Beasiswa DIKTI merupakan salah satu program dari DIKTI untuk membantu biaya kuliah mahasiswa baik program D3, S1, S2, dan S3. Beasiswa ini diberikan setiap tahun oleh pemerintah. Bisaanya informasi beasiswa dari DIKTI untuk program D3 dan S1 perguruan tinggi akan dibuka pada semester genap sekitar bulan Maret. Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ini juga tergolong mudah.

beasiswa s1 dikti
beasiswa s1 dikti

Ada beberapa jenis beasiswa untuk mahasiswa program D3 dan S1, diantaranya yaitu PPA dan BBM-PPA. PPA sendiri adalah beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik. Beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik ataupun yang bisaa aktif dalam organisasi intra maupun ekstra kampus. Sedangkan BBM-PPA merupakan beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa yang kurang mampu dan mempunyai prestasi akademik yang bagus di Kampus. IPK minimal untuk mendaftar kedua program beasiswa ini adalah 3, 00 skala 4,00 IPK. Bagai anda yang mempunyai IPK lebih dari tiga dan menginginkan beasiswa ini silahkan untuk mendaftar.

Pendaftaran program beasiswa ini dilakukan oleh pihak kampus. Setiap kampus akan diberikan kuota mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa ini. Dari pihak kampus akan menyeleksi siapa saja yang berhak untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Bisaanya setiap kampus berhak untuk mengajukan sekitar 100 mahasiswa untuk mendapatkan program beasiswa ini. Berminat untuk mendaftarkan diri untuk program beasiswa DIKTI ini? Anda bisa langsung menanyakan pihak universitas dan anda harus sering mengecek papan pengumuman kampus anda.

Description: beasiswa DIKTI merupakan salah satu program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa D3 dan S1 semua jenjang dan jurusan. Ada dua jenis yaitu PPA dan BBM-PPA.

Join the Conversation

39 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Selamat malam bapak/ibu
    Saya mahasiswa dari Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Jurusan Kehutanan Prodi Manajemen Sumber Daya Hutan, Semester 2.
    Begini bapak/ibu orang saya petani tulen, mempunya anak 9 orang, 4 orang sudah menikah dan 5 orang belum menikah. 3 orang sementara kuliah, tahun 2018 saya sempat kuliah di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa mengambil jurusan Teknik sipil, bapak saya kredit untuk biaya masuk awal perkuliahan tetapi semakin semakin berjalannya waktu, bapak dan mama saya tidak bisa membiayai perkuliahan saya dan akhirnya saya berenti kuliah dan kerja swusta. Hati saya sangat terpukul dan rasanya dunia tidak adil. Sehingga saya menuntut orang tua untuk tetap melanjutkan saya kuliah lagi. Dan orang tua saya mengijinkan saya. Tapi biaya awal saya tanggung sendiri dan akhirnya sekarang saya tidak mampu membayar biaya registrasi sebesar Rp1000.000
    Saya sangat ingin mendapatkan beasiswa agar bisa lanjut kuliah.
    Semoga Bapak/Ibu bisa memberikan kebijakan untuk saya.
    Terima kasih🙏

  2. Permisi bapak/ibu saya Rahma mahasiswi tamatan D3 Kebidanan, saya berniat menyambung kuliah ke D4/S1, S2 Kebidanan tapi hambatan saya biaya untuk melanjutkan kuliah padahal IP tiap semester diatas 3.00

  3. Maaf kak saya mau tanya kenapa sekarang PPA dan Bbm tidak ada semestr sekarang, makasihkak

  4. admin,saya lulusan d3 Perbankan. saya mau tanya bagaimana cara mendaftar beasiswa dikti untuk melanjut ke S1? mohon dijawab. terima kasih

  5. Admin, saya lulusan d3 analis kesehatan ingin melanjutkan ke s1 di luar negeri. Kira2 ada program beasiswa dari dikti untuk program tsb ga??

  6. lebih baik beasiswa dikti di daftar online sja , krn jika dr pihak kampus yg tentukan,biasanya ada pihak yg mengajukan beasiswa hanya untuk org org dekatnya atau keluarganya. walaupun secara akadmik nilai tdk bagus dan ternyata org nya dr keluarga yg mampu. sekian koreksi sya

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Ijin… saya salah satu mahasiswa. Di poltekkes makasar D3 keperawatan…. semester 2… apakah ada saran beasiswa untuk saya…

    Terimakasih

  8. Kak mau tanya, saya penerima beasiswa PPA di tahun 2014. saya hanya dapat sekali saja saat saya semester 4. Apakah saya harus mendaftar kembali?

    1. Tergantung info dr Univmu Miftahul Husna

      Beberapa teman saya yg PPA ada yg cuma dapat sekali, ada juga yang terus2an tiap semester, beasiswa DIKTI langsung diurus kemahasiswaan masing2 kampus, coba kamu tanyakan langsung ke bagian kemahasiswaan.

  9. Maaf sebelumnya…. sy mau tanya soal beasiswa bidikmisi. Apakah bisa kita mendaftar/ mengurus bidikmisi.kalau.sdah semester 3 (tingkat 2)… mohon penjelasanx. Kalausih bisa bgmn prosedurnya… maksih atas bantuannya.. Bartho ( Akper fatima Parepare)

    1. Bidikmisi seharusnya diurus saat SMA tingkat akhir.
      Kalau sudah masuk kuliah, ikut program PPA/Tidak mampu saja ke Dikti, tanyakan ke kemahasiswaan program itu ada apa nggak buat kampus kalian Bartjo.

  10. Kak maaf mau tanya. Kalau misalkan mau daftar ini persyaratannya bgaimana selain dri ipk? Apakah ada tes seleksinya? Terus kalau misalkan mau daftar kemana ? APakah boleh individu tanpa melalui kiriman dari kampus?
    Batas pendaftarannya smpai kapan?
    Terimakasih.. jawaban kakak sngat ditunggu dan membantu sekalk

    1. Tidak boleh individu, harus dari kampus Laesa.
      Mekanisme pendaftaran, batas pendaftaran, tes seleksi semua silahkan ditanyakan ke bagian kemahasiswaan kampus kamu, karena tiap2 kampus beda-beda.

  11. kak mau tanya.
    aku d3 manajemn informatika dan bidikmsi.
    apkah stelah lulus nanti, ada beasiswa transfer s1 dari dikti ?

    apakah saya harus mendaftar bidikmisi kembali atau bgaimana? mohon pencerahannya

  12. assalamualaikum kak,
    maaf sebelumnya,ingin bertanya katanya sekarang beasiswa ppa ditutup sementara ya??apakah akan dibuka lagi kak???dan bagi penerima tahun lalu apa harus daftar ulang atau hanya perpanjang lagi seperti biasa kak??
    terima kasih sebelumnya kak
    wassalamualaikum

    1. no idea Indah, dipaus dari Diktinya langsung sepertinya.
      Mungkin untuk penerimaan baru saja, yang perpanjang harusnya masih terus berjalan, coba perpanjang aja seperti biasa, atau tanyakan langsung ke bagian Kemahasiswaan kampus kamu.

  13. Maaf, saya mau tanya. Bagaimana cara mengurus mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa. Kebetulan kampus kami dibawah kemenkes. Apakah ada kuota dr dikti? Tks

    1. wah, kurang tahu kalau untuk institusi dibawah naungan kemenkes seperdi akbid & akper bisa apply dikti, sepertinya nggak bisa deh, hal yang sama berlaku untuk institusi pendidikan di bawah kemenag (MTS, MAN, etc), atau institusi lain di bawah kementrian lainnya (STPDN, STAN, STIS, etc). Bisa dicek beasiswa dari kemenkesnya saja.

  14. Maaf kak, saya mau tanya apa mahasiswa yang sudah mendapat pembebasan pembayaran ukt masih bisa mendaftar beasiswa PPA atau BBM?