Tips Dalam Menghadapi Ujian Nasional 2014 Dengan Baik

Naskah Soal UN SMK Bahasa Indonesia Tahun 2014

Ujian nasional menjadi momok bagi peserta didik baik untuk tingkat SD, SMP, maupun SMA. Beberapa persiapan pastinya sudah dilakukan untuk menghadapi ujian ini. Agar dapat menghadapi ujian dengan baik, sebaiknya hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Belajar adalah hal yang wajib. Namun perlengkapan saat ujian seperti pensil, bolpen, penggaris, penghapus, dan lain-lain perlu dibawa dengan lengkap agar tidak mengganggu konsenstrasi. Saat ujian, tetaplah bersikap tenang dan kerjakan dengan percaya diri sesuai dengan apa yang telah dipelajari.

Pahami soal ujian dengan benar dan cermat baru dikerjakan. Jangan sampai salah dalam memahami perintah soalnya. Tandai kata-kata kunci dari soal dan atur waktu berapa lama untuk membaca soal dan waktu untuk menjawab soal tersebut. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu baru yang sulit. Saat mengisi jawaban, sebaiknya hati-hati. Jangan sampai kertas jawaban robek atau basah atau terlipat apalagi kotor. Jika kertas lembar jawaban sampai kotor atau robek, dikhawatirkan nanti jawaban tidak bisa terbaca saat discan. Sehingga jawaban yang benar malah jadi salah.

Ketika soal sudah terjawab semua, sisihkan waktu sebentar untuk mengoreksi kembali jawabannya. Jangan terburu-buru meninggalkan ruangan jika sudah selesai. Pastikan tidak ada pertanyaan soal yang terlewatkan. Dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk selalu berdoa. Berdoalah di awal dan akhir ujian. Doa adalah hal yang wajib dilakukan karena tanpa berdoa tidak akan bisa berhasil dengan baik. Mohonlah bantuan kepada Tuhan untuk memudahkan dalam mengerjakan ujian nasional.

Description: Ujian nasional adalah hal yang paling ditakuti oleh setiap peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Dengan tips tersebut, diharapkan dapat mengurangi ketakutan dan menambah kesiapan dalam menghadapi ujian.

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *