Informasi Program Beasiswa S1 Jepang Monbukagakusho

Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar Jepang di Indonesia selalu memberikan kesempatan kepada pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi di Jepang melalui Program Beasiswa S1 Jepang Monbukagakusho. Program Monbukagakusho untuk undergraduate mempunyai durasi selama 5 tahun termasuk 1 tahun untuk belajar bahasa Jepang. Namun beberapa program studi seperti kedokteran umum, kedokteran gigi, kedokteran hewan, dan farmasi lama studinya 7 tahun. Fasilitas yang diberikan kepada penerima beasiswa meliputi tunjangan hidup sebesar ¥117.000 per bulan, tiket ekonomi pulang-pergi Indonesia-Jepang, serta bebas biaya pendaftaran dan biaya pendidikan. Tidak ada ikatan dinas pada program beasiswa Monbukagakusho.

beasiswa s1 jepang monbukagakusho
beasiswa s1 jepang monbukagakusho

Persyaratan untuk program beasiswa Monbukagakusho Jepang adalah lulusan SMA/sederajat dengan nilai Ujian Nasional rata-rata 8,4 dengan usia minimal 17 tahun dan maksimal 22 tahun. Untuk lulusan SMA jurusan IPS bisa mendaftar melalui program JLPT level 3. Program beasiswa Monbukagakusho umumnya dibuka pada tengah tahun dan akan memulai studi tahun berikutnya jika lolos seleksi. Seleksi beasiswa meliputi seleksi administrasi (kelengkapan dokumen), seleksi tulis, dan wawancara. Semua soal diberikan dalam bahasa Inggris.

Untuk kelengkapan informasi dapat diakses melalui http://www.id.emb-japan.go.jp. Registrasi pendaftaran dapat dilakukan melalui http://www.beasiswamext.or.id ketika program beasiswa sudah dibuka. Persyaratan dokumen yang diserahkan harus sudah dilegalisir oleh instansi yang berwenang. Selain Beasiswa S1 Jepang, program Monbukagakusho juga dibuka untuk D2, D3, Research Studies, serta program pascasarjana.

Description: Beasiswa S1 Jepang salah satunya adalah Monbukagakusho yang diadakan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Program ini ditujukan untuk lulusan SMA yang ingin melanjutkan studinya di Jepang.

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *