Google Glass di Google Indonesia
Google Glass di Google Indonesia

Google Indonesia, sebenarnya baru-baru ini sih Google “menginvasi” Indonesia, awal mula kedatangan raksasa digital corporate ini adalah diadakannya Google Days Indonesia pada tahun 2012 lalu di Balai Kartini, Jakarta. Nah itu saya datang, tapi masih sebagai tamu undangan, jujur cukup terkesan dengan semua yang Google lakukan, teknologi ajaib mereka, dan banyak hal yang Google lakukan, ternyata bukan cuma Search Engine dan Gmail saja.
Step selanjutnya dari invasi mereka adalah membuka Google Students Ambassador, tahun 2013 saya daftar, dapat info dari teman di ITB, ya sudah coba-coba saja apply, siapa tahu dapat. Eh beneran dapat, diterima jadi bagian dari GSA, ikut SEARCH Summit, dan mulai menikmati waktu-waktu bersama keluarga besar Google, terutama Google Indonesia.

Berbagai event dijalani, Google Days Indonesia yang 2013 saya sudah menjadi salah satu panitia disana, seru juga sih bareng-bareng teman GSA yang lain, have fun bersama mereka, belajar bersama juga. Sempat beberapa kali datang ke Google Office Indonesia, di Sentral Senayan Tower, Jakarta. Gimana Google Office Indonesia, ya ampun, seru banget lah, karena emang hobi keluar masuk kantor-kantor, nah tiba-tiba masuk ke kantor Google rasanya gimana gitu, seru parah. Nuansa lokalnya terasa banget, dengan implementasi digital technology yang paling update. Ada batik dimana-mana, ada becak namplok di atas langit-langit, warna-warni yang ceria, well, you must visit their office for sure.

Tapi yang paling seru tentu Warung Mbah Google, benar-benar warung yang keren, bebas makan semaumu, ada begitu banyak pilihan menu makan, cemilan, dan minuman yang tersedia, tinggal ambil, freeee……..
Tapi yah, satu tahun ternyata begitu cepat berlalu, sebenarnya mau lanjut sih GSA-nya, terasa banget belum maksimal bahkan rasanya belum memberi kontribusi apa-apa buat Google Indonesia selama menjadi GSA setahun belakangan ini. Teman-teman yang lain sudah banyak kontribusi, dan tentu mendapatkan balasan yang super dari Google Inc. Seperti misalnya teman dari UGM, Daniel Oskar Baskoro, yang sudah punya startup teknologi develop mobile apps yang ektrak data dari Google API News, di bidang kesehatan yang benar-benar solutif dan keren. Akhirnya dia dipanggil ke Google Mountainview USA, lama juga disana dia, dapat project buat disaster mapping di Indonesia, maklum, Indo kan banyak musibah, app nya dia juga concern di bidang kesehatan masyarakat. Dia difasilitasi banyak oleh Google, mulai dari Chromebook, Nexus, dan baru-baru ini Google Glass, wihh, gila ya, hebat tuh orang, haha. Itu Google Glass yang saya pake foto punya dia lho, ngetes doang pas ketemu di Google Office, seru deh pake Glass, jadi pengen punya juga, haha.
Nah sekarang, satu tahun saya telah berlalu, mungkin anda berminat untuk melanjutkan tugas sebagai Google Students Ambassador ini, senang, jelas, setahun anda akan menjadi begitu berwarna pasca menjadi GSA nantinya. Selain itu, bakal banyak network juga, apalagi buat kamu yang serius di bidang digital, startup, dan teknologi. Karena dari GSA akan banyak sekali terbuka peluang, info dan link untuk step up to next level. Ini aja kita dapat tawaran buat magang di Google Indonesia, dan ada juga tawaran intern di Garuda Indonesia, sebagai Google people, buat handle Google Plus dan youtube campaign nya Garuda Indonesia.
Berikut link untuk pendaftarannya, semoga bermanfaat teman.
http://gsa.withgoogle.com/

Join the Conversation

5 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. kuliah dimana kak?? oooooh jadi google glass itu lansung terkoneksi sama internet ya? jadi google glass ga pake kartu ya kak…
    itu yg kkak pake google glass kan? itu dari mana kak? btw itu kkak foto dmn?
    maaf bnyk tanya

    1. Kakak kuliah di Mercubuana Jakarta, yep, langsung di device induknya, bisa dari smartphone android, IPhone, atau notebook sistem windows maupun Mac.
      Yep, Google glass developer version, belum yg customer version, itu punya temen kakak, GSA UGM Yogya, dia aktif banget di Google, dapat fasilitas Google Glass buat disaster mapping projectnya. Foto do Google office Indonesia dong, hehe.

      Sip, banyak bertanya itu bagus kok Indra

      1. ooiya kak GSA itu apa ya???
        google indonesia family itu komunitas atau apa kak?
        cara gabungnya gmn kak?

  2. hai kak salam kenal..
    kakak skrng kuliah / kerja?
    mau dong kak join google indonesia family
    google glass yang kakak pakai bagus, oh ya kak nanya dong denger” google glass diproduksi masal mulai mei 2014 ini ya?
    bales lewat email ya kak

    1. Hai Indra Kusuma Jaya, salam kenal juga Indra. Saya masih kuliah kok, baru semester 6 juga, hehe. Hmm, will not come to Indonesia at that time actually, bahkan mungin gag dipasarkan di Indonesia deh kayaknya, Google Indo bilang infrastruktur internet Indonesia beum capable buat handle Google Glass, daripada pas dilaunch Google Glass dan dipake sama orang Indo, tapi Glass nya lalod, ntar malah dibilang produk Google bermasalah, padahal internetnya yang suram, hehe.