Kegiatan XL Future Leader

Xl Future Leader, tuh posting yang pertama udah membahas tentang seluk beluk program XL Future Leader secara formal, kali ini akan saya ceritakan apa saja dalemannya kegiatan XL Future Leader yang telah kami jalani selama, ehm, 4 bulan belakngan ini, dan akan berlanjut sampai 1 tahun kedepan. So setelah proses seleksi yang cukup ribet dan njeliet (baca di posting tentang Seleksi dan Persyaratan program XL Future Leader), alhamdullilah saya di nyatakan lulus oleh tim seleksi XL Axiata. Di bulan desember kami 120 orang XL Future Leader yang pertama dikumpulkan di Jakarta, untuk mengikuti program national conference selama 2 hari di Graha XL, Lingkar Mega Kuningan, Jakarta. Psstt, yang dari luar kota dibayari lho tiket pesawat, ongkos taksi, dan hotel serta akomodasinya selama di Jakarta, kalo kita yang di Jakarta ya tinggal naik motor juga nyampe ke sono, jadi gag di fasilitasi deh, hehe.

Konferensi XL Future Leader

Konferensi Nasional XL Future Leaders

Konferensi Nasional XL Future Leaders

Di national conference ini, kami memiliki berbagai agenda yang cukup padat, mulai dari talkshow bersama CEO XL Axiata yaitu Bapak Hasnul Suhaimi, dan CEO Indosat Alexander Rusli, bersama direktur CSR XL, yakni Ibu Turina Farouk. Bersama-sama, kami tanya jawab mengenai program ini, mengenai bagaimana menjadi future leaders yang tangguh di masa depan, apa saja kualifikasi yang dibutuhkan sebagai seorang pemimpin, dan bagaimana kerasnya kompetisi global dan Indonesia sendiri ketika kami lulus nantinya. Sehingga lahirlah program XL Future Leader, untuk mempersiapkan generasi muda bangsa Indonesia, menjadi pemimpin yang tangguh baik di dalam maupun di luar negeri.

Setelah itu ada moment bagi-bagi fasilitas untuk semua peserta XL Future Leaders (ini lho yang saya ceritakan di postingan pertama). Perkenalan dengan keempat fasilitator yang dipilih secara ketat dan bertugas untuk memfasilitasi kami semua dalam perjalanan kami di program XL Future Leaders ini. Selanjutnya juga ada Chris, dari Cognition International Ltd. yang menyampaikan materi mengenai kurikulum yang digunakan untuk mendidik kami semua. Kemudian malamnya dilanjutkan makan malam di restoran di daerah Kuningan, sambil kami mengakrabkan diri satu dengan yang lainnya, kebetulan tidak satupun dari mereka yang saya kenal, jadi momen ini saya gunakan sebaik mungkin untuk menambah teman-teman baru.

Kelas XL Future Leader

Kelas B.Inggris XL Future Leaders

Kelas B.Inggris XL Future Leaders

Seusai national conference pertama XL Future Leader, kami ada kelas persiapan bahasa Inggris, yang berjalan dengan sangat menyenangkan. Karena ada perpaduan antara belajar secara online melalui platform belajar yang bagus dan unik, serta pertemuan langsung selama 3 hari dengan guru-guru bahasa Inggris terbaik yang pernah saya temui, karena mereka setuju bahwa bahasa Inggris sebaiknya diajarkan untuk penggunaan komunikasi sehari-hari, bukan untuk grammar, pronouncation, teks book, test, dan lain-lain yang diajarkan oleh sekolah formal kita.

Setelah kelas persiapan bahasa Inggris, kami ada workshop sekitar 2 bulan sekali, dalam kelompok kecil yang sebelumnya telah dipilihkan untuk kami. Yakni ada Jakarta 1, Jakarta 2 (kelompok saya), Jakarta 3 (untuk siswa luar daerah), Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung. Setiap workshop selalu menggunakan hari Sabtu dan Minggu, sehingga sama sekali tidak mengganggu jadwal kuliah. Kalau kami lokasinya di Graha XL Kuningan.

Tingkah Chis, di XL Future Leaders

Tingkah Chis, di XL Future Leaders

Setiap workshop yang berlangsung selama 2 hari ini, selalu ada hal-hal baru, mengasikkan, dan heboh yang terjadi di kelas. Karena walaupun kami membahas materi yang cukup sulit, dan dengan penyampaian fasilitator yang sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris, namun kami melakukannya dengan enjoy, dan selalu saja ada kekonyolan-kekonyolan yang terjadi dan dilakukan oleh teman-teman saya, bahkan fasilitator kami sendiri, sehingga suasana kelas selalu asik dan nyaman.

Banner XL Future Leader di roadshow UI

Banner XL Future Leader di roadshow UI

Dan yang baru-baru ini kami lakukan, adalah XL Future Leaders Talent, yakni perwakilan terpilih dari 120 orang kami menjadi Icon untuk promosi XL Future Leaders batch kedua. Yakni iklan-iklan di televisi, poster yang ditepel di kampus-kampus, banner-banner yang ada di saat roadshow kampus, serta iklan di berbagai media cetak.

Networking XL Future Leader

Satu hal yang saya dapatkan, selain materi yang luar biasa hebat, adalah teman-teman luar biasa dari berbagai kampus di Indonesia, dan berkenalan dengan mereka sungguh sebuah menambah informasi dan networking yang sangat berharga. Dari salah satu teman di XL Future Leader ini saja saya bisa bergabung ke komunitas business leader yang lainnya, dengan kapasitas yang sama baiknya seperti XL Future Leader.

Sehingga saya sekarang memahami, perkataan Pak Hasnul Suhaimi dahulu dan sampai sekarang terus diucapkannya, “saya membayangkan akan ada ratusan future leaders yang semuanya merupakan teman akrab pada saat mereka masih mahasiswa dahulu, duduk di meja makan konferensi ekonomi internasional, bertemu di event bisnis, menjalin kerjasama bisnis, kerjasama antar negara, dan bersama-sama mereka melakukan perubahan untuk kondisi Indonesia yang lebih baik.

Tim Jakarta 2 XL Future Leader

Tim Jakarta 2 XL Future Leader

Karena memang menurut saya, pada saat dewasa nanti, tidak ada lagi pertemanan yang tulus, tidak ada lagi perjuangan meraih cita-cita bersama, tidak ada lagi tawa canda di saat bagaimanapun juga, dan tiada lagi solidaritas layaknya saudara sendiri, hal-hal tersebut dibangun pada saat sebelum dewasa. Sehingga program seperti ini menjadi penyedia networking yang sangat bagus, bagi future leaders Indonesia, dengan program XL Future Leader.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YOU MAY LIKE