XL Future Leader

Poster XL Future Leaders

XL Future Leader, nah lu, program apaan tuh bro? Kebetulan lagi heboh-hebohnya nih generasi muda Indonesia dengan program keren dari XL Axiata ini, so saya coba angkat tema ini dulu, tema mengenang masa lalu saya dipending dulu deh, hehe. XL Future Leaders merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan XL Axiata Tbk. yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan kepemimpinan 120 orang mahasiswa calon pemimpin terpilih dari seluruh Indonesia, disaring melalui seleksi yang sangat ketat.

Program XL Future Leader

Poster XL Future Leader
Poster XL Future Leaders

Kebetulan saya adalah peserta terpilih XL Future Leaders yang pertama, so sedikit banyak bisa sharing apa saja yang ditawarkan oleh XL melalui program ini, dan apa saja benefit yang bisa anda dapatkan, seandainya anda nanti terpilih untuk mengikuti program XL Future Leader ini. Nah coba lihat poster disebelah dulu deh, haha, ada foto sayanya. Tuh yang megang laptop, yang berdiri di tengah agak ke kanan. Beruntunglah kemarin menjadi salah satu icon XL Future Leader untuk regional Jakarta, sehingga untuk poster, banner, spanduk dan media promosi lainnya ada penampakan saya, hehe.

Oke, lanjut lagi ke topik pembahasan utama. Hal terpenting dalam Xl Future Leader adalah aspek pendidikan, mereka mengontrak Cognition Ltd. International, perusahaan pendidikan kelas dunia, untuk merancang pendidikan pemimpin masa depan yang sesuai buat kami, itu bule yang di tengah namanya Chris, dia project officer XL Future Leader dari Cognition.

Apa saja pendidikan sebagai persiapan pemimpin masa depan yang akan kamu dapatkan ?

Kurikulum XL Future Leader

Komunikasi Efektif XL Future Leader
Komunikasi Efektif XL Future Leaders

1. Kemunikasi Efektif

Jelas jadi pemimpin wajib bisa komunikasi yang efektif dong, apalagi pemimpin masa depan, future leaders. Disini akan diajarkan bagaimana metode komunikasi yang singkat, efektif dan efesien, karena pemimpin masa depan itu gag punya banyak waktu, sehingga komunikasinya harus seefektif mungkin, baik kepada krunya, maupun kepada relasinya. Bahasa tubuh juga merupakan aspek yang sangat diperhatikan dan dilatih di XL Future Leader ini. Kemampuan presentasi di depan kelas, menyampaikan pendapat, berdebat, berpikir dan menjelaskan secara spontan, kemampuan menulis, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, menjadi aspek-aspek komunikasi yang tak lepas dari perhatian program XL Future Leader.

2. Entrepreneurships dan Inovasi

Anda gag mau jadi pengusaha? Gag perlu jiwa entrepreneur, wish, nanti dulu, jadi apapun anda nantinya, jiwa sebagai entrepreneur itu sangat dibutuhkan lho jika ingin menjadi seorang pemimpin. Seperti berpikir dan memecahkan masalah secara kreatif dan jitu, memahami kebutuhan masyarakat/orang lain, jeli melihat peluang yang ada, mampu menyusun rencana strategis dan menjalankannya step by step untuk mencapai target yang realistis. Jadi pemimpin di bidang apapun anda nantinya, jelas jiwa entrepreneurships merupakan aspek yang sangat penting, dan inipun diberikan di XL Future Leaders.

3. Mengelola Perubahan

Pemimpin yang super harus mampu mengelola perubahan, baik atas dirinya sendiri, maupun tim dan lingkungannya. Karena pemimpin merupakan posisi untuk merubah suatu hal, ke arah dan keadaan yang lebih baik dari sebelumnya. Pemimpin harus memiliki cita-cita yang realistis, mampu menilai kemampuan diri sendiri, dan mengambil tantangan sesuai dengan kapabilitas pribadi. Memiliki rasa tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Serta teguh dan pantang berhenti untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan, inilah kemampuan mengelola perubahan yang diasah di program XL Future Leader.

Fasilitas XL Future Leader

3 hal diatas merupakan poin-poin utama dalam program XL Future Leader, yang secara nyata dibuat program dan kurikulumnya oleh Cognition team, dan disampaikan kepada peserta oleh 4 orang fasilitator luar biasa yang menangani kami semua.Dan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar kami ini, XL Future Leader program menyediakan beberapa fasilitas yang menurut saya (anak kampung) sangat wah sekali. Diantaranya Laptop yang saya gunakan untuk menulis blog dan mengerjakan berbagai tugas kampus ini, yakni Lenovo Thinkpad Edge seri bla bla bla, gag ingat serinya apaan, terima beres aja dikasih, haha. Kemudian Smartphone HTC Sensation XE, wihhh, gilaa bro, ini smartphone keren banget, saya yang awalnya modal hape nokia 1200 hitam putih klasik bin jadul benar-benar terpesona ketika mereka ngasih smartphone ini, full layar sentuh semua, 4,3 inch (kalo gag salah lho ya, saya kan bukan orang counter hape), kamera 8 MP, memori gede, tipis dan handy banget megangnya, layar Gorilla Glass, yang kata iklan bisa buat alas ngiris sayur, kualitas foto dan videonya keren abis, internet super ngebut, main game gag pake lalod, gag pake crash, gag pake lama, nonton multimedia juga asik, dan sound sistemnya itu lho bro, beeuhhh, make Beats Audio, berasa banget dengerin musik kesukaan saya di smartphone ini. Eits, masih ada lagi fasilitasnya, yaitu modem, haha, standar ya, yang mengejutkan adalah mereka memberikan kartu XL sebanyak 2 buah, satu untuk smartphone dan satunya lagi buat modem, dan tahukah anda bahwa XL mentop up pulsa setiap nomor sebesar 100.000,- rupiah per bulan, jadi total yang saya terima pulsa XL sebesar 200.000,- rupiah per bulan, hahaha, mantap banget kan program XL Future Leader ini, Info lebih lanjut, baca postingan selanjutnya di bawah ini yang masih berkaitan dengan XL Future Leader.

Tulisan terkait

4 Comments

  1. gan, boleh dikasih tahu contoh soal TPA nya seperti apa ya.. biar ada persiapan, katanya bukan TPA biasa, jadi bikin deg2 ni, soalnya nnti tgl 12 ikut seleksi tahap 2 di jogja, mohon pencerahannya gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *