Membuat Pasport untuk Aplikasi Beasiswa Ke Luar Negeri

Saya yakin sekali bahwa anda sudah tahu apa itu Paspor, yah, merupakan dokumen resmi dari pemerintah kita, katakanlah menjadi seperti kartu tanda pengenal kewarganegaraan kita saat kita sedang berada di luar negeri. Biasanya untuk keluarga yang hobi traveling, tentunya anak-anak mereka sudah memiliki Paspor. Namun faktanya cukup banyak dari kita yang belum memiliki Paspor sampai saat ini.  Padahal pengurusannya cukup mudah lho kawan, dan juga tidak terlalu mahal kok, saat penulis membuatnya sekitar bulan juni 2010, itu biayanya 200.000. kalau sekarang penulis cek di mbah google, katanya sudah 350.000. Untuk proses pengurusannya itu sendiri, memakan waktu sekitar 7 sampai dengan 10 hari.

paspor untuk aplikasi beasiswa
paspor untuk aplikasi beasiswa

Nah bagaimana cara pembuatan Paspor ini, cukup mudah sebenarnya, sehingga saya sarankan sebaiknya kita lakukan sendiri, tanpa bantuan calo, hitung-hitung nambah pengalaman dan tidak mendukung praktik korupsi, hehe.

Yang pertama adalah persiapkan dokumen yang akan dibawa ke kantor imigrasi terdekat di daerahmu, dokumen ini antara lain KTP, Akta kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah pendidikan terakhir. Dokumen ini dibawa yang asli dan fotokopiannya, dan khusus untuk fotokopi KTP, tidak usah dipotong kecil-kecil seperti ukuran aslinya, biarkanlah tetap di kertas A4 saja. Saya sarankan anda untuk membawa sendiri materai senilai 6.000 rupiah.
Atau bisa bawa saja semua dokumen asli, dan fotokopi di koperasi kantor iigrasi, dia sudah tahu apa aja yang mesti disiapkan.

Kedua, datanglah ke kantor imigrasi untuk mengisi formulir, formulir ini bisa anda beli di koperasi imigrasi. Setelah formulir diisi, satukan ke dalam map beserta dokmen-dokumen tadi. Mengantrilah dan tunggulah beberapa saat sampai berkas anda diproses, setelah nama anda dipanggil, dan berkas asli dikembalikan. Anda akan menerima slip pemberitahuan kapan harus kembali lagi ke kantor imigrasi, biasanya 7 sampai 10 hari kerja.

Ketiga, anda kembali lagi ke imigrasi untuk melakukan pembayaran, biayanya sekitar 355.000,  tetapi mungkin akan berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya, saya bingung mengapa. Setelah melakukan pembayaran, anda akan mengantri untuk foto biometrik, melakukan scan sidik jari, dan wawancara mengenai alasan anda membutuhkan Paspor. Setelah selesai anda akan diberikan struk pembayaran sebagai bukti untuk mengambil Paspor anda nanti.

Keempat, datanglah kembali untuk mengambil Paspor anda yang sudah jadi, nanti anda akan diminta untuk memfotokopi Paspor anda dan diberikan kepada kantor imigrasi sebagai arsip mereka. Selesai sudah pembuatan Paspor anda.

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *