Sharing Pengalaman Pak Hasnul Suhaimi, CEO Xl Axiata Tbk

CEO Meeting bareng Pak Hasnul Suhaimi
CEO Meeting bareng Pak Hasnul Suhaimi
CEO Meeting bareng Pak Hasnul Suhaimi

Setelah sharing tentang kegiatan XL Future Leaders dari XL Axiata, saya rasa ada baiknya jika saya memperkenalkan sosok hebat pemilik ide brilian tersebut, yakni Pak Hasnul Suhaimi, CEO XL Axiata Tbk sejak 2006 yang lalu. Pak Hasnul Suhaimi sudah sharing di depan saya sebanyak 3 kali, yang pertama adalah di national gathering XL Future Leaders pertama, di Graha XL, bersama dengan 120 XL Future Leaders lainnya. Yang kedua di Pusat Studi Bahasa Jepang, Universitas Indonesia, pada saat roadshow XL Future Leaders ke UI. Dan yang ketiga inilah yang paling berkesan, sharing secara ekskusif kepada 19 mahasiswa anggota StudentsXCEOs (organisasi future busines leaders, dimana saya member terpilihnya) chapter Jakarta dan Bandung, di ruangan meeting CEO Office, lantai 8, Menara Prima.

Pada 2 pertemuan sebelumnya, dia tidak pernah bicara secara sendiri dan eksklusif, selalu ditemani orang lain (pertemuan pertama bersama CEO Indosat, Alexander Rusli, pertemuan kedua bersama kang Goris, entrepreneur muda sukses) dan durasi yang sangat singkat, tidak sampai 1 jam. Namun pada saat sharing eksklusif kali ini, beliau sendirian sharing, dari jam 2 siang sampai jam setengah 6, wow, 3 setengah jam kami bersama belajar dan sharing mengenai CEO, mengenai XL Axiata, mengenai bagaimana menjadi seorang CEO perusahaan, dan sharing pengalamannya selama menjadi CEO. Berikut ini beberapa ringkasan dari sharing kami yang luar biasa itu.

Bermula dari Kecil, Ciptakan yang Lebih Besar, by Hasnul Suhaimi

Setiap orang, pasti memiliki satu cerita sukses di masa kecil mereka, kesuksesan kecil inilah yang perlu untuk diingat, bahwa kita merupakan pribadi yang hebat, bahkan sejak kanak-kanak. Dan dari kesuksesan kecil ini, kita memperbaiki diri, mendapatkan kesuksesan yang lebih tinggi, kemudian evaluasi dan meningkatkan kapabilitas diri, sehingga mencapai kesuksesan lagi, begitu seterusnya. Seperti kisah pada Pak Hasnul yang menjadi juara pidato saat Sekolah Dasar, yang menjadikannya menyadari kemampuan hebat yang dimilikinya.

Pak Hasnul berkata, Globalisasi telah membawa perubahan besar pada lingkup kepemimpinan bisnis di Indonesia. Pada saat jaman dia dahulu, saingannya masih orang-orang Indonesia, belum banyak expatriat yang masuk dan bekerja di Indonesia. Namun saat ini, pada saat kami nanti dewasa dan siap menjadi pemimpin bisnis, saingan kami bukan hanya orang-orang Indonesia, tetapi Eropa, Afrika, terutama China dan India. Mereka memiliki kapabilitas yang luar biasa, kecerdasan yang tinggi, kemampuan komunikasi bagus, pemahaman bisnis yang hebat. Namun kita sebagai orang Indonesia tetap memiliki kelebihan yang tidak mereka miliki, yaitu pemahaman atas market Indonesia. Kita tahu bagaimana kultur budaya orang Indonesia, kita tahu bagaimana bekerjasama dengan orang-orang Indonesia, serta kita tahu dengan jelas bagaimana menjual kepada orang-orang Indonesia.

Diamond utama Korporasi, by Hasnul Suhaimi

Presentasi Pak Hasnul Suhaimi
Presentasi Pak Hasnul Suhaimi

Menurut penjelasan Pak Hasnul, kegiatan utama sebuah korporasi bisa digambarkan sebagai diamond di samping, terdapat 4 komponen, yaitu Marketing, Human Relation, Finance, dan Operation. Untuk menjadi seorang CEO, setidaknya harus sudah masuk ke dalam 3 dari 4 bagian diamond ini. Sehingga pada saat memimpin perusahaan nanti, seorang CEO dapat memiliki pandangan helikopter yang total dan menyeluruh mengenai suatu masalah korporat. Pak Hasnul Suhaimi menyatakan bahwa dia memulai karirnya dari diamond Operation, sebagai lulusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung, pekerjaan pertamanya adalah sebagai tukang solder di perusahaan pertambangan bernama Schlumberger. Kemudian memutuskan untuk pindah ke Indosat sebagai teknisi tower Indosat.

Suatu ketika, dia menceritakan bahwa dia dan timnya baru saja melakukan tugas berat yang membuatnya bergadang selama 3 bulan penuh, waktu itu Indosat ingin memperluas jangkauan BTS-nya dalam waktu yang singkat. Ketika pekerjaan tersebut selesai, Pak Hasnul menghadap ke rapat direksi, dan melaporkan kepada atasannya. Sang atasan mengucapkan terima kasih dan meminta direksi yang lain untuk bertepuk tangan atas kerja keras tim teknis oprasional. Setelah itu atasan tersebut kembali membahas mengenai marketing dan sales. Betapa panasnya hati Pak Hasnul, merasa tidak dihargai, merasa kerja kerasnya hanya dipandang sebelah mata saja oleh pimpinannya.

Sehingga dia kemudian menemui seorang temannya yang merupakan konsultan bisnis, dia menyarankan Pak Hasnul untuk pindah ke diamond lainnya, dan menyarankan Pak Hasnul untuk mengambil MBA, maka Pak Hasnulpun mengambil MBAnya di Universitas Hawaii, Amerika Serikat. Setelah lulus, beliau masuk ke diamond marketing, beberapa tahun berselang beliau masuk ke diamond finance, tak lama setelah itu beliau menjabat direktur Utama Indosat dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2006. Dan sejak 2006 sampai dengan saat ini menjadi CEO di XL Axiata.

8 Disciplines of Excellence, by Hasnul Suhaimi

Presentasi Pak Hasnul Suhaimi 2
Presentasi Pak Hasnul Suhaimi 2

Dari keempat diamond utama, bisa dijabarkan 8 disciplines of excellence untuk menjadi excellence leader, yang pertama Brand haruslah dipercayai, yang kedua produk harus relevan, ketiga profit yang real, keempat investasi haruslah cerdas, kelima eksekusi yang dijalankan, keenam sistem yang simple, ketujuh teamwork harus saling membantu, dan kedelapan motivasi untuk menyemangati. Mungkin akan saya lanjutkan lagi di postingan berikutnya mengenai sharing dari Pak Hasnul Suhaimi, maklum, sudah malam banget nih nulisnyanya, hehe.

Tulisan terkait

2 Comments

  1. Good article: Sharing Pengalaman Pak Hasnul Suhaimi, CEO Xl Axiata Tbk | AhmadArib.com. This web page is known as a walk-via for all the information you wanted about this and didn’t know who to ask. Glimpse right here, and also you’ll undoubtedly uncover it.

  2. That is the proper weblog for anybody who needs to find out about this subject: Sharing Pengalaman Pak Hasnul Suhaimi, CEO Xl Axiata Tbk | AhmadArib.com. You realize so much its almost exhausting to argue with you (not that I really would need…HaHa). You positively put a new spin on a topic thats been written about for years. Nice stuff, simply nice!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *