Plan A-B-C untuk Merencanakan Kuliah Nantinya

Untuk menyusun rencana jurusan dan tempat kuliah yang kita inginkan, mari kita membahas Plan A-B-C.

Apa itu Plan C, ini merupakan planning yang menurut anda paling mudah terjadi atas kehidupan anda. Dalam hal ini, untuk target beasiswa anda, rencanakan jalan yang menurut anda paling mudah anda capai, dan tingkat keyakinan anda untuk mendapatkannya diatas 80%. Meskipun paling mudah, namun seharusnya target di plan C ini juga seharusnya cukup menantang bagi anda.

rencana abc untuk menentukan jurusan dan kampus kuliah
rencana abc untuk menentukan jurusan dan kampus kuliah

Apa itu Plan B, ini adalah rencana cadangan dari Plan A, target ini  bisa jadi yang utama, namun bisa pula menjadi target yang ditinggalkan. Sifatnya adalah sebagai alternatif dari Plan A, seandainya saja kedepannya terjadi hal-hal tak terduga yang tidak memungkinkan anda untuk mencapai  Plan A. Oh ya, otomatis Plan B ini tingkatannya di atas Plan C tingkat kesulitannya.

Apa itu Plan A, ini dia Plan utama anda, mimpi utama anda, dan keinginan terbesar anda. Letakkan mimpi tertnggi anda disini, apapun itu, tuliskan dan tempatkan dia di posisi ini. Ini adalah posisi kehormatan, dimana anda akan mencapainya suatu hari nanti. Inilah tingkatan tertinggi, oleh karena itu inilah yang paling membutuhkan persiapan yang matang dan cermat.

Lantas apa hubungan antara ketiganya, karena Plan B dan C adalah alternatif, pertama-tama anda  harus memikirkan mengenai pencapaian Plan A. Plan  B dan C anda sendiri seharusnya dirancang untuk dapat mendukung pencapaian PlanA, dan dapat ditinggalkan sewaktu-waktu dengan mudah, ketika kita sudah mendapatkan plan A tersebut.

Agak bingung ? Mungkin contoh berikut dapat membantu.

Plan A = Mendapatkan full scholarship undergraduate (S1) di luar negeri, jurusan Computer Science.

Plan B = Mendapatkan kuliah di universitas ternama di dalam negeri dengan biaya seminimal mungkin, jurusan Teknik Informatika.

Plan C = Mendapatkan beasiswa full di universitas mana saya yang penting berada di Jakarta dan tanpa ikatan sama sekali, jurusan Teknik Informatika.

Sehingga, dengan adanya perencanaan ini, anda lebih matang dan fokus untuk mendapatkan jurusan dan kampus yang benar-benar anda inginkan.

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *