Mutu Dan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Di Masa Kini

un 2014

Pendidikan memiliki peranan yang penting di dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa beradaptasi dengan baik pada perubahan. Pendidikan juga memiliki tugas didalam menyiapkan pembangunan yang lebih baik. Pembangunan terus berjalan seiring dengan perkembangan zaman. Perkembangan zaman yang terus memunculkan persoalan yang baru membuat pendidikan menjadi hal yang perlu dan penting diperlukan. Karena hal itulah maka kualitas pendidikan semakin maju. Begitu juga dengan pendidikan di Indonesia. Meskipun belum bisa disejajarkan dengan negara di Asia lainnya, namun pendidikan yang ada di Indonesia mengalami perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.

Tidak sedikit pula anak Indonesia berhasil meraih juara di tingkat internasional di dalam bidang pendidikan. Pemerintah mencanangkan program wajib belajar 12 tahun di mana sebelumnya mewajibkan belajar 9 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia peduli terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. Namun dengan kebijakan seperti itu pada kenyataannya masih banyak warga Indonesia yang tamat SMP. Padahal saat ini untuk bekerja saja dibutuhkan minimal tamatan SMA. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah melakukan program dana BOS untuk tingkat SD dan SMP dan juga pemerintah memberikan beasiswa bagi yang tidak mampu dan juga yang berprestasi.

Sehingga bagi yang tidak mampu tetap memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dengan beasiswa dari pemerintah. Dengan begitu pendidikan yang ada di Indonesia menjadi merata dan bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Tetapi masih juga banyak ditemui sekolah-sekolah di daerah pelosok kurang perhatian dari pemerintah. Bangunan sekolah yang tidak layak serta buku pelajarang yang kurang perlu lebih diperhatikan oleh pemerintah. Itulah salah satu faktor penghambat meningkatnya pendidikan di Indonesia, yaitu kurangnya perhatian pemerintah untuk daerah pelosok.

Description: Pendidikan di Indonesia dari waktu ke waktu semakin meningkat. Namun masih ada beberapa daerah yang kurang perhatian pemerintah yang menghambat meningkatnya pendidikan di Indonesia.

Tulisan terkait

8 Comments

  1. Pendidikan memiliki peranan yang penting di dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa beradaptasi dengan baik pada perubahan. Pendidikan juga memiliki tugas didalam menyiapkan pembangunan yang lebih baik. Pembangunan terus berjalan seiring dengan perkembangan zaman. Perkembangan zaman yang terus memunculkan persoalan yang baru membuat pendidikan menjadi hal yang perlu dan penting diperlukan. Karena hal itulah maka kualitas pendidikan semakin maju. Begitu juga dengan pendidikan di Indonesia. Meskipun belum bisa disejajarkan dengan negara di Asia lainnya, namun pendidikan yang ada di Indonesia mengalami perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *