Workshop Membuat Video Youtube di Acara Popcon 2013, Binus International University, Part 2

Jakarta, 6 July 2013, setelah sesi pertama mengenai cara pembuatan video yang berkualitas oleh Bagus Bramanti, sesi selanjutnya adalah Youtue Video Workshop yang menghadirkan Wiwi Goh dari Youtube Partnership Program, Google International.  Sesi yang disampaikan dalam bahasa Inggris ini, cukup menarik minat video creator, terlihat dari penuhnya bangku-bangku yang disediakan untuk para perserta dan aktifnya sesi Tanya jawab antara peserta dengan Wiwi, yang ternyata memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang cukup bagus.

Cara Membuat Video Youtube Berkulitas
Cara Membuat Video Youtube Berkulitas

 

Dalam presentasinya, Wiwi menjelaskan beberapa profil youtube partner yang sukses menjadikan diri mereka youtube superstar, dengan berbagai ide dan keahlian yang mereka tampilkan melalui video-video mereka di youtube.  Dalam pengamatannya, setidaknya ada 2 hal utama yang menjadikan para youtube superstar ini begitu sukses dengan video-video mereka. Yang pertama adalah mereka menceritakan tentang diri mereka sendiri, hal unik apa yang mereka kuasai dan senangi. Yang kedua adalah menunjukkan hal apa yang membuat mereka sedikit berbeda dan unik dibandingkan dengan youtube creator lainnya.

Adapun dalam proses penciptaan video itu sendiri, ada beberapa hal yang wajib diketahui dan dipahami oleh youtube video creator, hal-hal tersebut adalah

  1. The first 15 seconds, 15 detik pertama yang begitu krusial, apakah penonton akan tetap menonton video anda hingga selesai, atau meninggalkannya.
  2. Involve lah dengan audiens anda, melalui subscriber dan annotation.
  3. Optimize the data, data-data sekunder dari video di platform youtube, yang mencakup deskripsi, title yang sesuai, dan tags yang sesuai.
  4. Video length, durasi dari sebuah video, berapa lama durasi yang tepat untuk video anda, yang tidak terlalu pendek sehingga pesannya menjadi tidak sampai, juga tidak terlalu panjang sehinga membuat penonton bosan dan meninggalkan video anda.

Dan selanjutnya, setelah kita memiliki konten video yang menarik, hal-hal yang perlu kita perhatikan adalah

  1. Gunakan data analytics yang diberikan Google untuk data pengunjung yang melihat video kita, data ini sangat berguna untuk menentukan penyesuaian atau perubahan apa yang perlu kita lakukan terhadap video kita.
  2. Gunakan custom thumbnail, untuk membuat video anda menjadi lebih menarik untuk di klik.
  3. Brand your channel dan build subscribers, karena merekalah penonton setia anda nantinya.

Organize your content, menggunakan playlist di youtube.

Tulisan terkait

1 Comment

  1. Game is actually liked around the social networks and requirements a lot of expertise.
    The game has a lot of dragon consist of fire dragon, ice dragon, and more.
    s Dragon – Vale, which have been downloaded over 10 million times.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *