Tes Interview Wawancara untuk Beasiswa (Bagian 2)

  1. Penampilan

Ketika anda mengetuk pintu dan dipersilahkan masuk ke dalam ruangan wawancara, apakah yang pertama kali dinilai oleh tim pewawancara ?

Apakah kemampuan akademis anda ?

Apakah semangat motivasi anda ?

Apakah pola pikir anda yang unik ?

Atau apakah kemampuan organisasi anda ?

tes wawancara beasiswa
tes wawancara beasiswa

Bukan itu semua kawan yang pertama kali mereka nilai, yang pertama kali mereka nilai adalah apa yang pertama kali muncul di hadapan mereka, yaitu penampilan anda. Baju dan celana apa yang anda kenakan, apakah sesuai dengan kondisi saat ini atau tidak. Kemudian apakah anda masih memakai topi saat memasuki ruangan wawancara. Terus mereka juga mengecek apakah anda mengunyah permen karet atau tidak saat berbicara dengan mereka. Dan hal-hal praktis lainnya yang berhubungan dengan penampilan anda. Oleh karena itu, saran terbaik dari saya adalah perhatikan dengan seksama penampilan anda. Karena kesan pertama dapat sangat berpengaruh bagi penilaian anda nantinya.

Gunakanlah kemeja yang sopan dan celana dasar kalau bisa, atau model-model baju yang semiformal lainnya. Jangan menggunakan parfum yang menyengat, cukup yang biasa-biasa saja. Lepaskan topi anda saat memasuki ruangan, anda bisa tetap memakai jaket anda jika misalnya jaket tersebut adalah jaket kebanggaan anda, yang anda dapatkan di sebuah kegiatan internasional atau hal-hal luar biasa lainnya.

Kemudian setelah berada di dalam ruangan, berusahalah untuk tetap rileks dan tenang, atur nafas anda, dan kendalikan emosi anda. Tanamkan dalam pikiran anda bahwa mereka yang berada didepan anda bukanlah orang-orang yang ingin mencari kekurangan anda, mereka hanyalah orang-orang yang ingin melihat kemampuan maksimal anda sejauh mana, dan menilai personalitas diri anda, jadi santai saja kawan.

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *