Kesempatan untuk Mendapatkan Beasiswa India S1, S2 dan S3 oleh Pemerintah India

Beasiswa India baru saja dibuka nih, deadline untuk aplikasi beasiswa Tahun Ajaran ini adalah February nanti, untuk itu, sedikit kita bahas mengenai pendidikan tinggi di India. Wah, jadi ingat Shah Rukh Khan nih kalo lagi membahas topik mengenai beasiswa ke India. Sampai saat ini, beasiswa ke India belum terlalu dilirik oleh pelajar di Indonesia, mungkin belum terlalu populer kali. Padahal saat ini pendidikan tinggi di India sangat maju sekali, pemerintahan mereka mengembangkan sistem pendidikan berbasis IT yang kuat, dan menekankan pada pemahaman pembelajaran dan praktek nyata, bukan pada fasilitas dan peralatan.

Beasiswa India S1 S2 S3
Beasiswa India

Jadi jangan heran jika anda melihat universitas di India ruangan kelas belajarnya tidak ada AC, gedungnya kusam, mengajar pakai kapur dan papan tulis (Film 3 Idiots saya sarankan untuk ditonton jika anda berminat mengetahui keadaan nyata Universitas di India) sungguh mereka sangat sederhana dalam hal fasilitas dan peralatan, namun yang masuk mengajar adalah dosen-dosen bergelar doktor yang sudah berpengalaman mengajar dan juga merupakan praktisi lapangan di bidangnya. Mereka juga selalu datang untuk mengajar di kelas, dan sangat mudah untuk ditemui oleh para mahasiswanya (beda banget ya ama Indonesia, dosen ngajar lewat asisten  mulu, padahal baru bergelar Master juga). Akses ke ilmu sangat berlimpah, buku-buku perpustakaan yang begitu lengkap dan banyak, koneksi internet gratis dan buku-buku baru juga dijual dengan harga yang sangat murah. Jelaslah bahwa pendidikan tinggi di India lebih mementingkan isinya daripada kulitnya, Beasiswa India.

Tidak heran jika biaya pendidikan tinggi disana begitu murah dan begitu terjangkau. Hanya sekitar 6 juta pertahun (saya serius, tidak main-main lho), dimana mereka tinggal di asrama universitas. Dengan biaya hidup yang tidak terlalu tinggi, India patut anda jadikan salah satu tujuan S1 anda. Kualitas pendidikan disana ? Jangan tanya lagi ! Beasiswa India.

Tahukah anda Silicon Valley yang terkenal  di AS hanya memiliki satu saingan di dunia ini, yaitu Bangalore City, pusat perkembangan IT di India. Tahukah anda bahwa 30% pekerja di Microsoft adalah orang India. Tahukah anda bahwa 30% dokter yang bekerja di AS adalah orang India. Dan tahukah anda bahwa India saat ini sedang berkembang dengan sangat pesat, mereka hanya berada satu tingkat di bawah China, wow !

Anda pernah mendengar nama Amartya Sen pemenang nobel ekonomi, Subrawanian dan Cancrashekar Venkantaraman pemenang nobel fisika, Hargobind Khorana pemenang nobel di bidang kedokteran, Bunda Theresa di bidang perdamaian, dan Rabindranath Tagore di bidang sastra, mereka semua adalah orang India kawan ! Tambah tertarik dengan Beasiswa India ?

Memang disini anda tidak bisa menikmati kemewahaan seperti jika anda mengambil studi di Negara-negara lainnya, seperti Amerika, Eropa maupun Australia. Namun ingatlah, bahkan kebanyakan dosen di Amerika, Eropa maupun Australia adalah orang India. Jadi mengapa tidak langsung belajar disana saja, dengan biaya yang SANGAT MURAH, SERIUS !

Namun sayangnya saat ini jumlah siswa dari Indonesia yang ke India hanya berjumlah puluhan saja tiap tahunnya, itupun berasal dari beasiswa penuh dari pemerintah mereka, yah, tidak heran sih, pemerintah mereka sama sekali tidak berusaha untuk mempromosikan pendidikan tinggi mereka, mereka cenderung menunggu, untuk para peminat yang mengetahui kualitas dan keadaan pendidikan tinggi di Negara mereka.

Untuk informasi beasiswa, ada satu beasiswa yang dikoordinir dan didanai oleh pemerintah India, yaitu GCSS (General Cultural Scholarships Scheme), program ini biasanya dimulai sejak bulan Desember sampai bulan Maret setiap tahunnya. Tahun 2010 kemarin mereka menerima 25 Mahasiswa untuk tingkatan Undergraduate, Graduate dan Phd.

Untuk sainganya tidak terlalu sulit, dikarenakan peminat ke India yang tidak terlalu banyak. Dan terutama lagi tidak  banyak siswa SMA yang berminat untuk lanjut kuliah ke India. Dan kalaupun anda berminat untuk membayar sendiri biaya kuliah anda juga hebat kok, dengan biaya yang hanya 6 juta pertahun, ini bukanlah hal yang berat untuk dilakukan. Info lebih lengkap, kunjungi

Kedubes India di Jakarta

http://indianembassyjakarta.com/edu_schol

PPI India

http://ppiindia.wordpress.com/

Link Informasi Beasiswa India

            http://indianembassyjakarta.com/index.php/2013-05-20-10-04-25/education2/scholarship/general-scholarship-scheme

Perkataan terakhir saya mengenai India, RECOMMENDED BANGET !

Buat mereka yang benar-benar berniat kuliah di luar negeri untuk mencari ilmu pengetahuan, mendapat praktek lapangan berkualitas, dengan kondisi pendidikan yang kondusif, hidup sederhana dan biasa, dan yang terutama murah banget, butuh panduan, klik di Panduan Beasiswa S1

Tulisan terkait

31 Comments

  1. Hallo kak, kalo lulusan s1 keuangan perbankan bisa ga ya ngambil S2 di india? Maksud saya ada ga yaa jurusan yang sesuai biar tinggal melanjutkan saja.

  2. Hallo kk,, saya sudah kuliah di kedokteran masuk semester 5 bisa gak ambil beasiswa di india..
    Klo misal nya bisa apa ngulang dari awala..
    Terimaksh kk..

    1. whatt, udah semester 5 lho Ririn? Ngapain ngulang, mending ntar aja ambil beasiswa spesialis dr LPDP.
      Lagian beasiswa India gag cover buat dokter atau medis lho, termasuk perawat kalo gag salah.

  3. Assalamualaikum kak .. Aku mau nanya dong unguk tahun ini biasiswa untuk india di bukanya kapan yaa?? Dan yang harus saya persiapkan dari sekarang apa kak ?? *mohon di bantu yaa*
    Wassalam ??

  4. Kak bisa tidak kuliah diindia ?? Tp saya tamatan 2015. Ceritanya mau pindah universitas ke india. Bgaimna klw blum ada bukti bahwa kita belum tau toefl?, pdahl sy sudah tau berbicara bhasa inggris yg menghmbat untuk test toefl itu ekonomi kk.
    Jdi bljrnya cuma disenior2 saja kk.

  5. saya lulusan S1 pendidikan Bahasa Inggris Tahun 2014. apakah peluang beasiswa S2 itu masih berlaku hingga sekarang? kalau ya caranya gimana?

    1. Yep, mutlak banget Siti Nurhasanah, karena studynya pake bahasa inggris di India. Lagian juga b.ing udah jadi bahasa kedua di India, semua orang bisa ngomong bahasa Inggris. Nanti saat test akan ada english test, wawancara juga dalam english.

  6. Hai kakak. Nama saya nur fitriyan syah umur saya 18 tahun sekarang saya kelas 3 sma. Saya akan lulus pada april 2015, tlong ksh saran kak kpn saya hrs mendatar.
    Saya sangat ingin bisa kuliah ke luar negeri, namun sya kurang begitu lancar dalam berbahasa inggris. Tp sya akan berusaha semaksimal mungkin

  7. permisi ya kak, saya mau tanya. saya sekarang kan kelas 3 SMK pengen ikut program beasiswa india, sedangkan saya lulus tahun depan. lalu juga saya belum dapet ijasah untuk SMK adanya ijasah SMP. terus untuk TOEFL, sekarang saya belum punya, tapi saya sekarang sedang mengikuti kursus untuk toefl preparation, Dan saya belum punya passport, menurut kakak gmna? apa saya bisa apply form nya apa tidak? tapi, saya sudah mendownload form nya.
    terimakasih…

  8. saya sekarang kelas 3 SMA dan akan lulus tahun ini, namun saya masih berusia 17 thn, apakah saya masih bisa mendaftar? mengingat persyaratan umur diatas 18 thn.
    saya blm mempunyai skor toefl, apakah bisa mendaftar tanpa melampirkan hal itu dan hanya mengikuti english proficiency test ? terimakasih 🙂

  9. Saya sudah baca di http://www.indianembassyjakarta.com, tapi belum, terlalu jelas, gini Sekarang saya sedang skripsi, kira2 lulus bulan Oktober 2014, kalo mau ikut beasiswa itu ikut tahun 2014 apa tahun depannya lagi ya? Kemudian, saya kan tinggal di Semarang, apa bisa formulirnya diminta lewat pos? Apa harus ke Jakarta untuk mengambil formulir itu? Satu lagi, apa bila ijazahnya tidak ada translate Inggris gimana ya?? Terima kasih sebelumnya.

    1. Halo Bandriyah, bisa ikut aplikasi tahun ini saja sebaiknya, karena keberangkatannya di akhir tahun ini, kalau menunggu tahun depan akan lama menanti.
      Formulir cukup didownload saja, dan diisi manual.
      Ijazah harus ditranslate kedalam bahasa Inggris, bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau meminta translasi dan pengesahan translasi dari institusi yang bersangkutan.

  10. saya sudah diterima salahsatu PTN dan ingin pindah universitas, apakah bisa? saya lulusan tahun 2013 dan ini baru semster satu. nilai saya juga rata-rata diatas 85 , apakah diperlukan nilai TOEFL atau semacam mahir dalam berbahasa inggris?

    1. Tentu bisa, mengapa tidak, jelas mampu berbahasa inggris, akan sangat membantu jika punya TOEFL.
      Jika memang ingin, bisa dicoba untuk mendaftar saja dulu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *