Penjelasan Teks Eksposisi Beserta Contoh Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi

Semua orang pasti sangat tahu betul akan pentingnya suatu informasi. Untuk mendapatkan informasi bisa mencarinya melalui jurnal atau tulisan di internet. Tetapi, tahukan bahwa informasi tersebut disajikan dalam bentuk teks eksposisi. Pengertian teks ekposisi itu sendiri adalah merupakan satu atau lebih paragraph yang bertujuan untuk memaparkan informasi tentang sesuatu hal kepada semua orang, agar orang tersebut dapat mengetahui informasi terbaru atau bahkan memperluas wawasan pengetahuannya. Contoh teks eksposisi sebenarnya tanpa disadari sangat sering ditemui oleh semua orang.

contoh teks eksposisi
contoh teks eksposisi

Karena teks eksposisi memiliki tujuan untuk memberikan informasi, maka sumber dari teks eksposisi tersebut didapatkan dari hasil pengamatan sehingga memiliki sifat yang ilmiah atau bukan karangan semata. Teks eksposisi itu sendiri terdiri dari 6 macam, yaitu ada definisi, proses, klasifikasi, ilustrasi, perbandingan atau pertentangan, serta yang terakhir eksposisi laporan. Ciri lainnya dari teks eksposisi selain berisi tentang memaparkan informasi yaitu letaknya yang pasti selalu berada pada tengah-tengah pembahasan. Karena pada bagian itu, biasanya penginformasian baru dijelaskan.

Dari 6 macam teks eksposisi diatas, yang lebih sering dikenal oleh orang-orang adalah macam definisi dan proses. Untuk lebih mengenal apa itu teks eksposisi, maka berikut ini contoh untuk eksposisi definisi. “Teknik hijamah atau yang lebih dikenal dengan sebutan teknik bekam merupakan suatu teknik pengobatan yang berasal dari negeri Arab. Teknik pengobatan ini dilakukan dengan cara membuat darah kotor yang ada pada tubuh dengan menggunakan alat yang disebut bekam. Alat tersebut akan ditempelkan pada permukaan kulit dengan cara dipegas, maka semua darah kotor dengan sendirinya akan keluar”.

Dan untuk eksposisi proses, berikut ini contoh teks eksposisi proses “Dampak meletusnya Gunung Merapi, banyak warga masyarakat yang membutuhkan bantuan. Namun, karena terkendala dengan jalur transportasi yang tertutup dengan bongkahan kayu, maka bala bantuan belum terlaksana secara merata. Imbas dari hal tersebut, warga masyarakat hanya bisa bertahan hidup dengan mengumpulkan butiran beras yang masih tersisa. Dengan keadaan yang semakin memprihatinkan, maka warga Pemerintah dapat bekerja ekstra cepat untuk segera membersihkan penghalang jalur menuju TKP.”

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *