Keliling Indonesia Gratisan berkat ITC Indonesia

Peserta Recruitment Pertamina

Awalnya sih ada temen XL Future Leaders yang cerita, dia ikutan freelance di ITC Indonesia, jobdescnya menurut saya sederhana sih, ngawas ujian TOEIC, hmm, mengambil materi test di kantor, menuju lokasi test, sedikit pengarahan di awal, kemudian keliling-keliling ruangan (bisa juga duduk-duduk main game di smartphone) sambil mengawasi peserta test agar tidak ada yang curang, kemudian mengumpulkan hasil test dan membawanya kembali ke kantor. Tidak rumit bukan, namun dia menceritakan bahwa bagian serunya ada saat kita sudah cukup pro dan dipercaya untuk mengawas test TOEIC di luar kota, luar pulau Jawa bahkan, well, jelas ini menarik minat saya.

Singkat cerita, saya apply ke perusahaan tersebut, ada test TOEICnya, kemudian wawancara dengan manager test administratornya, tak berapa lama kemudian saya diterima untuk menjadi salah satu test Supervisor, ada pelatihannya, ada juga beberapa sesi mengawas sebagai Proctor, yakni orang yang membantu mengawas ujian, sedangkan pelaksana ujian utama disebut sebagai Supervisor.

Rasanya sudah satu tahun berlalu sejak hal tersebut, sekarang saya sudah dikategorikan sebagai pengawas ujian yang cukup pengalaman disana, sudah pernah ditugaskan ke berbagai daerah di Indonesia, Solo, Yogya, Palembang, Makassar dan Balikpapan. Dan memang apa yang diceritakan oleh teman saya persis sama dengan yang saya alami sebagai seorang Supervisor yang dikirim ke regional luar Jakarta.

Mulai dari tiket pesawat yang dibiayai penuh, biasanya Garuda Indonesia, sebagai mahasiswa dari kampung yang gag punya uang buat naik pesawat Garuda, tentu ini merupakan pengalaman yang menyenangkan, makanannya enak, bisa sambil nonton movie saat flight di layar monitor yang ada di depan tiap penumpang. Jarak tempat duduknya juga cukup lega.

Sesampainya di kota tujuan, melihat bandaranya dulu, bandara Balikpapan keren parah lho, bandara Makassar lumayan juga sih. Terus kadang dijemput oleh driver perusahaan Client, kadang juga naik taksi sendiri ke hotel yang saya pilih sendiri.
Nah, milih hotel juga seru nih, saya jadi sering buka webste hotel Agoda, haha, ngebandingin foto-foto, lokasi, dan harganya yang masih sesuai dengan budget dari kantor ITC Indonesia. Terakhir kali saya bertugas di Balikpapan saya menginap di Zurich hotel bintang 3 yang sangat bagus menurut saya, jelas lah, harga kamarnya semalam saja lebih mahal dari kostan saya sebulan, hehe.

kamar hotel Balikpapan
kamar hotel Balikpapan

Karena test yang hanya berlangsung selama 2 jam, otomatis ada cukup banyak waktu untuk menjelajahi kota, dan hunting kuliner khas daerah yang sedang dikunjungi. Bakal seru lagi kalau ada teman yang menemani tour kuliner disana, saat saya ke Palembang, bersama teman disana hunting makanan enak di Palembang.

Hunting Kuliner
Hunting Kuliner

Sewaktu di Palembang diajakin makan pempek, terus beli kemplang juga. Di Makassar diajakin makan coto makassar sama pisang epe bakar. Di Balikpapan makan seafood banyak banget, ada kepiting yang enak dan udang yang gurih. Well, gag heran nih berat badan nambah mulu, hehe.

keesokan harinya, barulah test dimulai, beberapa kali saya mengawas test untuk Pertamina Recruitment, sejauh ini cukup lancar tanpa ada masalah yang berarti selama saya melakukan pengawasan test, para peserta rata-rata cukup menurut dan mudah diatur, jadi tidak ada yang bawel dan bertingkah. Wajar sih, kalau mereka sedikit menoleh saja akan langsung dicatat dan dibatalkan hasil test TOEICnya, gag bisa lanjut dong ke tahap selanjutnya, yakni wawancara.

Peserta Recruitment Pertamina
Peserta Recruitment Pertamina

Setelah test, mengumpulkan semua materi test, kembali lagi ke Jakarta, dan mengantarkannya ke kantor. Inilah salah satu hal sederhana yang saya lakukan belakangan hari ini. Jujur saja cukup menyenangkan sebagai salah satu mahasiswa swasta yang jarang ikut lomba, karena saya susah menang saat ikut lomba, juga tidak punya tim buat ikut lomba, namun saya punya cara sendiri untuk bisa jalan-jalan di Indonesia. Kalau kamu mau juga seperti ini, punya waktu dan mobilitas yang tinggi, bahasa inggris bagus, silahkan hubungi saya untuk saya rekomendasikan di pekerjaan paruh waktu ini.

Tulisan terkait

7 Comments

  1. Hi mas, salam kenal. Aku kemarin lagi cari magang magang daftar lah aku ke beberapa perusahaan, termasuk jadi test adm ini, yang freelance. aku udah lolos test tahap pertama, tapi sebelum trainingnya aku udah dipanggil di perusahaan lainnya. jadilah aku gajadi di itc :(. duh setelah baca ini, nyesel juga. aku pengennya jalann jalannya ini kayanya seru. Tapi bututh satu tahun dulu ya,? baru bisa dipercaaya keluar daerah ?

  2. Seru banged dan pengen banged ngerasain kaya gitu..
    bisa ga yaa..
    kasih tau caranya doonngg..
    boleh ga ??
    Contact personnya ??
    Tq sebelumnyaa

  3. Hai kak arib, salam kenal saya Andhina dari XLFL batch 3. Keren nih tulisannya ttg part time yg menyenangkan ini. Kapan2 share experience-nya ttg job ini ya kak, interested banget hehe

  4. keren..moga bisa nyusul jejaknya suatu hari.. tapi bahasa inggris saya mah masih sekelas ngos2an sekedar buat syarat kelulusan toefl ajah..itupun karna kepepet wisuda 2 bulan kedepan..hehehehe..

    sekali lagi saya bilang keren..semangat terus.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *