Manfaat Piagam untuk Ikut Program Beasiswa

Piagam Nasional dan Internasional untuk Ikut Beasiswa

Piagam, akan sangat sangat membantu jika saat ini anda memiliki keahlian khusus dan bakat tersendiri di satu bidang atau lebih, terutama jika bakat keahlian khusus dan bakat anda ini sesuai dengan jurusan kuliah yang anda pilih nantinya. Ini akan menjadi poin lebih untuk penilaian anda di mata pemberi beasiswa.

Piagam Nasional dan Internasional untuk Ikut Beasiswa
Piagam Nasional dan Internasional untuk Ikut Beasiswa

Saya sarankan anda untuk mengikuti berbagai kompetisi yang diadakan secara nasional dan internasional, karena memang pada dasarnya para pemberi beasiswa hanya menaruh perhatian pada piagam dan sertifikat setingkat nasional dan internasional.

Sulit? Tidak juga kok!

Itu menjadi sulit karena anda tidak tahu bagaimana mendapatkannya dengan mudah, dan berikut akan penulis sampaikan tips rahasia penulis untuk mendapatkan cukup banyak piagam dan sertifikat nasional serta internasional yang bisa membuat teman-teman penulis ngiri banget, hehe.

Tips rahasia pertama, ada kompetisi dan lomba yang sangat berkelas di tingkat nasional yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Nasional Indonesia. Ingatlah bahwa kompetisi nasional bukan hanya OSN (Olimpiade Sains Nasional), jika anda berhasil mendapatkan OSN ini, saya pantas menyebut anda jenius kawan, hehe. Namun bagi kalian yang tidak bisa menjadi anak akademis yang jenius, jangan kuatir, Depdiknas menyediakan banyak kesempatan lain.

Diantaranya ada NSDC (National School Debating Championship), ini adalah lomba debat bahasa inggris tingkat nasional. Setiap tahunnya dipilih 3 anak dari tiap-tiap provinsi untuk menjadi satu tim debat yang mewakili provinsi tersebut, kemudian tim ini akan dikirim ke Jakarta untuk berkompetisi dengan tim lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia. Jika anda seorang debaters, ini adalah peluang yang cocok bagi anda, cari infonya di sekolah atau diknas di daerah anda.

Kemudian ada OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia), ini adalah program lomba karya tulis ilmiah untuk para siswa SMA, sistemnya adalah setiap siswa yang ingin mengikuti lomba dapat membentuk timnya masing-masing, kemudian mereka meminta izin kepada guru pembimbing KTI di sekolah masing-masing untuk mulai membuat karya ilmiah. Mereka bisa memilih tema penelitian yang unik dan kreatif, kemudian membuat laporan karya ilmiahnya dan mengirimnya ke panitia OPSI nasional. Jika karya tulis kalian bagus, tim kalian akan dipanggil untuk mengikuti presentasi nasional, dan disinilah perebutan juaranya. Namun jika kalian tidak dipanggil, masing-masing dari anggota tim akan mendapat sertifikat sebagai peserta. Wow, hanya mengikuti saja kawan, anda mendapat sertifikat tingkat nasioal, dengan tanda tangan menteri pendidikan nasional di sudut kanan bawahnya! Dan kebanyakan lomba karya tulis ilmiah yang diadakan Dinas lainnya, seperti Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan, Dinas Keimigrasian, dll. PASTI akan memberikan sertifikat kepada setiap peserta, sebagai pengganti atas kerja keras mereka menyusun dan membuat karya tulis ilmiah. Gampang bukan mendapat sertifikat nasional. (Ini triks rahasia yang pertama lho, segera catat!)

Butuh tips dan triks lainnya, cek Buku Beasiswa S1

Tulisan terkait

1 Comment

  1. salam kenal, kawan..

    saya ortu siswa kelas 3 smp yg saat ini sedang UN dan berencana mencari SMA beberapa bulan ke depan.

    anak saya mempunyai beberapa piagam dari beberapa lomba dan 2 sertifikat musik khususnya piano klasik dari ABRSM UK, dengan nilai distiction atau kata guru musiknya bagus heheh..
    sebagai salah satu rencana, anak saya ingin mendaftar ke beasiswa ASEAN dan mencari sekolah reguler. apakah sertifikat ABRSM tersebut ada manfaatnya dan bisa saya gunakan untuk rencana tersebut, mungkin mempunyai info yang bisa dibagi dengan saya?

    demikian atas sharingnya terima kasih

    salam

    akyuna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *