Jenis-Jenis Beasiswa S1 Perguruan Tinggi di Indonesia

Banyak siswa lulusan SMA yang berharap mendapatkan beasiswa S1 untuk biaya kuliah mereka. Fenomena ini disebabkan karana biaya pendidikan di perguruan tinggi memang tidak murah. Oleh karena itu Namun ada baiknya calon mahasiswa mengetahui jenis-jenis beasiswa apa saja yang sering ditawarkan oleh Universitas. Dengan mengenal ragam beasiswa yang ada, maka dapat dipilih jenis beasiswa yang cocok dengan latar belakang serta pilihan studi yang akan dipilih.

Ikut Aplikasi Beasiswa
Ikut Aplikasi Beasiswa

Ada beberapa ragam jenis beasiswa S1 yang ditawarkan saat ini. Beberapa diantaranya adalah beasiswa pemerintah, beasiswa universitas, dan beasiswa swasta/yayasan.  Beasiswa pemerintah merupakan beasiswa yang diberikan pemerintah melalui lembaga terkait. Misalnya dari pemerintah Indonesia seperti beasiswa dikti, bidik misi, dan beasiswa unggulan. Atau MONBUKAGAKUSHO yang diberikan oleh pemerintah Jepang bagi pelajar yang ingin kuliah di Jepang. Beasiswa  Universitas adalah beasiswa yang dianggarkan khusus dari Universitas yang bersangkutan misalnya beasiswa tidak membayar SPP atau beasiswa mahasiswa berprestasi. Sedangkan beasiswa yayasan/swasta merupakan beasiswa yang diberikan oleh pihak swasta baik perusahaan atau yayasan. Contohnya adalah Djarum Foundation, Sampoerna Foundation, Tanoto Foundation, dsb.

Perlu diingat bahwa umumnya beasiswa ditargetkan untuk kalangan tidak mampu yang berprestasi. Kalangan tidak mampu di sini bukanlah untuk golongan miskin semata tetapi bagi mereka yang memang kekurangan biaya untuk melanjutkan studi. Dalam memilih beasiswa pelajarilah persyaratan serta fasilitas yang diberikan. Jangan lupa sesuaikan dengan jenis prestasi agar peluang mendapat beasiswa S1 semakin besar untuk diraih.

Description: Beasiswa S1 sangat diharapkan oleh mahasiswa tidak mampu untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Ada beberapa jenis beasiswa S1 yaitu beasiswa pemerintah, beasiswa universitas, dan beasiswa swasta/yayasan. Umumnya beasiswa ditargetkan untuk kalangan tidak mampu yang berprestasi.

Tulisan terkait

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *