Google Students Ambassador Indonesia

Google Students Ambassador, yeaayyyyy, Google bro and sist, ente tinggal di Goa Pedalaman Papua kalo gag tau apa itu mbah Google, haha. Jadi sesi perkenalan mengenai perusahaan ini saya skip saja ya, kalo masih gag tau tentang Google, silahkan Googling ke www.google.co.id. Jujur saya selalu excited kalau membahas mengenai Google Students Ambassador, atau biasanya disingkat menjadi GSA. Agar terstruktur, lebih baik saya bagi-bagi menjadi beberapa bagian saja ya, bagian pertama ini adalah bagaimana menjadi seorang GSA yang keren.

Bagaimana Menjadi Google Students Ambassador

Rahasia, Private Message aja ya kalau mau tau, via facebook, kalo cewe nanti saya kasih tau, kalau cowo males balasnya, hehe. Just Kidding kok, siapkan pena dan catatan anda sekarang juga untuk mencatat resep sukses menjadi GSA ini, karena sewaktu-waktu tulisan blog ini bisa saja dihapus dari listing search Google dikarenakan melonjaknya pendaftaran GSA Indonesia gara-gara saya promosi dimana-mana, haha. (But seriously guys, I mean it, saya udah diliput tabloid nasional untuk cerita-cerita GSA, saya cerita dengan banyak teman tentang GSA, teman-teman GSA saya tentu cerita juga dengan teman-teman mereka, keluarga, dan media digital. Tahun saya pendaftaran di angka ribuan orang, tahun 2014 bisa saja menjadi di angka belasan ribu orang. Take your advantage by read this post, catat, dan aplikasikan di waktu yang diperlukan, kasih tanda di kalender kostan atau rumah anda sesegera mungkin.)

Step pertama, catat waktunya, di kisaran bulan Maret, April, Mei kalo gag salah (sorry, bad memory), program GSA ini annually diadakan, untuk South East Asia, tahun saya tahun kedua, tahun pertama itu senior saya, nah kalau anda berhasil, di tahun 2014 adalah tahun ketiga GSA regional South East Asia, dan kalau anda terpilih, anda jadi junior saya, hehe.

Kemudian catat link nya

Google Students Ambassador Program Website

http://www.google.com/edu/programs/student-ambassador-program/

Google Students Ambassador Website

Google Students Ambassador Website

Dan buka hanya di waktu yang saya katakan di atas, di luar waktu itu, link pendaftaran gag bakal ada.

Ketika waktu pendaftaran tiba, nanti akan ada link pendaftaran menggunakan Google Form (yang gag tau apa itu G Form, mundur aja deh dari GSA, masa gag tau G Form). Akan ada beberapa pertanyaan mengenai diri anda personal (gag masalah apapun background pendidikan kuliah anda, Google menerima jurusan apapun buat jadi GSA, asal Hi-Tech person, sama Google Lovers, tapi memang mereka yang IT students punya kesempatan yang lebih besar). Kemudian ada beberapa pertanyaan mengenai kegiatan apa yang bisa anda lakukan TANPA DANA, remember, ketika anda menjadi GSA nanti, anda dituntut untuk menjadi duta bagi Google di Universitas anda dan Negara anda masing-masing, dan ikut menyelenggarakan kegiatan bertemakan Google dan produk-produknya. Dan anda sangat disarankan untuk menyelenggarakan berbagai program dengan “Zero Budget”, namun tetap difasilitasi oleh Google seperti pembicaranya dari Google people, juga hadiah-hadiah yang lucu bertema Google bakal dikirimkan juga untuk meramaikan acara anda. Jika memang butuh dana, ya ajukan saja proposalnya, kalau disetujui baru deh jalankan.

Sesuaikan saja dengan passion dan kesenangan anda, misal anda seneng nulis, ya buat event “Google for Writers”, “Blogger Gathering by Google”, or whatever lah yang ente mau bikin. Kalo seperti teman saya yang dari ITB, dia hobi banget sama video, ya bikin acara “Youtube Video Maker Workshop”, atau “Youtube for Video Branding”, atau “Promote your Awesome, Cool ad Crazy Video with Youtube”. Bisa juga kegiatan entrepreneurships, “Google for Entrepreneur”, “Make Money with Youtube”, “Automated your Website for Money with Adsense”. Kemudian tentunya hal-hal berkaitan dengan akademis, “Google Apps for Education”. Apapun passion anda, Google punya produk yang berkaitan dengan hal tersebut, yakin deh.

Dan jangan lupa di bagian terakhir, mereka minta kita membuat video perkenalan dan promosi diri sendiri dengan durasi maksimal 1 MENIT, yahahaha, mikir dah ente gimana bikin video yang keren dan bisa mempromosikan diri anda dalam Tempo Jang Sesingkat-Singkatnya ! (Eh, kok kayak proklamasi nih).

Tahun pertama, senior saya bilang kalau mereka belum diminta pake video segala, mereka cuma seleksi form screening saja. Tahun kedua, tahun saya menjadi GSA, sudah ada video screening bersama form screening. Nah tahun ketiga, saat anda mau apply GSA tahun 2014, mungkin saja sudah ada seleksi interviewnya, interviewernya mungkin orang Google Singapore, via Skype, eh salah, Google Hangout bro, gag pake Skype, hehe.

Di posting selanjutnya akan saya bahas mengenai SEARCH SUMMIT 2013, ketika semua GSA se-South East Asia dikumpulkan di satu tempat, bersama dengan Google Business Group (GBG) SEA, Google Developer Gorup (GDG) SEA, Map Maker, serta banyak Google People dari berbagai regional, termasuk langsung dari Mountain View, US.

 



5 responses to “Google Students Ambassador Indonesia”

  1. Wikha says:

    Halo bang Arib! Dont know why sering banget end up di blognya mas Arib ini. Mungkin karena banyak kesamaan ketertarikan. Anyway aku juga XLFL haha
    Bang, share tentang student ambassador lainnya dong or youth programs jg gpp. yg bisa diikutin lah intinya. Soalnya udh ada beasiswa jd ga bsa apply byk lg. Ambassador gtu gtu doang bisanya hiks :”
    Thanks a lot bang! Sangat membantu blognya

    • Ahmad Arib says:

      Hai Wikha, wah senangnya ada XLFL yang baca, haha, XLFL batch berapa? ini kk lagi urus form registrasi batch 6, udah mau mulai registrasi lagi XLFL.
      Hm, wait2, ntar aku ada post yang baru tentang OPPO Youth Ambassador, dari OPPO smartphone Indonesia, yang handle itu anak XLFL juga, dulu kk yang bikin programnya waktu kerja disana, kk lanjut sekolah turunin deh ke anak XLFL yang lain, wkwk, dicek aja lagi ya kalo kk dah posting

  2. Erik Santiago says:

    thanks kak, atas infonya.
    sering2 ngepost tentang GSA ya ^^

  3. IhsanFahmil says:

    Big thanks for the information!! Saya tertarik banget dengan GSA semoga bisa tembus GSA 2014 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YOU MAY LIKE