Ini dia Cara Mendapatkan Kesempatan Magang di Perusahaan Besar

Mendapatkan kesempatan magang di perusahaan besar dan bergengsi tidaklah mudah. Sebut saja Google, Facebook atau perusahaan besar  lainnya. Banyak sumber yang mengatakan bahwa kesempatan magang di perusahaan kadang bahkan jauh lebih sulit dibanding memasuki universitas bergengsi kelas dunia seperti Havard. Akan tetapi bukan berarti kesempatan ini sama sekali tidak dapat kamu raih. Berikut beberapa tips, saran, dan informasi yang berguna untuk meningkatkan peluangmu untuk magang di perusahaan bergengsi kelas wahid.

  1. Persiapan dan lamaran

Resume

Pastikan resume kamu ringkas dan langsung pada intinya. Mereka hanya menghabiskan waktu rata-rata sekitar tujuh menit untuk membaca resume setiap pelamar yang artinya buat resume kamu maksimum satu halaman saja.  Jangan menempatkan pernyataan obyektif. Jangan mencantumkan gambarmu sendiri. Jangan mencantumkan referensi. Yang harus kamu cantumkan adalah, pencapaian dan prestasimu, bukan deskipsi pekerjaanmu. Hal berbeda apa yang sudah pernah kamu lakukan dibandingkan dengan orang yang sebelumnya berada di posisi yang sama?

Upayakan untuk menyesuaikan resume kamu dengan bidang magang yang kamu lamar. Perusahaan besar menerima ribuan resume setiap kali musim perekrutan, maka pastikan kamu mengutamakan pengalaman dan skill yang kamu punya yang berkaitan dengan apa yang mereka cari. Kunjungi situs perusahaan bersangkutan dan cek kata kunci yang mereka gunakan untuk menjelaskan apa yang mereka inginkan dan salin. Hal ini memastikan perusahaan melihat bahwa kamu adalah kandidat yang cocok.

Ingat, pengalaman tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan. Di mana kamu terlibat dalam proyek sukarela atau proyek apa yang sedang kamu mulai?

Apa yang dicari recruiter dari sebuah resume yang dibaca sekilas?

Proyek Sampingan

Sekolah ternama atau IPK tentu saja dapat membantu tetapi perusahaan terkemuka biasanya juga mencari kandidat yang memiliki sifat pembangun. Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu memiliki passion di luar kelas. Kamu dapat melakukan apa saja mulai dari memulai proyek kecil seperti membuat web sederhana. Tunjukkan bahwa kamu memiliki kreativitas, passion, dan motivasi untuk memulai sesuatu mulai dari awal hingga akhir. Perusahaan akan menyukai hal seperti ini.

Bagaimana kamu dapt meningkatkan produktivitasmu di proyek sampingan jika kamu lelah karena tugas sekolah?

Keberadaan Online

Rekruter perusahaan menghabiskan banyak waktu online untuk mencari kandidat. Jika kamu seorang insinyur, pamerkan karyamu kamu di Github! Jika kamu seorang designer, dapatkan portofolio online! Bergabunglah dengan komunitas teknologi melalui Twitter atau Quora! Mulai membuat blog! Pastikan Linkedin kamu selalu up-to-date dan libatkan diri dengan grup diskusi. Aktif secara online adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian tim perekrut perusahaan.

Koneksi

Ini mungkin adalah cara terbaik untuk menjadi bagian dari perusahaan besar. Kandidat yang direferensikan oleh orang dalam memiliki kesempatan yang lebih besar dibandingkan dengan kandidat yang tidak. Kunjungi LinkedIn dan cek apakah kamu memiliki koneksi tingkat 2 atau tingkat 3. Jika tidak, ini bukan akhir segalanya. masih banyak orang yang mendapat kesempatan magang di perusahaan besar tanpa koneksi, mereka hanya perlu sedikit lebih bekerja keras.

Kamu dapat memperbaikinya dengan mudah dengan menghadiri acara tertentu atau diskusi yang berkaitan dengan bidang yang kamu inginkan.

Lamaran

Kamu dapat dengan mudah menemukan kesempatan magang yang sesuai dengan bidangmu di sini: Neuvoo. Jika kamu sudah menemukannya, sekarang kamu tinggal mengirim lamaran dan berdoa semoga segala persiapan yang kamu lakukan berhasil. Kamu tinggal menunggu dikontak oleh perusahaan.

  1. Wawancara

Tidak semua posisi memiliki tahapan wawancara yang sama.

Berlatih

Berlatih untuk wawancara adalah keharusan apapun bidang yang kamu lamar. Cek diinternet untuk mengetahui beberapa pertanyaan untuk latihan wawancara.

Kampusmu mungkin memiliki pusat karir di mana kamu dapat berlatih wawancara atau meminta temanmu untuk membantumu berlatih.

  1. Saatnya menunggu panggilan

Tahapan ini adalah tahapan yang menuntut kesabaran. Perusahaan tertentu yang memerlukan waktu dua minggu untuk dapat mengetahui apakah kita lulus wawancara atau tidak, namun perusahaan lain kadang memerlukan waktu yang lebih lama. Jangan putus asa jika kamu belum juga mendapat kabar, bersabarlah, sambil menunggu kamu bisa mencari kesempatan magang di tempat lain.

Jika kamu ingin mencari kesempatan magang yang lebih luas, jangan kawatir! Kamu bisa mencarinya sesuai dengan negara tujuanmu di sini!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YOU MAY LIKE