikin surat keterangan akan lulus di bulan April 2017, dalam bahasa Inggris, TTD kepsek sama cap sekolah Azimah.
      Itu dokumen pengganti ijazah SMA.

  • Kamila

    Sir, kan katanya kebanyakan org Indonesia etnisnya melayu, nah tp tadi juga disebut ada Madura juga. Nah, berarti saya boleh ya pake Javanese gitu?

    Untuk General Certificate ada keterangan please state subjects that you have passed only, maksudnya ‘pass’ di sini adalah yg dilalui atau nilainya yg melampui (bisa dianggap baik lah ya)

    Dan, untuk mobile no. itu aku sejak awal gak ngeh. Utk kode negara, pastinya kita 62, nah utk kode area apakah ada utk nomor handphone? Semisal nomornya +6285235681292, nah mana yg dimasukkan sebagai kode area dan no.tel?

    • Ahmad Arib

      Boleh javanese
      yep, anggaplah diatas 70 lah dari skala 0-100
      Kode negara Indonesia +62 nah sisanya bagi sendiri aja gpp karena HP, itu kode area buat no telp, jadi kalau contoh kamu, aku bikinnya +62 & 85235681292

  • Zahara

    Sebelumnya terimakasih banyak infonya ka, banyak membantu byk org:) mudah2an urusan kaka selalu dimudahkan ya, aamiinnn
    Saya mau tanya, apakah movat membatasi kuota penerima beasiswa tidak? Trus yg bagian Ministry Of Foreign Affair, saya kan domisili di DIY. Artinya saya harus ke Jakarta ka? Terus dari mana kita bisa tau kalo sebuah Uni mensyaratkan TOEFL IBT atau aboleh ITP?
    Maaf banyak tanya:(

    • Ahmad Arib

      amin, thanks Zahara.
      Gpp banyak tanya, asal dieksekusi aja abis nanya 😀
      1. Kuota, no idea, sejauh ini gag ada yang tahu tentang kuotanya, yang kita tahu cuma pemerintah Brunei banyak duit, udah, titik, wkwk.
      2. Nah ini juga yang sebenarnya saya bingung, coba tanya langsung ke email official diatas untuk endorse ministry of foreign affairnya, kalau bisa ke Jkt ya saya sugestikan ke Jkt sih Zahara.
      3. Harus cek ke web Univnya masing2, cek admission noticenya, minta TOEFL IBT atau ITP aja udah oke, atau IELTS.

  • Kamila

    Sir, kan di halaman pertama ada first choice sama second choice, temen saya bilang bahwa second choicenya harus lebih rendah dari first choice. Nah, first choicenya saya mau English Studies, lalu yg dibawahnya itu apa ya, Sir?
    Dan
    Penghargaan pas waktu TK berlaku juga gak, Sir?
    Terimakasih: ).

    • Ahmad Arib

      iya harusnya pilihan kedua lebih rendah gradenya, kamu bisa lihat di ranking universitasnya Kamila, kan ada ranking untuk subjectnya tuh, kamu pilih yang lebih rendah, saya gag bisa bilang karena beda-beda tiap kampus, dan mungkin bisa nebak sih, dibanding English Studies mungkin pilih English Studies di kampus lain yang lebih rendah rankingnya, atau di kampus sama di subject yang lebih rendah popularitasnya.

      Kagakkk, biasanya diconsider dari SMP buat yang apply beasiswa S1.
      Buat S2 dst diconsider yang dari SMA.

  • Naufal

    Kak kalo ga pake ielts atau toefl bisa ga?? Atau nilai ielts ku cuma 5.0 bisa ga??

  • reni

    Maaf kak mau nanya, beasiswa itu berlaku bagi lulusan d3 tidak ya. Terimakasih.

  • afra amali

    kak utk beasiswa k ngara lain kita bisa liat info akuratnya dmn ya? trmksh

    • Ahmad Arib

      cek di blog ini akurat semua kok, atau ke web embassy negara-negara lainnya saja Afra

  • Ahmad Syahid

    Ass. Mas Tahun kemarin daya mengirimkan aplikasinya lengkap dg persyaratanannya tapi sampai sekarang belum ada jawban. Apa ada yang kurang ya?

  • Tofik Hidayat

    Mau tanya nih tadz …
    Anak saya alhamdulillah tafidz Quran, walau belum tersertifikasi semua.
    Saat ini kelas tiga SMA dan pengin ke Brunei katanya.
    Ada tidak ya beasiswa yang menggunakan jalur TAFIDZ ??

    • Ahmad Arib

      maaf Tofik, sejauh ini tidak ada ke Brunei via jalur Tafidz, lewat jalur biasa semua, ikut jalur biasa saja, Brunei sangat welcome untuk anak-anak tafidz Qur’an seperti antum

  • Nadya

    kak, beasiswa ke malaysia masih buka kak?

  • dessy mawaddah

    oya beasiswa s1 brunei jurusan agama nggak perlu pakai TOEFL kan? syukran y

  • dessy mawaddah

    assalamualaikum, mau anya ni kapan ya buka pendaftaran beasiswa s1 brunei 2017/2018??? syukran

    • Ahmad Arib

      sejauh ini belum ada informasi bahwa tahun ini dibuka lagi Dessy, saya takutnya tahun ini gag buka lagi

  • ufilia quthrotun nada

    untuk tahun ajaran 2017/2018 program beasiswanya kpn dibukanya?

    • Ahmad Arib

      Hingga saat ini belum ada informasinya lagi Quthrotun, meski sudah akhir Januari.
      Beberapa kabar bilang bahwa beasiswa ke Brunei tahun ini untuk Indonesia tidak ada lagi, untuk S2 atau S3 saya sarankan bisa daftar beasiswa LPDP Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan memilih Universitas di Brunei, untuk S1 mungkin bisa memilih negara lainnya, Malaysia ada, China juga ada program khusus S1.

  • alfiyana syahidah

    mau tanya nih tadz..pendaftaran beasiswa s1 brunei thn 2017/2018 sudah di buka belum ya?

  • herman zuhdu

    mohon info s3 pendidikan di brunai untuk tahun ajaran 2017-2018…info ke email ini hermanzuhdi1989@gmail.com

  • abdul

    ka bisa nyari istri gak disana?

  • dini zahara

    Salaam kak. Mau tanya.. Misalkan target saya Unissa jurusan Sastra Arab. Kira kira apakah toefl jadi syarat wajib? Kalau iya, standarisasi score nya 550 atau boleh kurang? Terus ka, movat nerima sertifikat toefl yang bukan ibt ga? Misalnya ITP? Maafkan saya banyak tanya, hehe Makasih banyak ka

    • Ahmad Arib

      Tetap wajib, tapi kalau ada sertifikat bahasa Arab dan Univnya setuju harusnya bisa diganti jadi bahasa Arab karena sesuai jurusanmu juga nantinya.
      ITP harusnya oke sih, tpi emang better IBT.

  • Abdullah lb

    Kakak,ni saya masih pengabdian sampai desember ini sya belumndapat web untuk imformasi beasiswa brunai 2017-2018,kapan kak di mulai web aran

  • afra

    oh bgtuu..makasi banyak kk..
    saya tunggu infonya y kk.

  • Nadya

    kak, apakah pendaftaran beasiswa S1 ke Brunei Daruussalam 2017/2018 sudah dibuka kak? deadlinenya 9 januari ya kak?

  • afra

    kak… saya prnh coba buka form
    aplikasinya kok ud ada yg thn
    2016/2017 ya kak? kn kata kk blg blm
    dibuka? apa application formnya
    lbh duluan ada ya?

    • Ahmad Arib

      2016/2017 itu Tahun Ajaran sekarang Afra
      itu pendaftaran yang tahun lalu, tahun ini harusnya pendaftaran baru dibuka yang 2017/2018, dan sampai sekarang belum dibuka beasiswa bruneinya

  • afra

    kak… saya prnh coba buka form aplikasinya kok ud ada yg thn 2016/2017 ya kal? kn kata kk b dibuka? apa application formnya lbh duluan ada ya?

  • La

    untuk s2 ada jurusan apa aja ya ???

    • Ahmad Arib

      Monggo dicek di PDF attached di blog post Lala, disana disebutkan jurusan apa di Univ mana aja, ada banyakkk bgt, haha, saya juga gag hapal

  • pipin

    kak mau tanya dong, s1 ny itu harus dari lulusan SMA atau bisa transferan dari d3 ya?makasij

    • Ahmad Arib

      seingat saya harus SMA Pipin, D3 ke S1 sulit ikut program beasiswa manapun keluar negeri, karena beda program & jalurnya

  • ANTO

    Mas..saya ciba buka2 form aplikasi tahun lalu. Nah di 2 lembar terakhir itu ada perintah pengesahan. Makasudnya gmana ya…trus kudu di sahkan kemana?

    • Ahmad Arib

      ada informasinya kan disana mesti disahkan dimana

  • Isro diah harun siregar

    Heran loh mas..kogbelum buka pendaftaran ya.apaa kemungkinan tahun ini tidak membuka beasiswa ?

    • Ahmad Arib

      hmmm, no idea, mari kita tunggu saja Isro

  • Afra

    kak..kalau pndftrnnya sudah dibuka mohon pmberitahuannya ya…
    soalnya saya sudah siapkan syrt2nya.
    mksi

  • Afra

    kalo bgtu kapan mulai bukanya kak?

  • afra

    kak….pndftrn beasiswanya smpe kapan berakhir?

  • anggi irawan

    Assalamualaikum. Mas mau nanya untup penerimaannya menggunakan kuota nggak mas atau sesuai kualifikasi yg dibutuhkan ajj. Terus kalo nggak melampirkan toafel gimana mas, soalny kan nggak ada perintahny tu di lampirkan.

    • Ahmad Arib

      kuota saya gag tau, tapi harusnya ada, gag da beasiswa yg unlimited
      ora paham saya, better pake, kalo gag ngelampirin ya gpp, paling gag lolos, udah itu aja

  • nuris shobah

    kak sbelum mndaftar kn kta buat paspor dlu .. iya klu kta dterima, klu nggak, buat apa paspornya …

    • Ahmad Arib

      HAHAHAHHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAHA
      BAHAHAHAHAHAHHAHA
      BUAATTTT APA PASSPPORRRRNYA ???????

      IYA BENER JUGA KAMU, IYA KALO KETERIMA, KALO NGGAK KETERIMA, RUGI BESAARRRR KAN YA BIKIN PASSPORRR.

      EH PARAH ENTE CUY.
      BIKIN PASPOR AJA MIKIR RUGINYA.
      TIGA RATUS RIBU DOANG.
      BUAT 5 TAHUN.
      MINIMAL BUAT ADA SEMANGAT UNTUK KELUAR NEGERI CUYYY KALO UDAH ADA PASPOR MAH.

      EH GILA, PARAH, ADA YA ORANG MIKIR KAYAK GINI.
      SAYA CAPS LOCK SEMUA BIAR PADA LIATIN JAWABAN SAYA INI DAN PADA LIAT PERTANYAAN KAMUNYA, KARENA INI PENTINGGG SEKALI, SUMPAH.

  • evi wulandhari

    ka,di unissa pakai toefl juga??
    apakah ijazah harus di serahkan bersamaan dengan persyaratan yg lain?

    • Ahmad Arib

      Pake TOEFL
      copy ijazah aja, bukan aslinya evi.

  • nuris shobah

    kak,apa bahasa melayu juga di gunakan dalam prose belajar mengajar …

    • Ahmad Arib

      tidak, pake b.ing, kelas internasional, bukan kelas melayu

  • jessika

    terimakasih ka infonya. oh iya sekedar kasih info sama temen temen yang mau ikutan beasiswa brunei, aku udah shearing sama kakak yang udah pernah dapet beasiswa brunei, katanya untuk test toefl min 550..semangat….

    • Ahmad Arib

      thanks Jessica untuk info tambahannya, nih buat referensi bagi yang lain, TOEFL minimal 550 nih 😀

  • Adi

    Kak mw tanya nih pendaftaran mahasiswa baru d brunei setiap bulan apa ya

    • Ahmad Arib

      pendaftaran mahasiswa apa nih?
      beasiswa ato reguler?
      S1 ato S2 & S3, beda2.

      S1 reguler harusnya Juni-Agustus 2017, masuk kuliah September 2017.
      S1 beasiswa, daftarnya sejak Desember 2016, masuk kuliah September 2017.

      S2 & S3 mengikuti jadwal S1 primernya, ditambah spring semester yang aku gag tau jadwalnya.

  • nuris shobah

    kak, persyaratan untuk lolos seleksi itu gmna

    • Ahmad Arib

      itu diatas ada semua syaratnya Nuris

  • nuris shobah

    seleksi berkas itu maksudnya gmna ..?

    • Ahmad Arib

      seleksi administrasi, kelengkapan berkas dan syarat administrasi lainnya Nuris

  • afra amali

    kak.kalo d politeknik brunei prlu toefl ga?

  • afra amali

    kak….kalo transkrip akademik tu apa ya?

    • Ahmad Arib

      capee deeeee, transkrip akademik itu nilai akhir akademikmu, kalo SMA hasil UN, UAS, apapun itu.
      Kalo S1 supplement ijazah S1 bakal dikasih juga transkrip S1 semua matkul dan nilai serta nilai akhirnya.
      Kalo S2 sama S3 harusnya konsepnya sama kayak S1, tp belum tau karena saya belum lulus S2 ato S3.

  • afra amali

    kak…kalo untuk milih jurusan dan universitasnya gimana? apa hrus d satu universitas?

    • Ahmad Arib

      seingat saya lolos dulu seleksinya, baru nanti daftar Univnya di assist dari embassy brunei

  • Mawar Widya

    Ka,apakah beasiswa ini untuk tahun ajaran 2017 sudah dibuka?apakah ada link khusus untuk update terbarunya ttg ini?

    • Ahmad Arib

      tunggu aja di postingan ini, begitu ada info terbaru langsung saya update kok 😀

  • Mawar Widya

    Ka apa beasiswa ini ada setiap tahun?kalau ada apakah beasiswa untuk tahun ajaran 2017/2018 sudah buka?dan apakah ada link khususnya untuk update info terbaru?

    • Ahmad Arib

      kalo liat dari tahun-tahun lalu sih harusnya di kisaran akhir November atau awal Desember 2016 ini bukanya Mawar

  • Mulyanita

    Assalamualaikum wr wb…
    Kak untuk pendaftaran terbaru dimulai kapan yah? saya baru wisuda bulan desember ini???

    • Ahmad Arib

      kalo liat dari tahun-tahun lalu sih harusnya di kisaran akhir November atau awal Desember 2016 ini bukanya Mulyanita

  • jesika

    Ka, ijazah, akte sama sertifikat udah di translate ke bhs inggris. Nah setelah itu di fotocopy.
    1. Fotocopynya harus di legalisir oleh siapa saja?
    2. Untuk akte saya dari jatim sementara saya sekarang tinggal di bekasi, apa boleh saya minta di capil setempat di bekasi?
    3. Apa hanya cap dari Penerjemah tersumpah saja sudah cukup?
    4. Apakah fotocopyannya harus ada cap basah dari Penerjemah?

    • Ahmad Arib

      1. fotokopi apa nih? ijazah sama sertifikat kalo saranku minta legalisir sekolah, kalo sekolah gag mau legalisir sertifikat, gag perlu legalisir
      2. coba aja ditanya di capil bekasi, kalau saya kemarin saya minta ke capil Bengkulu karena akte dari Bengkulu, sekalian minta bikin baru versi b,ing nya, bawa akte lama

    • Ahmad Arib

      1. fotokopi apa nih? ijazah sama sertifikat kalo saranku minta legalisir sekolah, kalo sekolah gag mau legalisir sertifikat, gag perlu legalisir
      2. coba aja ditanya di capil bekasi, kalau saya kemarin saya minta ke capil Bengkulu karena akte dari Bengkulu, sekalian minta bikin baru versi b,ing nya, bawa akte lama
      3. cukup
      4. harusnya iya, tapi kalo aku sayang, karena mau dipake lagi buat aplikasi yg lain kan, jadi biasanya copyan dr penerjemah tersumpah oke kok, asal bawa yg cap basah dan semua dokumen asli saja saat wawancara

  • pristia

    Assalamu’alaikum kak…kak,,saya msih pengabdian ini kak..bagaimana cara mendaftar nya ya kak?

  • rahmania

    kak, di brunei gak ada jurusan gizi ya ? ato kaya kesehatan masyarakat gotu, plks dibalas ya

    • Ahmad Arib

      Silahkan cek di listnya Rahmania, di dokumen itu ada semua info yg dibutuhkan

  • Akh Nayat

    Selain program bahasa Arab , bahasa yang di pergunakan di dalam kelas bahasa apa ???????

    Terima kasih

  • Anwar

    Asslmkm wrb,,pascasarjana untuk tahap dua ada gak,,bulan ap

  • Afra Amali

    oh iya..kalo mau dftr d dua universitas sekaligus boleh tidak?

  • Afra Amali

    assalamu’alaikum..
    sy mau tanya..utk mndptkn formulirnya dmana ya?
    trmksh…

  • Afra Amali

    assalamu’alaikum… sy mau tanya..utk mndptkn formulirnya dimana ya?
    trmksh…

    • Ahmad Arib

      Itu ada di postingan, tinggal klik, terus download Afra

  • Khairunnisa

    Mas.kalau pas daftar ke ubd nya nilai sertifikat toefl yg dikirimkan cuman dpt dibawah 550…

    Tapi pas ikut beasiswa nya saya ambil tes toefl lagi dan dapet skor diatas 550,dan saya kirimkan ke beasiswa nya yg diatas 550 itu kira-kira boleh tidak kalau mengirimkan nya berbeda-beda seperti itu?

  • Dewi Wardha Imania

    assalamualaikum kak. saya mau tanya nih, saya kan lulusan tahun 2017 ntar, nah di univ brunei apa ada batas minimal nilai rapor kak?
    kemarin di sekolah juga ada tes TOEFL dan hasil punya aku 483. apa TOEFL perlu ditingkatin lagi?
    tolong dijawab ya kak terimakasih banyak 🙂

    • Ahmad Arib

      Lebih baik tingkatin lagi TOEFL nya, kalau nggak bisa atau nggak sempat lampirkan aja nilai TOEFL segitu.
      Gag ada minimal raport Dewi Wardha

  • putri

    “formulir aplikasi beasiswa yang telah diisi juga harus mendapatkan pengesahan, biasanya melalui bagian yang mengurusi beasiswa pada Kementerian Pendidikan atau Kementerian Luar Negeri.” jadi kita harus dapat pengesahan dulu? dapat pengesahannya harus ke kantor Kementerian Pendidikan atau Kementerian Luar Negeri ya? Kok kayanya sulit di dapat ya kak.

    • Ahmad Arib

      Bisa kontak panitianya Putri.
      Untuk dapat beasiswa memang sulit semua, bayar sendiri yang gampang 😀

  • asri

    Assalamualaikum.. Saya mau tanya kira kira masuk universitas ini memakai nilai rapot atau nilai UN

    • Ahmad Arib

      Dua-duanya dipake, sama prestasi dan kemampuan bahasa juga

  • hendra

    mas , untuk ITB toefl apakah diperlukan

  • Lita

    kak boleh minta id line atau no whatsaspp? sya mau tanya banyak, email ke saya ya kak litaapriliani2@gmail.com
    atau kaka boleh kirim id line dsni klo g keberatan, trus nnti sya simpan.
    terima kasih kak

  • anis

    assalamualaikum..ustadz mau tanya beasiswa brunei kpan ya dibukak?