Situs Update Lomba dan Kegiatan

Mengikuti Lomba Lomba dan Kegiatan

Ada 2 situs yang selama ini penulis gunakan untuk update info-info lomba terbaru, yang pertama adalah

Ajangkompetisi.com

Yang kedua

Lombaapasaja.com

Mengikuti Lomba Lomba dan Kegiatan
Mengikuti Lomba Lomba dan Kegiatan

Kedua situs ini menurut penulis yang paling sering dan paling lengkap menyediakan informasi tentang kompetisi nasional dan internasional. Bacalah secara rutin situs tersebut, minimal seminggu sekali, temukan bidang lomba yang cocok dengan anda, dan ikuti!

Masalah menang atau kalah itu nomor dua, yang penting anda sudah mengikuti lomba tersebut, yang jelas pastinya akan menambah pengetahuan dan pengalaman anda di kompetisi tingkat nasional kawan. Dan jika menang, anggaplah itu sebagai bonus bagi anda, jangan jadikan menang sebagai tujuan utama anda mengikuti lomba dan kompetisi yang ada.

Nah sekarang, bagaimana dengan kompetisi luar negeri?

Bagaimana untuk mendapatkan sertifikat dari luar negeri?
Munginkan itu terjadi?

Sulitkah untuk mendapatkannya? Tidak juga sih menurut penulis pribadi.

Asalkan saja anda tahu cara-cara mudah untuk mencapainya dan mendapatkannya. Meskipun anda dan saya bukanlah seorang jenius yang memenangkan OSN nasional atau seorang debaters tangguh tingkat nasioal. Yah, cara ini saya desain khusus untuk mereka yang biasa-biasa saja, karena sayapun sebenarnya biasa-biasa saja, sama seperti anda.

Meskipun tidak sebanyak cara-cara di lomba nasional, namun syukurnya saya masih menemukan 2 cara bagi anda untuk mendapatkan sertifikat tingkat internasional. Apa sajakah itu.

Yang pertama, adalah mengikuti seleksi kegiatan pertukaran pelajar internasional, seperti JENESYS PROGRAM, AFS PROGRAM, KL-YES PROGRAM, dll. Penulis cukup beruntung untuk bisa mengikuti salah satu program diatas, yaitu JENESYS, lumayan lho kawan, 10 hari jalan-jalan dan belajar di Tokyo dan Okinawa, Jepang, dibiayai secara full oleh pemerintah Jepang, hehe. Kalian bisa cek di website official mereka, yaitu di

http://bina-antarbudaya.info

Cek terus perkembangannya dan info-info terbaru dari mereka, dan jangan segan-segan untuk mencari dan menghubungi kantor AFS yang berada di sekitar daerah anda.

Atau bisa juga anda mengikuti program internasional yang lain, seperti kegiatan jamboree international pramuka, atau kegiatan internasional Red Cross, sesuaikan saja dengan bakat dan minat anda, dan cari informasinya seakurat mungkin.

Kemudian cara kedua adalah melalui lomba-lomba internasional, yang diadakan secara online dan elektronik. Apa maksudnya ini ? Maksudnya, kita berpartisipasi dalam lomba dan kompetisi tersebut menggunakan media internet untuk mengirimkan hasil pekerjaan kita. Misalnya saja lomba menulis artikel, essay, lomba foto, atau lomba video.

Untuk informasinya, penulis biasanya melihat dari website berikut

http://studentcompetitions.com

Kalau ada daftar situs yang lain, bisa share di form komentar bawah ini.

Tulisan terkait

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *