Seleksi XL Future Leader

Seleksi XL Future Leader, setelah sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai apa itu XL Future Leader, apa saja kegiatan yang kami lakukan. Nah, kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana proses seleksi XL Future Leaders itu sendiri, sehinga bagi anda yang berminat, atau ada saudara maupun teman anda yang berminat, dapat segera bersiap-siap, dan mengintip beberapa tips sukses agar aplikasi menjadi XL Future Leader diterima oleh pihak XL, dan berhasil menjadi salah satu XL Future Leader.

Tahapan seleksi XL Future Leader

Website XL Future Leader
Website XL Future Leaders

1. Seleksi Administrasi secara Online

Anda diminta untuk mengisi form pendaftaran secara online yang disediakan oleh XL Axiata melalui website mereka di xlfutureleaders.com, bisa anda cek segera di website tersebut. Beberapa hal yang menjadi poin utama dalam seleksi administrasi ini seperti nilai IPK (minimal 2,8 ya), kemudian tanggal lahir anda (mereka menerima mahasiswa usia 18 sd 21 tahun saja), prestasi akademik dan nonakademik, pengalaman organisasi, data diri, data keluarga, CV anda, dan essay mengapa mereka seharusnya memilih anda. Isilah daftar ini dengan sejujur mungkin, karena mereka juga akan memverifikasikannya secara langsung nanti jika anda lolos ke tahap berikutnya. Dan walaupun jujur, usahakan untuk membuat aplikasi online yang semenarik mungkin, jangan takut jika misalnya prestasi akademik anda tidak terlalu banyak, jangan takut jika anda tidak lancar berbahasa Inggris. Ingatlah bahwa mereka mencari calon pemimpin masa depan, maka tunjukkan kepercayaan diri anda, dan kapabilitas anda selama ini sebagai seorang pemimpin yang sukses. Pengalaman organisasi jelas memiliki pengaruh besar dalam penilaian awal mereka ini. Seleksi administrasi XL Future Leader sudah dimulai sejak Mei hingga Juli, anda sudah bisa mendaftar sekarang secara online. Sekali lagi ingat, usahakan untuk membuat aplikasi semenarik mungkin, akan ada lebih dari 5.000 aplikasi yang masuk ke daftar panitia dari seluruh penjuru Indonesia, dan mereka hanya akan mengundang sekitar 500 sd 600 mahasiswa untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya untuk XL Future Leader.

2. Seleksi Potensi Akademik dan Kepemimpinan

Kalau anda sudah mengenal tes TPA (Tes Potensi Akademik) bagus, tapi mereka memberikan jenis tes yang tingkatannya jauh lebih tinggi dari TPA, yaitu GMAT (General Management Aptitude Test). GMAT kalau yang sering dengar sistem pendidikan luar negeri, merupakan standar internasional untuk mengetahui dan menilai kemampuan akademik seseorang sekaligus kemampuan manajerialnya dalam mengelola tugas, memilih pilihan, dan berbagai hal lainnya. Akan sangat bagus jika anda sedikit mempelajari test GMAT ketika anda telah diberitahukan bahwa anda lolos ke tahapan ini untuk program XL Future Leader, test ini diadakan pada Agustus.

3. Seleksi Kemampuan Bahasa Inggris dan Assessment Camp XL Future Leader

Tes kemampuan bahasa Inggris ya seperti tes bahasa Inggris pada umumnya lah, ada listening dan reading standar. Kalau udah pernah test TOEFL dan TOEIC pasti gag akan dapat masalah untuk mengerjakan soal-soal bahasa Inggris ini. Semuanya banyak ke percakapan sehari-hari kok, tidak banyak gramatical dan hal-hal teoritis seperti test di kampus dan sekolahan dulu. Setelah paper test, juga akan ada presentasi yang dideliver menggunakan bahasa Inggris, mengenai sebuah topik bisnis telekomunikasi. Dan juga akan ada Focus Group Discussion (FGD), FGD merupakan sebuah test untuk menilai kemampuan seseorang dalam berdiskusi, bagaimana cara dia berinteraksi dalam grup, apakah mendominasi, apakah diam, apakah ada inisiatif, apakah egois, apakah macam-macam hal lainnya yang bisa dinilai disini.

Dan yang selanjutnya adalah assessment camp, nah yang ini baru tahun kedua dimunculkan, tahun pertama tidak ada. Jadi menurut penjelasan pihak XL Axiata, Assessment camp ini nantinya akan menilai individu dalam hal ketangkasan belajar dan fleksibilitas, pemikiran analitis dan inovatif, kemampuan berkomunikasi, serta kemepimpinan. Seleksi tahap ketiga XL Future Leader akan diadakan pada September.

4. Seleksi Wawancara Final XL Future Leader

Setelah anda lolos ke tahap ketiga, akan ada wawancara final dengan pihak XL Axiata, tidak banyak sih yang didiskusikan dalam wawancara ini. Mereka hanya akan memastikan kesiapan anda dalam mengikuti program XL Future Leader nantinya, serta bagaimana diri anda yang sebenarnya, menurut penilaian langsung dari pihak XL Axiata. Wawancara final biasanya berjarak hanya satu hari dari seleksi ketiga.

Dan setelah wawancara final, mungkin sekitar satu minggu, akan diumumkan ke 120 mahasiswa terpilih se Indonesia untuk mengikuti program XL Future Leaders, menjadi junior kami nantinya, haha. Bukan main lagi, gag sabar nih lihat siapa saja yang akan menjadi keluarga baru di XL Future Leader, akankah anda menjadi salah satunya ?

 

Ssstt, ikut seleksi XL Future Leaders 4?
Cari nama saya deh Ahmad Arib di pemberi informasinya, pilih dulu Teman XLFL, nanti kalau kamu ada nanya2 seleksi XLFL bakal saya bantuin deh infonya, hehe 😀

Tulisan terkait

28 Comments

  1. Kak, numpang nanya kak, nanti tes tulis sama wawancaranya ada dimana ka? apakah ada di setiap kota provinsi di indonesia ka? Trus misalnya kalau tes tulisnya di tempat yang jauh, apakah ada kompensasi biaya untuk transportasinya ka?

    1. Biasanya di kota-kota besar yang ditentukan.
      Nggak ada kompensasi biaya buat ikut testnya kalau dari jauh, anggap aja ini investasi untuk pendidikanmu 2 tahun ke depan, willing atau nggak. Tahun lalu pas kk jadi panitia seleksi web online (tahun ini juga, 2 tahun yang lalu juga, kamu input data di web kk bisa cek, hehe), ada peserta yang ambil flight dari kalimantan buat test di Jakarta, karena di kota lain di Kalimantan yang lain biaya flightnya juga sama aja, eh lolos dia, paid off bayar flight sama nginap rumah saudara/teman pas di Jakartanya dengan flight dari XL tiap 2 bulan sekali demi pendidikannya di program XLFL.
      Your choice 🙂

  2. Halo kak, salam kenal, saya Inas dan tadi baru saja menerima pemberitahuan bahwa saya lolos ke tahap tes tulis. Nah untuk tes tulisnya sendiri itu pas angkatannya kakak mulai jam berapa ya kak? Lalu FGD nya dilakukan dengan pengantar bahasa Inggris atau bahasa Indonesia? Terimakasih kak 🙂

    1. Halo Edison, bentar lagi mau buka nih batch 3, get ready ya, TVC nya ntar bakal ada Pak Hasnul lho, hhe. Roadshow mulai awal Mei, kamu kuliah dimana? Rasanya perlu daftar dulu deh buat ikutan roadshow, karena seatnya terbatas.

  3. kalau test potensi akademik dan managemen itu hanya MGAT saja atau dengan test TPA yg biasa ada di soal2 SNMPTN juga? 😀

    1. MGAT saja Chofie Thehrani, gag pake test TPA. Mau daftar nih XL FL batch 3, kita udah siap-siap mau Roadshow lo, Kamu di Univ dan kota mana ?

  4. Maaf, boleh minta nomer handphone bang Arib gak? Biar lebih intens ngobrolnya lewat sms/telpon :). Saya udah add facebook bang Arib dengan nama asli saya, kalo gak mau lewat komentar blog ini, bisa lewat pesan di facebook, makasih 🙂

  5. umur saya sekarang 21 tahun, nah nanti di bulan juni 2013 22 tahun. apa masih bisa daftar? mohon balasan..

    1. Pertanyaan yang sama ditanyakan oleh anak UI sewaktu roadshow XL Future Leaders di UI beberapa waktu lalu, dijawab langsung oleh CEO XL, Pak Hasnul, boleh, tidak masalah, silahkan daftar 🙂
      Good luck Adelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *