Techtalk 1, Blogspot & Gmail are Toooo Mainstream!

menjadi berbeda

Sooo, setelah Live Report bulan ketiga, salah satu teman ngobrol teknologi saya protes.
“Bro, ente nulis tentang pendidikan sama kehidupan mulu, padahal ente orang teknologi, sesekali share lah tentang teknologi'”

Well, sejujurnya saya malu kalau mau nulis tentang teknologi, belum qualified rasanya, masih jadi anak sekolahan hingga sekarang. Tapi ya rasanya beberapa waktu belakangan beberapa teman saya dari IT yang mulai masuk dunia kerja mulai nanya-nanya tentang beberapa hal yang saya gunakan sejak dulu, hal-hal yang saya pahami, dan rasanya tidak salah juga berbagi ke publik beberapa hal kecil yang saya pahami dan sejauh ini membantu saya. Walau saya yakin yang terbantu dan mengaplikasikannya cuma 1 atau 2 orang ya tidak masalah, sesuai hadist “sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Dan untuk topik pertama adalah, jeng jeng jeng
Blogspot & Gmail are toooo Mainstream!
Well, lebih tepatnya yang saya maksud adalah .blogspot.com sama @gmail.com sih, haha, lha, apa bedanya? akan saya jelaskan dibawah.

Blogspot.com are toooo Mainstream

Sekarang adalah jamannya personal branding, facebook, twitter, instagram, youtube, you name it all!
Dan tak ketinggalan juga blog pribadi.
Melalui blog pribadi kita bisa menyampaikan ke publik tentang siapa kita, hal-hal apa saja yang kita pahami, dan di bagian apa saja yang kita cukup expert di dalamnya.
Dan untuk media blog pribadi, yang terkenal sejauh ini adalah Blogspot.com, mudah dikelola, gratis (siapa yang gag suka gratisan), dan mudah dipahami untuk penggunaannya.
Tapi, karena kemudahan-kemudahan inilah juga menurut saya pribadi memiliki blogspot.com tidak menjadi ekslusif lagi, anda punya blogspot and then so what? Malah kesannya blogspot itu untuk anak-anak SMA yang mengisinya dengan puisi-puisi atau diari masa SMA 😀
Jauh lebih baik untuk memiliki domain sendiri, yep, “nama website” istilahnya adalah domain. “ahmadarib.com” ini artinya memiliki domain .com, ada juga domain .co.id seperti “bankmandiri.co.id”
Jujur aja, antara ahmadarib.blogspot.com sama ahmadarib.com mana yang lebih “terlihat” eksklusif dan lebih bisa dipercaya?
Dan seluruh dunia ini bakal cuma ada 1 ahmadarib.com, gag ada yang punya ahmadarib.com yang lain selain saya.
Karena nama domain hanya bisa dimiliki satu saja, tidak bisa double dan sudah diatur oleh ICANN (The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Nah, yang bisa memiliki domain ini bukan cuma orang-orang tertentu saja, tapi setiap orang bisa memilikinya, tinggal beli saja domain, paling 150.000 setahun, mahal? hmm, ntar dibawah kita cek hitung-hitungannya.

Dan sejujurnya, kamu tetap bisa menggunakan blogspot kok, dengan domain sendiri, namanya blogspot custom domain.
Walau saya sendiri tidak prefer menggunakan blogspot, namun langsung menggunakan wordpress saja di domain yang saya beli.
Dan hal ini mensyaratkan tambahan 100.000 setahun untuk hostingnya.

@Gmail.com are tooo Mainstream

Gmail kamu yang sekarang pake apa hayo? gmail.com? yahoo.co.id?
Udah mainstream, semua orang juga punya.
Yang anti mainstream itu kalau kamu punya alamat email dengan nama sendiri, misal, mail@ahmadarib.com
Dijamin, ketika apply apapun via online punyamu bakal menarik perhatian ketimbang yang lainnya, dan ini sudah saya buktikan sendiri, daftar ini itu lalala macam2 pake alamat email domain sendiri menurut saya membuat aplikasi apapun menjadi stand out from the crowd.

Dan apakah memilikinya sulit, nggak, kata siapa. Dengan memiliki hosting, sebagai tambahan dari domain yang sudah saya jelaskan diatas, kamu udah bisa punya alamat email sendiri, configurasinya ada di Cpanel namanya, tinggal klik menu Email Account > Create New Account, kasih mau namanya apa gmail@namakamu.com kek, atau apa aja bebas, kemudian kasih passwordnya apa, sudah deh.
Kamu bisa akses email ini via online, di Cpanel nantinya, full function email, walau memang tampilannya gag sekeren gmail, dan spacenya disesuaikan dengan ukuran space hosting yang kamu beli.

Masih mau tetap pake gmail namun dengan domain sendiri, bisa!
Namanya Gmail Custom Domain, saya pake service ini untuk mail@ahmadarib.com, why? spacenya jauh lebih gede, 30Gb untuk email saja, dan saya butuh space email yang besar dikarenakan banyak proposal masuk, dari jaman kerja di OPPO lalu, sampai sekarang masih masuk juga, buset, perminggu rasanya ada puluhan proposal yang masuk, dan saya reply semuanya satu persatu, iya bener satu persatu, secara otomatis tentunya, capek kali reply email satu-satu tiap minggu ada puluhan email. Ntar deh mungkin di next Techtalk saya bahas autoreply engine untuk gmail.

Hitung-hitungannya

Oke, simple aja, sekarang kita hitung-hitungan deh, ini semua berdasarkan yang saya alami ya, hasil masing-masing orang bisa jadi sangat berbeda.
Domain : 150.000,-
Hosting: 100.000,-
Total 250.000,- pertahun.

Benefit?
– Jadi Google Student Ambassador, flight PP Jkt-Yogya + menginap seminggu di Hyatt regency Yogyakarta (kurang lebih Rp 10.000.000,-), reviewnya dimari http://ahmadarib.com/search-summit-2013-with-google.html
– Jadi XL Future Leaders, Pulsa 200.000/bulan x 24 bulan + Smartphone + Laptop = 14.000.000, yang mahal sebenarnya kurikulum dan pembelajarannya dari facilitator kita, Deedee yang super sekali, duh itu mahaalll sekali, reviewnya dimari http://ahmadarib.com/xl-future-leader.html

– Jadi magang di P&G 5 bulan, gaji hmmm, gag boleh publish sebenarnya, but yeah it’s one of the highest paid internship in Indonesia, reviewnya dimari http://ahmadarib.com/pg-dari-banting-stir-ke-fmcg-bro.html
– Kerja di OPPO smartphone 5 bulan, interview bentar, gag lama kemudian diterima, saya masuk kerja persis setelah wisuda, gaji juga gag boleh publish apa boleh ya, lupa saya peraturan HRD nya, haha, tapi gaji magang di P&G lebih gede dari first time job ini, gag saya ambil fulltime employee offernya, karena keburu kabur sekolah, reviewnya dimari http://ahmadarib.com/saya-kerja-di-perusahaan-hape-cina-hmm-why-bro.html– Dapat beasiswa S2, yeay, haha, nominalnya 8.000.000 rupiah/bulan untuk biaya hidup, biaya study silahkan cek sendiri webnya sjtu.edu.cn, haha, selama 2 tahun. Kecil banget sih ketimbang teman-teman saya yang di UK, Eropa atau Amerika sana, but yeah who the hell care, it’s pretty damn big for me, haha. Bukan review sih, tapi yah sekadar tulisan yang relevan dimari http://ahmadarib.com/s2-yang-indah-itu-ketika-s2-keluar-negeri-barengan-si-dia-gratisan-lagi.html

Masih mikir stay di blogspot & gmail?

menjadi berbeda
menjadi berbeda

Kunci untuk mendapatkan hal-hal yang kebanyakan orang lain tidak dapatkan itu sederhana, lihat apa yang mereka tidak lakukan, dan lakukan hal itu. Jadilah berbeda, jadilah anti-mainstream dan mencolok dari orang lainnya, dan seringkali hal itu butuh pengorbanan di awalnya, seperti 250.000 diatas, namun percayalah, itu worth it untuk setiap rupiahnya.

Salam pendidikan gratisan!

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *