Tips Liburan Hemat ke Singapura

MRT singapura

Merencanakan liburan ke luar negeri nampaknya menjadi sebuah hal yang sangat wah, dan identik dengan budget yang besar. Namun siapa bilang liburan ke luar negeri selalu membutuhkan budget yang besar, Anda pun bisa liburan hemat ke luar negeri. Tak perlu jauh – jauh, Singapura bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

singapura

Sumber : youtube.com

Singapura merupakan salah satu destinasi favorit orang Indonesia yang ingin liburan ke luar negeri, selain jaraknya yang dekat, harga tiket pesawat menuju Singapura pun cukup murah. Terdapat beberapa maskapai Low Cost Carrier (LCC) yang menyediakan rute penerbangan ke Singapura, salah satunya adalah Airasia.

Anda dapat mencari harga tiket maskapai AirAsia yang paling murah untuk menuju Singapura, melalui Traveloka.com. Harga tiket dari Jakarta menuju Singapura pada umumnya berkisar antara Rp400.000 – Rp500.000, bahkan jika sedang promo Anda bisa mendapatkan harga yang jauh berada di bawah kisaran harga normal. Hal ini tentu dapat Anda manfaatkan untuk berlibur hemat ke Singapura.

stasiun MRT singapura

Sumber : amabeltravel.com

 

Selain memanfaatkan maskapai LCC beserta promonya, terdapat beberapa tips yang kamu harus perhatikan untuk liburan hemat di Singapura. Penasaran apa saja tipsnya untuk berlibur ala backpacker di Singapura? Simak ulasannya berikut ini.

 

  1. Pesan hotel Budget Murah

Setelah sampai di Bandara, Anda bisa menuju pusat kota dengan menggunakan Mass Rapid Transportation (MRT), yang berada di terminal 2 Bandara Internasional Changi. MRT adalah salah satu transportasi tercepat dan termurah yang dapat Anda gunakan di Singapura. Dari bandara untuk menuju pusat kota dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan MRT.

budget ke singapura

Sumber : ruthusher.com

Terdapat banyak penginapan yang dapat Anda temukan di pusat kota, Anda harus pandai dalam memilih hotel yang murah dan memiliki tempat strategis. Jika hotel masih dirasa cukup mahal, Anda dapat menekan budget dengan menginap di hostel. Jika ingin mencari penginapan, usahakan carilah penginapan yang dekat dengan stasiun MRT agar lebih mudah.

 

  1. Menggunakan Kartu MRT

Sebaiknya Anda menggunakan kartu MRT (multi trip) yang dijual untuk turis, karena dengan menggunakan kartu ini Anda akan mendapat dua kelebihan. Anda akan mendapat harga yang lebih murah dibanding tiket satuan, dan Anda pun dapat menggunakannya untuk bus umum.

MRT singapura

Sumber : 123travelguide.blogspot.co.id

Harga kartu ini sekitar SGD 12 dan sudah terisi saldo sebesar SGD 7, kartu ini dapat Anda beli di beberapa stasiun MRT. Jika saldo sudah hampir habis, Anda pun dapat membeli saldo dengan top up minimal sebesar SGD 10.

Satu lagi yang menarik dari kartu MRT ini, jika saldo Anda masih cukup banyak saat akan meninggalkan Singapura, maka Anda dapat mengambilnya sisanya dengan cara mengembalikan kartu ini. Jadi tidak rugi kan?

 

  1. Menggunakan Sim card Lokal

Jika Anda ingin up-to-date terus selama liburan di Singapura, maka sebaiknya Anda menggunakan sim card lokal seperti provider Singtel. Sim card provider ini dapat banyak Anda temukan di  toko Seven-Eleven. Harganya pun cukup murah, yaitu sebesar SGD 15 dengan saldo sebesar SGD 18. Pastinya saldo ini sangat lebih dari cukup untuk berlangganan paket data.

Namun jangan lupa untuk membawa paspor saat hendak membeli sim card, karena kamu akan diminta menunjukan paspor untuk melakukan verifikasi data.

 

  1. Mencari Makanan Lezat dan Hemat

Banyak terdapat tempat makan yang bisa Anda temui disini, termasuk warung khas Indonesia. Lauk pauknya lebih mirip dengan warteg, dan yang lebih penting lagi warung ini sangat murah. Untuk satu porsi dengan telur dan tahu goreng Anda hanya cukup membayar SGD 1 saja. Wah, sangat murah banget kan!

Warung makan halal khas India dan Melayu juga dapat Anda temukan di sini, seperti nasi briyani dan roti prata. Roti prata adalah salah satu cemilan murah namun cukup mengenyangkan. Cara memakan roti ini adalah dengan mencocol roti ke kuah kare, harganya pun hanya sebesar SGD 1. Wah, banyak ya makanan yang cukup murah dan mengenangkan yang bisa kamu temui.

 

  1. Jangan Berlebihan dalam Belanja

Cukup banyak wisatawan yang datang ke Singapura untuk berbelanja, nah jika Anda ingin membeli oleh – oleh di sini sebaiknya tidak perlu berlebihan, karena tujuan Anda adalah liburan dengan hemat. So jangan terlalu lapar mata, karena barang – barang tersebut juga mungkin dapat Anda temui di Indonesia.

Bagaimana? Cukup banyak ya hal – hal yang penting untuk diketahui para backpacker yang ingin mengunjungi Singapura. So, jangan khawatir jika ingin berlibur ke luar negeri meski dengan budget yang sedikit.

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *