Pertukaran pelajar ke luar negeri, Part 1

Monday, April 15th 2013. | Edukasi

Mau jalan-jalan gratisan ke luar negeri? Gampang koq, ikutan aja program-program pertukaran pelajar (SMA) yang ada di Indonesia saat ini. Seperti AFS, YES, dan JENESYS. Persyaratan sulit? Ah, kata siapa, itu cuma kata orang-orang yang malas mencoba aja kok, kalau memang kita berniat untuk mendapatkannya bukan hal mustahil untuk berjalan-jalan keluar negeri dibiayai oleh pemerintahan luar negeri, termasuk biaya transportasi, akomodasi, makanan minuman, serta uang jajan kita disana nantinya.

Pertukaran Pelajar JENESYS

Beruntung saya pernah menjadi salah satu siswa yang terpilih untuk mengikuti program JENESYS, yaitu program pertukaran pelajar ke Jepang.

JENESYS, Pertukaran Pelajar ke Jepang

JENESYS, Pertukaran Pelajar ke Jepang

So, mau tau gimana pengalaman tak terlupakan selama 10 hari di negeri Sakura tersebut ?

Sebelumnya teman-teman mesti tahu bahwa pada saat itu saya masih di kelas 2 SMA, dan rata-rata teman-teman dari provisi lainnya juga masih di kelas 2 SMA, jadi bisa dibayangkan betapa mudanya kami saat itu.

Mulai dari H-1, kami dikumpulkan di hotel Sultan Jakarta, salah satu hotel mewah dengan kualitas layanan luar biasa yang ada di pusat kota Jakarta, ini pertama kalinya saya nginap di hotel mewah.

H1,  kami naik pesawat JAL (Japan Airlines) dari bandara Soekarno Hatta, ingat sekali saya waktu itu menunjukkan pukul 22.00 pada saat kami lepas landas dari bandara menuju Jepang. Saya tertidur pulas di sepanjang perjalanan, entah berapa lama, saat terbangun hari telah pagi, kami telah memasuki daerah udara Jepang. WOW, luar biasa sekali rasanya, jam menunjukkan 05.00, tapi mengapa cerah sekali di luar sana? Ternyata ada perbedaan waktu 2 jam antara Jakarta dengan Tokyo, Jepang. Sehingga jam tangan saya perlu saya cepatkan ke jam 07.00 pagi waktu setempat. Total perjalanan pesawat kami adalah 7 jam, penerbangan terlama yang pernah saya alami.

Pertukaran Pelajar ke Jepang

Tiba di Jepang

Tiba di Jepang

Pesawat kami mendarat di Narita Tokyo Airport, bandara utama prefektur Tokyo, Jepang. Bis kami sudah menunggu, bersama-sama kami menuju hotel Grand Prince New Takanawa, salah satu hotel terbaik di Jepang, dan termahal juga sih sepertinya. Kalau mau tau seperti apa penampakan hotelnya, silahkan di browsing sendiri saja ya. Hotel ini sangat berkesan bagi saya pribadi, dan teman-teman juga pada umumnya, hal pertama yang paling mengejutkan adalah kami mengambil minum dari wastafel di toilet, haha, jujur awalnya merasa agak aneh dengan sensasi minum air sterilisasi ini. Jepang sejak lama telah menerapkan strilisasi air keran, sehingga air kerannya layak dan aman untuk diminum. Walaupun demikian, namanya juga siswa Indonesia, kami masak juga airnya di ketel lisrik yang disediakan di kamar, gag ada yang berani minum langsug dari keran, haha.

Lingkungan sekitar hotel juga luar biasa asrinya, jujur, sepanjang perjalanan saya benar-benar gag nyangka kalau Jepang sebagai negara maju sangat memperhatikan alam hijau, pepohonan, keserasian bangunan dengan lingkungan, serta taman di area pemukiman. Satu hal lagi, banyak sekali sepanjang jalan saya melihat burung gagak hitam bertengger di lampu lalu lintas, di kabel, dan di pepohonan. Pantas saja di komik-komik banyak banget icon gagaknya, bukannya burung gereja kalo di Indonesia ya, hehe.

Mau tau lanjutannya, sabar ya tunggu cerita pertukaran pelajar part 2.

Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri, Part 2

Hasil Pencarian ke Artikel ini:

pertukaran pelajar sma ke luar negeri.pertukaran pelajar ke luar negeri.pertukaran pelajar sma ke jepang.pertukaran pelajar sma.pertukaran pelajar sma kelas 2.pertukaran pelajar SMA ke jepang gratis.biaya pertukaran pelajar smu singapura.program pertukaran pelajar sma gratis.program pertukaran pelajar sma ke jepang.program pertukaran jepang bagi pelajar SMA.
tags: ,

3 komentar tentang “Pertukaran pelajar ke luar negeri, Part 1”

  1. afif says:

    Nama programnya apa gan,AFS,YES,atau JENESYS ?

  2. diani says:

    apkah ad pembukaan pndftran untk bulan2 ini atau bulan2 k depan?mhon infonya, trimakasih.

Leave a Reply

X banner s1 Gratisan dalam dan Luar negeri