Definisi Dan Pengertian Pendidikan Menurut Para Tokoh Ahli

pilih jurusan kuliah, bukan kampusnya

Pendidikan merupakan hal yang penting di kehidupan manusia. Tanpa pendidikan maka kita tidak bisa menjadi pintar. Ada beberapa pengertian pendidikan dari beberapa para ahli. Pendidikan menurut M.J Langeveld merupakan usaha dari manusia  kepada manusia untuk membimbing menjadi dewasa. Tujuan dari pendidikan ini adalah untuk mengajarkan kepada anak-anak mengenai kehidupan agar bisa menjadi mandiri, bertanggung jawab, dan akil balig.

Pendidikan menurut Driyarkara adalah upaya yang dilakukan oleh manusia muda dalam mengangkat ke taraf insan. Sedangkan menurut H.H Home pendidikan adalah di mana suatu perangkat mengangkat keberadaannya untuk memperbaharui dirinya sendiri serta mempertahankan beberapa idealnya. Berbeda dengan Canter V. Good. Dia menjelaskan pendidikan adalah suatu proses perkembangan perilaku seseorang pada masyarakat menjadi lebih baik. Dengan beradapatasi pada lingkungan maka seseorang dapat meningkatkan kecakapan sosialnya dan mengembangkan kepribadiannya di suatu lingkungan yang terpimpin.

Pengertian pendidikan terus berkembang yang memiliki artian bahwa pendidikan merupakan suatu bimbingan atau bisa juga disebut dengan pertolongan yang sengaja diberikan untuk anak didik dari orang dewasa agar anak didik tersebut menjadi dewasa. Pendidikan juga bisa diartikan sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh per orangan atau kelompok dalam mempengaruhi seseorang ataupun suatu kelompok agar menjadi lebih dewasa dan dapat meningkatkan tingkat hidup. Dengan demikian, pengertian pendidikan adalah segala usaha yang dilakukan untuk mempengaruhi seseorang atau kelompok agar mencapai tingkat tinggi kehidupan untuk menuju kedewasaan.

Description: Pengertian pendidikan menurut beberapa para ahli memiliki pengertian berbeda. Meskipun berbeda, tapi beberapa pengertian tersebut memiliki arti yang sama yaitu untuk menjadikan lebih baik dan dewasa.

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *