Tips Mengisi Formulir Aplikasi Beasiswa

Ini merupakan formulir yang paling awal diberikan oleh mereka, ini adalah tempat kita mengisikan berbagai data-data umum kita, seperti nama lengkap, tanggal lahir, kewarganegaraan, nama ayah dan ibu, pekerjaan ayah dan ibu, kemudian nama saudara-saudara kita, agama, kontak nomor telepon, email dan alamat rumah kita.

Persiapan Awal Mendapatkan Beasiswa
Persiapan Awal Mendapatkan Beasiswa

Selain itu, disini juga kita mengisikan sejarah pendidikan kita, biasanya diminta sejak SMP. Kemudian nilai kita dibandingkan rata-rata teman-teman di kelas, ranking kita, dan nilai ujian akhir nasional. Mereka juga akan meminta catatan dari prestasi di bidang akademik yang pernah kita raih, kemudian pengalaman organisasi kita, dan  kemampuan berbahasa asing yang kita miliki, ingatlah untuk memasukkan bukti-bukti fotokopian yang sudah dilegalisir dan sudah di-authorized translation-kan untuk setiap hal yang anda tuliskan disini, dan pastikan setiap hal yang anda tulis berhubungan dengan jurusan yang akan anda pilih.

Ini adalah formulir sederhana, namun sangat penting sebagai penilaian awal atas diri anda pribadi. Sebab dari sinilah pihak pemberi beasiswa akan menilai  anda dan memutuskan apakah anda berhak untuk ‘diperiksa lebih lanjut’ atau dieliminasi. Tentu tidak mungkin bukan tim penyeleksi yang biasanya hanya beranggotakan 3 sampai 5 orang akan membaca penuh setiap berkas aplikasi beasiswa yang dikirimkan kepada mereka yang jumlahnya ratusan, dalam waktu mereka yang sempit. Tentu tidak kawan, inilah hal pertama yang mereka baca, jika dari sini saja penilaian mereka sudah jelek, maka mereka tidak akan melihat dokumen-dokumen anda yang lainnya.

Jadi pastikanlah formulir ini anda isi dengan sebaik mungkin dan seakurat mungkin mengenai diri anda. Jujurlah dalam pengisiannya, jika memang anda belum pernah mengikuti tes TOEFL maka nyatakanlah bahwa anda belum pernah, dan sampaikan alasannya serta penggantinya sebagai bukti atas kemampuan berbahasa inggris anda.

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *