SEARCH SUMMIT 2013 with Google

SEARCH SUMMIT 2013 with Google in Yogyakarta, Indonesia

SEARCH SUMMIT 2013 powered by Google untuk regional South East Asia kali ini diadakan dimana hayo, coba tebak ? Sekedar clue saja ya, tahun 2013 merupakan tahun kedua SEARCH Summit untuk ASEAN, yang pertama tahun 2012, dilaksanakan di Google HQ Singapura, wooowww, keren. Itu tahun diatas saya, nah tahun saya menjadi GSA, yakni tahun 2013 ini, SEARCH Summit awalnya diinformasikan diadakan kembali di Singapura, yeah, udah senang banget waktu itu, jalan-jalan ke Luar Negeri deh rencananya.
Namun ternyata, SEARCH Summit tahun ini diadakan di Yogyakarta, tepatnya di Hyatt Regency Yogyakarta. Respon pertama saya, Ya Salam, gag mesti ikutan Google juga udah beberapa kali saya ke Yogya, dan pupuslah harapan jalan-jalan ke Singapura, hadeh.
Tapi, bagaimanapun ini Google lho vendor kegiatannya, perusahaan multinasional yang energik dan keren banget. Maka okelah, pasti ini bakal keren parah acaranya. Apalagi kami sebagai tuan rumah (GSA, GBG, dan GDG Indonesia) untuk menjamu ratusan tamu Googlers se-ASEAN di bumi pertiwi. Wah, jadi deg degan parah lah, secara, biasanya Indonesia menjadi tamu di negeri orang, nah kali ini Indonesia dipercaya oleh Google menjadi tuan rumah acara bergengsinya se-ASEAN.

SEARCH SUMMIT 2013 with Google in Yogyakarta, Indonesia
SEARCH SUMMIT 2013 with Google in Yogyakarta, Indonesia

Denger-denger sih, Google memberikan perhatian lebih kepada Indonesia sejak tahun 2012 lalu, dimana mereka mengadakan G Day untuk pertama kalinya (saya saat itu ikut menjadi peserta), kemudian juga pada tahun itu mereka membuka kantor Google Indonesia, walaupun sampai saat ini personelnya baru beberapa belas orang saja., dan itu juga baru bagian Marketing dan Analyst-nya saja, belum ada Engineer-nya.

Acaranya, sumpah seru banget, itu orang-orang Google heboh banget bikin acara. Mungkin akan saya breakdown menjadi beberapa subtopik

Peserta SEARCH Summit 2013 with Google

GSA GBG GDG di SEARCH Summit 2013
GSA GBG GDG di SEARCH Summit 2013

Secara umum, ada 4 kelompok peserta di SEARCH Summit 2013 ini, yang paling banyak dan paling heboh adalah Google Students Ambassador se-ASEAN, dari Indonesia (pasti lah), Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Pakistan, Bangladesh, dan Brunei Darussalam. Kemudian ada Google Business Group, teman-temannya Ko Yansen Kamto muncul semua dah disini yang se-ASEAN. Kemudian ada Google Developer Group, ehm, saya gag begitu akrab sih personally dengan orang-orang di GDG. Dan yang terakhir adalah Map Maker. Kami berempat memiliki sesi workshop terpisah, namun tetap di aula utama untuk acara ceremonial bersama-sama. Yang menjadi panitia dan penyelenggara adalah tim Google bersama Google Business Group Indonesia, kerjaannya ko Yansen, dan beberapa GSA alumni tahun kemarin.

Pembicara SEARCH Summit 2013 with Google

Pembicara di SEARCH Summit ada banyak banget, berhubung kami juga mendapatkan materi yang cukup padat, mulai dari sharing GSA tahun 2012, tentang apa saja tugas dan kewajiban sebagai GSA, bagaimana cara kami menjalankan tugas sebagai GSA, juga materi-materi yang berhubungan dengan produk-produk Google yang harus kami pahami. Jelas, sebagai seorang duta Google, kami harus mengerti luar dalam dong tentang Google sebagai perusahaan dan produk-produknya, mulai dari Google Apps for Education, Googe Search Engine, Gmail, Google Maps, G+, Youtube, Adsense dan Adwords, serta banyak hal lagi, secara, mbah Google bikin produk banyak banget deh.

Hal-Hal Menarik di SEARCH Summit 2013 with Google

Makanannya, hahaha, ya ampun, entah mengapa walaupun badan saya kecil begini, tapi saya hobi banget makan, ngemil, dan minum-minum apa aja. Dan acara SEARCH Summit ini layaknya surga bagi saya, jadi begini, di Google itu ada budaya ngemil yang bebas di kantor, sehingga pada Summit kali ini, disediakan cemilan yang banyak banget di pintu depan masuk aula utama, ada es krim, ada tango, snack Taro, dan semacamnya. Serta di bagian belakang aula utama, ada meja-meja besar yang diisi dengan kue-kue tradisional nusantara, beserta minuman-minuman khas daerah di Indonesia, seperti es teler, es campur, dan lainnya. Dan semua makanan itu bebas untuk diambil sepuasnya, gratissss, dan ambil kapanpun kita mau, bahkan di tengah-tengah sesi speaker bicara, it’s okay guys.

Saya belum pernah mengalami hal ini sebelumnya, dimana anda boleh mengambil makanan, dan makan serta minum teh atau kopi sambil mendengar pembicara bicara di depan panggung. Sebanyak-banyak workshop yang telah saya ikuti, semua melarang hal itu, karena dianggap tidak menghargai pembicara dan menjadi tidak fokus. Tapi Google berbeda, mereka percaya bahwa selama kita mendengar dan memahami apa yang pembicara katakan, maka oke-oke saja jika anda sambil makan. Bahkan jika anda tidak tertarik dengan pembicara tersebut, anda boleh mengabaikannya. It’s your right, we don’t wanna force you to LEARN, you must learn by your own WILLING.

Search Summit 2013 with Google
Search Summit 2013 with Google

Kemudian, untuk pertama kalinya, saya presentasi dan maju ke depan panggung, ngomong di depan ratusan delegasi Google se-ASEAN, dengan beberapa Google people, pake sendal jepit Indomaret, baju batik santai, dan celana jeans. Karena memang saya lihat ada pembicara yang pake sendal juga sebelumnya, dan celana santai, and yes they’re okay with that. People respect you by what you say and what you do, not what you wear.

 

Untuk hal-hal lain yang mau anda ketahui seputar SEARCH Summit 2013 with Google, bisa anda cek koleksi foto-fotonya di

https://plus.google.com/105514615376512358166

Tulisan terkait

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *