Techtalk 2, Autoreply Gmail, balas email otomatis sesuai keyword

Ini semua berawal ketika saya kerja di OPPO Smartphone (napa kerja di OPPO?? baca dimari http://ahmadarib.com/saya-kerja-di-perusahaan-hape-cina-hmm-why-bro.html), dan ditugaskan untuk membuat acara kampus, dan sebagai orang yang malas, saya pikir paling cepat terima sponsor kegiatan mahasiswa kemudian saya utak atik thema dan isi acaranya sehingga jadi bertemakan OPPO, sekalian bentuk OPPO Campus Club (OCC) waktu itu, nanti saya share juga cerita dibalik pembentukan OCC, cerita yang penuh nepotisme, wkwk.

Singkat cerita, karena malas saya bikin broadcast saja untuk disebar ketimbang cari kegiatan tanya sana sini, repot, detailnya apa yang saya lakukan bisa cek disini http://ahmadarib.com/proposal-seperti-apa-yang-biasanya-diterima-oleh-perusahaan.html

Postingan diatas dan broadcast request proposal dishare begitu banyak orang, dan proposal yang masuk ke email saya, luar biasa banyaknya, hingga sekarang setelah saya sudah satu tahun lebih resign dan sudah sekolah lagi. Dan sayangnya itu semua menggunakan email pribadi saya, yep to be honest waktu saya share itu dulu saya belum dapat email official kerja, yah sudahlah, jadi semuanya masuk ke email pribadi saya. Secara sederhana rasanya saya biarkan saja email2 itu masuk ke email saya, no problem, toh bukan urusan saya lagi kok, mereka juga bukan siapa-siapa buat saya kok itu yang kirim2 proposal ke saya.Tapi yah rasanya nggak professional  kalau mereka sama sekali tidak mendapat konfirmasi apapun atas action yang telah mereka lakukan, dan saya berjanji ke diri saya sendiri siapapun yang kirim email ke saya, akan saya respons, walau terkadang entah setelah beberapa hari saya respons, hehe.

Jadi, saya pikirkanlah cara untuk membalas email2 permintaan sponsor dan proposal ini.

Cara pertama, bikin template, save di draft, seminggu sekali email yang judulnya ada proposal, sponsor, dan sejenisnya akan saya reply dengan paste template email yang saya buat. Nah kalau seminggu sekali email yang masuk 20 atau 30 biji mending, ini ada seratusan email, 102, 114, 123 email perminggu, rutin tiap minggu. Setidaknya 2 jam mesti saya alokasikan untuk buka email satu-satu, paste email satu-satu.

Nahhhh, pass, saya terlalu malas.

Cara kedua, sebagai anak IT dan juga praktisi SEO ala kadarnya, saya punya software backlink yang jalan 24 jam di Virtual Private Server, jalan otomatis. It’s called automation.

autoreply gmail

Hmm, bisakah email saya diautomasikan untuk jawab satu-satu email orang yang mengajukan proposal, dan spesifik hanya ke yang nanya tentang proposal saja?

Hunting kesana kemari ketemulah script ini (well, sudah dibilang saya malas, capek coding sendiri, saya yakin udah ada yang bikin scriptnya, haha)

https://chrome.google.com/webstore/detail/email-autoresponder/aohckefanobajaljiobafejcdjjefejl?hl=en

It’s free!
It’s worked!
It’s created from Indian guy, well, jadi ingat dulu apply beasiswa S1 Computer Science ke India tapi gag dapat, gagal di interview di kedubes Indianya, kalo dapat dulu rasanya saya gag bakal semalas ini dan udah bisa bikin scriptnya sendiri, hehe.

Disana udah ada video penjelasannya, detail banget, dan simple untuk diikuti, cukup

  1. Add dulu Add-on ini di Chrome browser dari Google
  2. Buat draft email tempatenya, simpan di Draft
  3. Bikin rulenya, kalau rule saya “label:Inbox is:unread newer_than:2d proposal or permohonan or pengajuan or sponsor or bantuan”
    Yang secara umum artinya hanya reply email di Inbox (kotak masuk) yang Unread (belum dibaca), usianya belum sampat 48 jam (2d, 2 day, 2 hari) dan memiliki keyword proposal atau permohonan atau pengajuan atau sponsor atau bantuan, dan kalau ada email masuk serta di judul atau isinya ada salah satu keyword diatas, maka akan di execute script reply email otomatisnya. Mau bikin rule lain yang lebih advance, monggo cek semua operator variable Gmail disini https://support.google.com/mail/answer/7190?hl=en
Autoreply email berdasarkan keyword

Autoreply email berdasarkan keyword, Memasukkan Rule

 

autoreply gmail otomatis

autoreply gmail otomatis, contoh rule yang dimasukkan.

 

Dan hasilnya sebagai berikut

autoreply gmail berdasarkan keyword

autoreply gmail berdasarkan keyword, itu dibalas oleh autoreply semua, ada satu case salah kirim ke Jagoan Hosting itu diatas, sisanya pas dan benar sesuai harapan. Dan semua email yang sudah direspons akan dibeli label Responded.

 

Autoreply email, jeda waktu balas yang singkat

Autoreply email, jeda waktu balas yang singkat, diatas hanya 37 menit, karena scriptnya jalan cek tiap jam, otomatis 😀

Serta ada reportnya juga di Google sheet akun gmailnya.

Autoreply gmail, report sent by script

Autoreply gmail, report sent by script

Nah, demikian Techtalk 2 kali ini, semoga bermanfaat. kalau kata Abdi rekan ngobrol Tekno saya, yang fokus di network, “Automate everything, and let we just dowbload movie and watch it and getting paid.” He is damn lazy guy, mentang-mentang kerja di server, internet kenceng bawa hardisk eksternal mulu buat download.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YOU MAY LIKE