Mangapa harus domain sendiri, bukan yang gratisan?

Mengapa harus beli domain sendiri ?

Nah lu, kenapa coba sebagai blogger dan penulis saya memutuskan untuk membeli domain premium seharga 90.000 rupiah ditambah hostingnya seharga 100.000 rupiah pertahun?

Mengapa Domain Sendiri?
Mengapa Domain Sendiri?

Padahal kalau dipikir-pikir lebih enak kalau saya pake domain gratisan saja, semisal blogspot atau wordpress, gratis iya, simpel iya, gag pake ribet iya, kalo diisengin orang juga ya slow aja, wong dapatnya gratisan juga.

Alasan Pake Domain Sendiri

Eitss, tunggu dulu, sebagai murid dari padepokan belajar bisnis online yang diasuh langsung oleh suhu Anne Ahira, saya diwangsitkan beberapa point berikut:

1. Kendali

Domain gratisan kendalinya tidak di tangan kita lho, ada banyak kasus dimana Google (selaku pemilik Blogger) maupun WordPress.com menutup akun blog yang dinilai mereka tidak sesuai dengan aturan, padahal tidak semua blog yang dihapus itu melanggar aturan. Saya sudah banyak mendapati teman-teman yang sangat dirugikan dengan hal ini, padahal visitor blog mereka sudah banyak sekali, terpaksalah harus merelakan blognya dan membuat yang baru. Berbeda dengan domain sendiri yang kita kendalikan sendiri sepenuhnya, tidak ada yang berhak untuk menutup domain yang sudah anda beli sendiri.

2. Kredibilitas

Ketika anda ingin membeli buku dan mendapati hasil search di Google tokobuku.blogspot.com dan satu lagi tokobuku.com

Keduanya menawarkan buku yang anda butuhkan dengan harga yang sama, ke website manakah anda akan membeli ?

Dari tokobuku.com lah jelas, karena domain premium tampak professional, dan keinginan dari owner website untuk membeli domain dan hosting sendiri menunjukkan itikadnya untuk membangun kredibilitas sebagai orang yang dapat dipercaya.

3. Dimata Search Engine

Search Engine (Google) oleh para blogger belakangan ini sudah dianggap seperti dewa saja, karena hanya Search Engine lah yang dapat memberikan pengunjung yang berlimpah secara gratis ke blog milik blogger. Dan tahukah anda, bahwa penilaian Google atas domain sendiri itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan domain gratisan, sehingga lebih efektif untuk mendapatkan pengunjung berlimpah.

Yang paling penting dari Domain Sendiri

4. Investasi jangka panjang

Mendevelop blog itu seakan berkebun apel, pada awalnya kita hanya menanam sebatang pohon apel, menyiramnya, memupuknya, dan memeliharanya, begitupun blog, kita isi dengan tulisan kita sendiri, kita optimalisasikan, kita promosikan. Hingga akhrinya beberapa tahun kemudian akan berbuah terus menerus tanpa henti, dan blog andapun jangan kira tidak bisa menghasilkan rupiah ke rekening anda, karena saya telah membuktikannya. So, pertanyaannya anda ingin menanam bibit kualitas jelek yang anda dapatkan begitu saja secara cuma-cuma, atau akankah anda membeli bibit unggul dari pusat pembibitan terakreditasi A ? Berinvestasilah dengan bijak kawan.

 

Demikianlah alasan-alasan yang menjadi patokan utama saya untuk membeli domain AhmadArib.com ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi sahabat blogger dan penulis sekalian, agar mau membeli domain sendiri, hehe.

3 Comments

  1. Wah hebat, mas sudah bisa menghasilkan uang dari blog, saya yang newbie ini harus banyak bersabar untuk menuju kesana.

    Saya minta izinnya untuk membuat link ke postingan ini. Trimakasih mas, di lain waktu saya sempatkan mampir lagi

    1. Salah satu sample, baru saja kejadian.
      Ada satu postingan terbaru saya tentang beasiswa dataprint (sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa mahasiswa dari dataprint), dan ini resultnya langsung dari website beasiswa dataprint (diumumkan 15 Juli lalu)
      http://beasiswadataprint.com/?page_id=327
      Nomor 34, ada nama saya. Bisa dicek sendiri berapa rupiah yang siap saya claim dari Dataprint.
      Alhamdullilah 🙂

      Another sample, yang agak lama postingan tentang buku yang saya publish, alhamdullilah buku saya di review oleh Kompas, dan juga laporan penjualan buku di bulan Juni saja cukup mengagumkan untuk kategori buku baru serta penulis baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *