Tiga Cara Menulis Buku Yang Baik dan Benar

cara menulis buku yang baik dan benar

Mungkin sebagian dari kita sering bertanya mengenai siapa penulis buku yang menjadi favorit kita. Rasa penasaran yang bercampur kagum akan kemampuan penulis tersebut dalam menciptakan sebuah alur cerita yang begitu menyenangkan pada saat dibaca. Selain mendapatkan kepopuleran, ternyata menjadi seorang penulis handal juga bisa menjanjikan penghasilan setiap bulannya. Dan bagi yang ingin menjadi seorang penulis namun masih bingung untuk memulainya, maka tips mengenai cara menulis buku yang baik dan benar berikut ini bisa saja membantu dan sedikit memberikan pencerahan.

cara menulis buku yang baik dan benar
cara menulis buku yang baik dan benar

Untuk dapat menulis buku dengan kualitas yang baik, maka syarat utama ialah dengan suka menulis. Hal pertama ini memang terlihat mudah dan gampang untuk dipraktikkan, namun pada kenyataannya hal pertama ini justru merupakan rintangan yang terberat. Ada satu pepatah mengatakan bahwa “Jangan harap dapat dicintai oleh orang lain, sebelum bisa mencintai diri sendiri”. Ungkapan tersebut memang jelas terbukti dalam hal menulis, dengan kata lain ingin menjadi penulis tetapi passion untuk menulis saja tidak ada, maka tidak akan menjadi apa-apa.

Tips berikutnya untuk menulis buka yang berkualitas ialah dengan menentukan ide. Banyak yang bilang bahwa mencari ide itu sulit, tetapi sebenarnya dalam mencari ide itu sangatlah mudah. Sumber inspirasi bisa didapatkan dimana saja, dan yang paling mudah ialah dengan mengarang buku secara fiksi. Dalam membuat buku yang bersumber dari khayalan merupakan langkah yang baik, karena pada dasarnya pola fikir manusia merupakan pola pikir yang visual. Tidak ada manusia di dunia ini yang memiliki konsep berfikir secara tekstual.

Cara menulis buku yang baik dan benar yang terakhir ialah selalu berpegang teguh terhadap konsistensi. Masalah konsistensi dalam menulis memang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Dan tips untuk tetap menjaga konsistensi itu terjaga, harus memiliki motivasi yang kuat. Seorang penulis hebat sudah pasti memiliki motivasi yang kuat. Dan salah satu motivasi yang paling kuat ialah motivasi untuk menunjukkan siapa diri kita ini sebenarnya kepada semua orang.

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *