Cara Menulis Contoh Surat Pengunduran Diri / Surat Resign yang Baik

surat pengunduran diri
contoh surat pengunduran diri
contoh surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri atau surat resign terkadang cukup sulit untuk dilaksanakan, terlebih lagi kita harus meninggalkan jejak dan kesan yang baik kepada atasan dan perusahaan dimana kita bekerja sebelumnya, baik full time maupun part time, contoh surat pengunduran diri berikut mungkin bisa dijadikan acuan oleh teman-teman semua.

Contoh Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Indonesia

Sukabumi, 08 April 2016

Kepada
Yth Pimpinan
CV.  AGUNG  MAS MOTOR
Sukabumi
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Sofi Yulianti
Alamat : Jl. Siliwangi Gg. H. Marjuki No. 23 Rt/Rw. 01/07 kel. Kebonjati Kec. Cikole
Jabatan : Sales Counter

Bersama surat  ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri  dari Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin  pertanggal 19 April 2016. Demikian permohonan pengunduran diri saya buat  dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan
dari  pihak manapun. Dan saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan bimbingan yang diberikan oleh Bapak/Ibu selama saya bekerja ditempat Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sofi Yulianti

Contoh Surat Resign

Atau mungkin bisa cek menggunakan cara membuat surat pengunduran diri yang satu ini

kota……………….

Kepada Yth,

Manajer ……………

di

Tempat

 

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya ………………………..mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari ……………………….sebagai ……………………. terhitung sejak ………………….

Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan ……………………….kepada saya untuk bekerja di ………………………..

Tak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen ……………………….apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di ……………………….. Saya berharap ……………………….menjadi perusahaan yang terus maju, sukses dan menjadi yang terbaik.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

 

 

Hormat saya.

Contoh Surat Resign dalam Bahasa Inggris

Atau jika perusahaan anda termasuk dalam Multi National Company, sehingga harus dalam bahasa Inggris, contoh surat pengunduran diri kerja berikut bisa jadi pedoman. Dan jangan lupa untuk cek tips sebelum mengundurkan diri, untuk menjaga profesionalime dan jaringan kerja anda.

 

City name, date month and year

 

To. Line Manager Name

     Title of Line Manager

    Company Name

Subject      : Official Resignation of (your name)

Dear Sir/Madam,

Hereby, I would like to thanks for every opportunity given in (Company Name). This year with (Company Name) has become the greatest moment in my life. I could work for a great company in the world and learned a lot in business and career life.

However, based on some considerations, I decide to resign from representing the company as your title now, which is my effective resignation date will be (month date, year).

(Company Name) has been more than fair with me, and I genuinely appreciate all the support. (Company Name) has taken me to a high appreciation for all personal and professional relationship over the year. I have enjoyed working with (Company Name)’s fine staff of professionals and colleagues here.

I wish (Company Name) continued success in all the activities. I hope that we will stay in touch as I begin the new chapter of my life.

Please feel free to contact me at any time to take my assistance in helping with a smooth transition.

 

Best Regards,

 

(Your name)

 

Study Kasus Pentingnya Surat Pengunduran Diri / Surat Resign

Nah diatas adalah contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign yang bisa anda gunakan segera, dan berikan ke HRD di kantor anda. Namun pernahkah anda berpikir dampak apa saja yang akan terjadi begitu anda menyerahkan surat tersebut? Atau bahkan sebelum menyerahkan surat ini, anda sudah mengatakannya kepada teman-teman kantor anda?

Karena resign itu sendiri perlu diperlakukan dengan sangat spesial, agar tidak kejadian seperti salah satu rekan kerja saya.

Saat itu di perusahaan multinasional yang pernah saya bergabung di dalamnya, rekan kerja saya, sebut saja Andi, di bidang IT mengatakan bahwa saat ini dia sedang menjalani interview dengan salah satu BUMN terkemuka di Jakarta, untuk experience hire, dan dari interview terakhir Andi menyatakan bahwa positif dia akan pindah ke BUMN tersebut di awal bulan depan, yang kiranya itu sekitar 3 minggu lagi dari saat ini.

Dan bukan hanya ngomong kepada saya, Andi telah mengatakan hal ini ke beberapa teman kerja lainnya. Dan sepertinya kabar ini juga mampir ke telinga HRD, entah bagaimana, namun HRD terlihat diam-diam saja terhadap Andi.

Saat Andi telah membuat surat pernyataan pengunduran diri setelah ngomong kesana kemari, dan memberikannya kepada HRD, saat itulah HRD mulai beraksi. Mereka menyatakan tidak bisa menerima pengunduran Andi selama Andi tidak bisa mencari penggantinya, karena posisi Andi yang cukup penting di bagian IT.

Maka selama seminggu penuh Andi mulai mencari orang-orang yang dikenalnya untuk mengganti posisinya di perusahaan tersebut, dan untungnya ketemu, Andi mulai merasa kesal atas tugas tambahannya dari HRD.

1 minggu menjelang last day, ada lagi kabar dari HRD bahwa Andi telah menandatangani kontrak pertanggungjawaban training IT yang telah diambilnya sekitar 3 bulan lalu di Thailand, dan berdasarkan kontrak itu Andi wajib tetap tinggal di perusahaan setidaknya 12 bulan setelah waktu training, atau dia wajib mengganti biaya operasional kantor untuk training IT yang diambilnya.

Putus asa dan merasa bahwa HRD mempermainkannya, karena menurutnya dia sama sekali tidak mengetahui bahwa dia pernah menandatangani kontrak semacam itu, dan juga dia mengatakan bahwa training itu diwajibkan untuk diambil oleh atasannya.

Walau bagaimanapun, kontraknya telah ditunjukkan oleh HRD, dan Andi tidak memiliki pilihan lain selain membayar ganti rugi sebesar sekian juta rupiah sebagai biaya ganti trainingnya di Thailand. Dan akhirnya Andi secara resmi resign dari perusahaan lamanya.

Dan hal ini belum berakhir disini, perusahaan baru Andi melakukan pending hire dikarenakan kondisi perusahaan yang memburuk sehingga perlu dilakukan restrukturisasi dan moratorium karyawan baru. Sehingga Andipun sekarang tidak memiliki pekerjaan di perusahaan lama maupun yang baru akan dia masuki.

Hingga akhirnya dia memutuskan untuk membuka usaha di bidang IT yang dipahaminya, hingga saat ini, saat sesekali bertemu sambil ngobrol makan malam, dia berkata tidak paham bagaimana bisa hal seperti ini terjadi padanya, relasinya buruk dengan perusahaan lama, padahal ada beberapa service dari usahanya yang cocok untuk ditawarkan ke perusahaan lama.

Begitulah kenyataannya bahwa relasi di bisnis itu sangat penting, dan dapat bertahan untuk jangka waktu yang sangat lama. Pengunduran diri atau resign, bisa jadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi relasi & hubungan anda dengan perusahaan atau institusi yang akan anda tinggalkan nantinya, pastikan dengan baik hal-hal buruk seperti yang terjadi dengan Andi tidak terjadi pula dengan Anda.
Sehingga anda harus benar-benar memperhatikan surat pengunduran diri atau surat resign yang anda buat nantinya.

 

Tulisan terkait

112 Comments

  1. Pak ahmad..saya sbgai pengurus yayasan udh 2 bln lbih bkerja, sk saya smpai 2019 dan trdftar di notaris dan kemenkumham, sy mau resign krn g sanggup kerjanya.. Itu bisa ya?
    Kena denda ya?

    1. maksudnya sk sudah sampai 2019? apakah itu kontrak kerja, pns kah?
      coba ditanya ke pengurus/ketua yayasannya, kalau kamu mau resign gimana, karena saya kurang tahu untuk yayasan mekanismenya seperti apa Amelia

  2. Kak, mau tanya. Itu yg “terhitung sejak tanggal…” itu maksudnya tgl awal kerja, tgl waktu keluar, atau tgl waktu surat dibuat ya? Makasih.

  3. Pak saya mau minta pencerahanya,saya bekerja di logistik selama 2 bulan,dan saya merasa jenuh karena sistem kerjanya yg jam 2 pagi sampai jam 11 siang,dan dengan rekan kerja juga selalu mengintimidasi saya dengan alasan senioritas,sampai ada yg mau mengancam saya karena ada masalah dan dri atasan dia dimarahin dan saya dituduh dia yg melaporkan masalah dia,padahal saya tidak pernah ngomong sama sekali,kebetulan kemarin saya sudah mengikuti tes tahap akhir bagian barista dan bakal di panggil siap lebaran ini,pertanyaan saya bagaimana saya membuat surat resign? Apakah alasan saya balik ke kampung menjadi solusi?

    1. Hi Leon.
      Pertanyaan pertama, sudah TTD kontrak kah? kalau belum lanjutkan proses resignnya.
      Format surat resign diatas bisa kamu pakai kok, sesuaikan saja isi dan alasannya.
      Kalau saya prefer jujur saja, apa yang menjadi alasan kamunya, toh itu hak kamu kok untuk resign jikalau gag cocok dengan pekerjaan saat ini, apapun alasannya.

      1. Kebetulan saya sudah ttd kontrak selama 6 bulan masa percobaan,saya kepingin cara supaya ijazah saya keluar aja pak,soalnya saya keterima kerja sebagai barista di salah satu brand coffe.dan mereka memberi masa tengang selama 2 minggu ijazah harus ada pak, ijazah saya bisa keluar di kerjaan saya saat ini selama 1 bulan,bagaimana meyakinkan ditempat kerja yg baru supaya mereka memaklumi pak?

        1. oalah, haha, wah sudah ttd kontrak masa percobaan juga ya kamunya.
          Wajar kalau mereka kasih penalti pegang ijazah selama 1 bulan, walau sebenarnya saya juga bingung dengan praktik tahan ijazah yang ada saat ini di Indonesia, hmm.
          Opsinya kamu cuma ngomong ke perusahaan baru dengan jujur bahwa ijazah kamu masih ditahan di perusahaan lama, dan kamu resign dari perusahaan tersebut sebelum masa kontrak kamu habis dengan alasan yang sudah kamu jelaskan sebelumnya. Dan ijazahnya baru bisa kamu berikan telat 2 minggu dari deadline yang mereka berikan.

          1. Saya sudah mengajukan resign dari perusahaan dan atasan saya di bagian logistik tidak mempermasalahkan saya keluar,intinya saya harus menunggu hrd hri senin besok dlu, apakah ada selisih dari saya pada saat bekerja,lalu saya coba meminta keriganan apakagh ijazah bisa secepatnya keluar.

  4. mnta sarannya pak, saya kerja tidak ada problem, tapi terkadang sy byk nganggurnya, dan pekerjaan tsb mnrt sy kurang cocok untuk sy, adapun kerjanya bukan kontrak, disini saya mau resign ke pekerjaan lain, tapi problemnya sy sangat sungkan sekali untuk resign, soalnya pengurus sana jg orangnya baik, sy takutnya ketika resign sy tidak diijinkan dan disuruh melanjutkan kerja disitu, bagaimana seharusnya ?, mohon dibantunya

    1. jangan sungkan kalau mau resign, resign itu hak setiap orang kok,apalagi kerjanya bukan kontrak, jadi tidak ada ikatan legalnya untuk stay disana. Dan kalau memang sudah merasa kurang cocok ada baiknya mencoba pekerjaan lain.
      Mengenai ketakutan kamu, itu cuma ketakutan saja, kalau kamu sudah ngomong baik2 dan sudah mantap buat resign bakal dipersilahkan resign kok saya yakin. Diomongin saja, jangan takut dan sungkan duluan, itu hak mu.

  5. ” pak saya mau tanya kan saya kontrak kerja di sebuah hotel di jogja 3 bln tapi saya baru kerja 1 bulan di karenakan tempat kerja saya sudah membuat saya tidak betah kerja di sana, dan teman teman kerja sudah tidak akur.. tapi saya sudah tidak kuat kerja di sana saya mau mengundurkan diri, tapi saya salah karena sebelum mikir jauh saya sudah gak masuk kerja 13 hari di karena sudah tidak betah lagi, gimana pendapat bapak? saya baru lulus tahun 2017 SMK saya mohon pendapat bapak terimakasih…

    1. duh, udah gag masuk kerjanya sudah 13 hari, ini ya sudahlah, mau bilang apalagi.
      Untuk ke depannya, selalu bilang, apapun itu. Gag betah gimana, mau resign kapan, cek dulu kontrak kerjanya, dll.
      Apalagi kamu baru lulus SMK kan, perhotelan juga saya rasa dari ceritamu. Perhotelan itu oke, asal kamunya konsisten, dan bisa bahasa lain, bahasa Inggris, atau Jepang, sama Mandarin, dll, jadi bisa kerja di brand internasional, dan nantinya kerja keluar negeri saja.
      Saat ini saya di Shanghai, tiap pengajian selalu ketemu sama warga Shanghai, udah 7 tahun disini, dia dari SMK perhotelan dulunya, kerja di hotel, belajar bahasa Inggris, terus belajar bahasa Thailand, kerja di Bangkok ato Phuket lupa saya, dapat istri sana. Belajar bahasa lain2 juga, kerja dimana2. Hingga akhirnya settle di Shanghai dan kerja di hotel sini, dengan bahasa Mandarin yg oke juga tentunya, bareng istrinya orang Thailand.

    2. sebenarnya ada alasan lain seperti kerja saya itu sangat dibutuhkan pak, meskipun terkadang nganggur, dan kerja itu dulu yang beri guru sy, adapun kerja yg baru ini guru sy lainnya, bagaimana pak seharusnya yang saya lakukan?, bagaimana agar nama baik saya tetap terjaga?

  6. Pak ahmad, saya berencana resign dari pekerjaan saya(saya sudah bekerja di PT itu 9 bulan), dikarenakan awal mei kemarin saya di pindahkan jabatan, awal perjanjian saya hanya bagian administrasi, tetapi awal mei ini saya di pindahkan ke bagian yg jobdes nya sgt banyak (pekerjaan merangkap, antara lain jobdesnya itu bag kasir, bag purchasing, seketaris bos, dan bahkan urusan pribadi bos, seperti membeli obat nya pun kita yg kerjakan) saya juga sekarang masih kuliah, dan semenjak menjabat disini saya krg istirahat, dan jdinya saya sering lupa dan akhirnya membuat kesalahan yg membuat bos saya marah, lbh baik saya resign senin ini tgl 22 mei 2017, atau menunggu tanggal gajian? ( tapi saya takut jika saya menulis mulai resign terhitung tgl 30, saya takut ketika dia sudah tau saya akan resign, dia akan memperbanyak pekerjaan saya) dan saya juga mau minta surat rekomendasi kerja, sehingga nntinya setelah lulus kuliah saya lbh gmpng cari pekerjaan, tetapi bagaimana cara menyampaikannya?
    Terima kasih

    1. Hi Karina

      Sebaiknya menunggu tanggal gajian saja, karena lebih lengkap untuk proseduralnya juga, dan itu hak kamu juga.
      Jangan takut kalau mau resign, resign itu hak kamu kok, kalau sudah tidak cocok dan kamu memang punya alasannya serta tidak merugikan orang lain sama sekali, mengapa harus takut.
      Dan untuk rekomendasi kerja minta saja baik2, mudah2an dikasih, karena itu lebih kepada kebijakan bos kamu mau memberikan atau tidak.
      Dan untuk memperbanyak pekerjaan, ya, hmm, ini tinggal terserah kamunya aja, karena bisa aja kamu gag selesaikan semua kan pada saat kamu sudah resign nanti. Atau kamu selesaikan semua juga lebih baik. Toh gag lama lagi juga sudah resign.

  7. Pak ahmad kalau kondisi seperti saya izin pulang karena orang tua sakit , dan karena tidak diizinkan oleh orang tua kembali lagi ke tempat kerja saya di kalimantan karena terlalu jauh. bagaimana cara kirim surat resign nya ya? Saya masih dalam posisi kontrak 1 tahun tetapi dalam SPK tidak tahan ijazah.. Apakah saya harus ke kalimantan lagi untuk menyerahkan surat resign? Atau bisa melalui e-mail? Lalu ditujukan ke mana ya surat resign nya? Saya hanya tau email HR yang merekrut saya. Terima kasih..

    1. Pak Rudi ada kontak atasan langsung kan Pak?
      Kontak atasan langsung bapak, surat resignnya juga diberikan ke beliau, dan tanyakan langsung via email boleh atau nggak, biasanya gag boleh sih Pak, saran saya kirim harcopy dengan TTD basah bapak di surat resignnya via pos ke HR atau atasan langsung bapak, karena alasan yang mendesak bilangnya ke mereka.

  8. Selamat siang,
    saya mau mnt sarannya pak..

    saya bekerja di perusahaan Trucking(MKL) yang masih baru , hampir 1th saya bekerja disini, di kantor saya jg ad PT lain dg bidang yg sama tetapi lebih dulu berdiri perusahaannya,,
    utk perusahaan t4 saya bekerja ini karyawan hanya saya accounting dan 1 operasional,di tambah 1 direktur & komisaris (pemilik perusahaan) . pada awal interview th 2016 utk salary UMR smrg, akan tetapi setelah saya jalani hampir 1th ini gaji saya tdk pasti,,semakin banyak kalender merah di bulan tsb semakin sedikit saya terima gaji, dan tdk ad kontrak kerja nya pula, tetapi jobdesk yg saya kerjakan ini,, di perusahaan yg satunya itu dikerjakan oleh 2-3 orang,, sedangkan di perusahaan t4 saya bekerja hanya saya sendiri yg merangkap semua pekerjaan nya,, dengan gaji yg sangat minim tetapi pekerjaan nya melebihi batas jobdesk saya sebagai accounting, saya ingin sekali resign, karena pimpinan nya jg pola berbicaranya tdk pantaas dikatakan sebagai pimpinan, awalnya saya bertahan karena teman nya yg sangat membantu apabila ada masalah,, tetapi 2bulan terakhir ini saya merasa teman saya jg membuat saya tdk nyaman. 3bln yg lalu saya juga membantu tuk perusahaan lain yg 1 kantor dengan saya karena karyawannya cuti, saya mengerjakan kerjaan 2PT , utk tambahan yg diberikan tidak sesuai yg di janjikan,lagi2 saya kena PHp,
    apa yg harus saya lakukan,,
    kalau mau resign 1bulan sebelumnya karena harus mencari org pengganti, kalo saya resign saya belum dpt kerjaan baru, kalo saya tetep stay saya juga beban dan tdk bs mencari kerjaan karena jam istirahatpun juga stay dikantor.
    thanks

    1. Halo Ayya, Ayya ada tabungan atau ada rumah orangtua?
      Saran saya resign aja dulu meski belum dapat pekerjaan baru, numpang balik ke rumah orangtua atau hidup sementara dari tabungan.
      Karena kondisi kerja Ayya diatas udah sangat buruk.
      Kalau sempat, bisa carikan pengganti, atau kalau tidak juga gag papa, itu bukan jobdesc kamu kok untuk cari penggantimu, itu urusan mereka yang punya perusahaan.
      Kalau memang sudah tidak betah, jangan ditahan-tahan, makin lama makin gag bagus buat kamunya.

      1. Selamat siang pak,
        Saya minta sarannya

        Saya bekerja di perusahaan ekspedisi sudah 13bln sebagai admin, pada 1bln lalu saya diminta pindah ke bagian AR, sya sudah di latih slma 1bulan oleh org sblm nya, setelah bekerja selama 2hri ini saya merasa tidak mampu dalam menjalankan tugas. Dan di tambah gaji yang tidak seberapa. Itu pun naik nya, setelah masa percobaan selama 3bln. Saya tidak ada surat perjanjian/kontrak.ini menjadi beban saya dalam bekerja.
        apa yg harus saya lakukan,,
        kalau mau resign 1bulan sebelumnya harus mencari org pengganti, kalo saya resign saya belum dpt kerjaan baru, kalo saya tetep stay saya juga beban dan tdk bs mencari kerjaan karena jam istirahatpun juga stay dikantor.
        thanks

  9. mau nny, misalnya bln mei 2017 ini saya terakhir kerja, tgl 01 juni saya tidak masuk kerja lagi.
    kalo di surat resign, buatnya mengundurkan diri terhitung tgl berapa? 31 mei atau 01 juni 2017??

  10. pak sya mau tanya, sya kerja dibidang BUMN, sya aktif kerja tgl 20 maret sya mau resign smpe tgl 25 april kira2 harus apa tidak pke surat resign, sya blm ttd kontrak ? trimakasih

    1. kalau belum ttd kontrak sepertinya tidak perlu surat resign Susi, cukup beritahu ke atasan langsung kamu saja, sama HR juga, kecuali kalau HR nya minta surat resign, tapi harusnya nggak, kamu cuma 1 bulan aja kerjanya.

  11. Selamat Siang,
    Mohon saran dan advise-nya.
    Saya sudah bekerja disuatu perusahaan selama 9thn lebih. Disini saya punya 3 atasan :
    Part Leader –> Group Leader –> General Manager. Kasusnya Part Leader suka dengan kerjaan saya, malah saya selalu dibela dan di sanjung. Tetapi diatasnnya ada Group Leader dan General Manager yang ga tahu alasannya ga suka ama saya ( Ada orang yang suka mengadu kalau saya dapet cerita dari Part leader , kedua orang ini ga tahu kerjaan saya langsung dan soalnya sempat ada ucapan untuk merestuktur saya oleh kedua kepala tersebut. Disini saya mulai ga nyaman bekerja dan ga semangat lagi karena kerja kita ga dihargai lgi, jadi saya mau resign saja dri perusahaan ini. cuma saya bingung, ada solusikah agar saya resign dan dapat hak-hak saya (Pesangon & Penghargaan) dan etiskah kalau saya langsung bicara dari atas ke bawah dulu kalau memang ga diperlukan silakhan diresign.
    Mohon sarannya.

    1. wah sudah lama juga itu Pak Dadang kalo sudah 9 tahun.
      Ini kasusnya udah politik kantor Pak.
      Menurut saya perlu didiskusikan dulu dengan Part Leadernya mengenai issue yang bapak alami saat ini, karena dia atasan langsung bapak. Dari saran2nya lah baru mengambil tindakan lain, diskusi ke HR untuk kepastian hak-hak bapak, dan kalau memungkinkan diskusi juga ke Group Leader bahkan GM nya.
      Dan untuk masalah etis, sebenarnya etis2 saja, karena itu termasuk hak Pak Dadang kok untuk resign.

  12. Permisi saya mau minta saran ni,,
    saya bekerja di PT.BALI MARINE WALK di Denpasar,,
    saya ada kontrak kerja di perusahaan tsb selama 1tahun,tapi saya kerja di sana masih 2bulan udah merasa bosan,sebab saya merasa banyak nganggurnya di perusahaan tsb,jabatan saya cuma engineering sich,perusahaan tsb juga baru kali ini ada team engineering sperti saya,,,
    dan suatu ketika ada seorang atasan yg entah apa jbatannya sebab saya masih blom kenal sama orang tsb,dan dia ngobrol sama HRD perusahaan tsb yg saya juga dengar obrolan mreka,intinya orang tersebut menanyakan apa perlu ada team engineer yg kerjanya gak pasti kayak itu,dan sebagai karyawan di sana pastinya saya tersinggung dengan omongan si orang tsb,,
    dan saya mulai berfikir tuk mengundurkan diri saja dari pada saya mlah gak dihargai sebagai karyawan disitu,padahal yg mengajukan saya sebagai team engineer disana adalah pemilik perusahaan itu sendiri,,,
    dan disini saya mau bertanya apakah tidak apa klau saya mengundurkan diri di perusahaan tsb sebelum masa kontrak saya habis,,
    Intinya dari pada saya bekerja disana tapi tidak dihargai mending saya kerja sebagai kuli bangunan yg pasti mandornya bisa ngehargai saya sebagai pekerjanya,,,
    trima kasih

    1. Hi Afrendi

      Kalau sudah ada kontrak, harusnya jangan dulu resign, hargai kontraknya.
      Dan untuk beban kerja, ada baiknya obrolin ke atasan, ahwa beban kerjamu saat ini “kurang banyak”, dan kamu cenderung banyak menganggurnya. Serta coba cek-cek aja lagi, dan banyak2 ngobrol dengan bagian lain, siapa tahu ada workload di bagian lain yang bisa kamu bantu kerjakan, dan ajukan ini ke atasan langsung kamu.

  13. pak, saya mau sharing-sharing aja niih..
    ini kan saya sudah bekerja selama 1 thn lebih, dan saya sudah mengikuti alur training dan sudah mengikuti semacam test. setelah pengumuman saya naik jabatan jadi team traineer setidak nya sudah ada embel-embel masuk head office. Tetapi dari pihak kantor tidak ada kejelasan masalah jabatan dan penempatan, untuk tanda tangan kontrak keberlanjutan pun juga tidak ada. sekarang saya turun lapang, untuk mengurusi outlet’sedangkan orang-orang nya pun tdak buat nyaman dan seenaknya sendiri. apa lagi dalam 1 outlet ada team saya juga pak,masuk team traineer dan dia lapor, komunikasi dengan saya juga tdak. tetapi sedikit-sedikit laporan orang atasan. apakah bisa pak, saya mintapertanggungjawaban semuanya ke pihak head office nya?? saya untuk bulan-bulan ini juga mau resegn. terimakasih

    1. Sebelumnya apakah sudah ada perjanjian untuk masuk head officenya Bu Yhaki Fenniar?
      Silahkan diobrolkan dulu dengan HR Head Officenya Bu kalau menurut saya, karena jabatan dan penempatan serta kontrak keberlanjutan itu penting sekali.

  14. selamat sore salam sehat selalu pak mohon pertolongan nya, saya bekerja sambil kuliah. saya kerja d PT.AYAM GORENG NELONGSO. saya baru kerja 2 bulanan tpi saya sudah mulai bosen di karenakan saya kurang istirahat apalagi ada jam kuliah fikiran saya jadi tidak fokus meski dlam lingkup msih jam kuliah.
    saya ingin mengundurkan diri tp terkadang saya takut karna masih ada kontrak 4 blnan, dan ijazah saya sebagai jaminan nya pak solusinya gmana pak agar bisa berhenti kerja dan ijazah saya bisa d ambil tanpa tebusan uang speser pun. tolong solusinya.

    1. Hai Fadil
      Wah, kalau kamu masih ada kontrak, pikir2 lagi, karena kamu udah TTD kontrak dan sifatnya mengikat.
      Tinggal cek kontraknya, kalau resign sebelum batas waktu yang ditentukan ada penalti atau tidak, kalau tidak ada ya sudah tinggal resign saja.
      Kalau ada, berarti kamu jangan resign dulu, karena kamu sudah TTD kontrak.
      Atau negosiasikan sama HR atau atasan kamu, kalau kamu ada kuliah, dan ujian, serta mau mempersiapkan skirpsi lalalala atau kuliah tingkat lanjut, siapa tahu mereka mau kasih keringanan, mencabut kontrak, mempersilahkan kamu resign sebelum masa kontrak berakhir.

  15. Mas boleh minta saran gak.
    Saya bekerja di sebuah hotel kurang lebih sudah 7bulanan, saya mau resign gara-gara hotel sy ganti manejemen dan manejemen sy yg baru ini membuat aturan yg terlalu mengikat yg membuat sy tidak nyaman. Apakah sopan bila sy rresign karena manejemen sy ini Bru

    1. masalah sopan gag sopen sebenarnya menurut saya sopan2 aja sih mas Aji, resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan itu hak anda kok, apapun alasan resignnya. Tinggal cara bilang resignnya aja lagi ada cara yang sopan dan ada cara yang nggak sopan.

  16. mas, mau tanya dikit.. saya mau resign, tp masih bingung mau bikin surat resign nya, alur yang benar dan sopan harusnya kemana?? kondisinya saya sebagai karyawan mulai jenuh karena atasan langsung/forman dan supervisor nya seperti perang dingin gitu, seperti indikasi ketidaksukaan mereka, mungkin dengan kinerja saya(tp ini dr perasaan dan pandangan saya tgg mereka)yang membuat sya tidak nyaman. pertanyaannya,apakah boleh surat resign nya ini saya berikan langsung lompat ke manager nya saja, ato ke hr nya mas?? terimakasih

    1. sebenarnya bisa langsung lompat ke manager atau HR, namun paling nggak atasan langsung harus tau dulu, kamu wajib kasih tau, walaupun dia gag punya authority untuk bilang nggak. Jadi alurnya adalah, kamu bilang ke atasan langsung bakal resign kapan ….. kemudian suratnya ajukan ke HR, HR biasanya bakal kasih form resign yang mesti di TTD atasan langsung, kamu, dan HR, biasanya lho ya, tiap perusahaan beda-beda mekanisme resign nya

  17. pak mohon pencerahanya , saya bekerja selama 1 tahun tetapi saya pengin resign pekerjaan karena saya pengin fokus ke kuliah, apa saran dari bapak?

    1. berarti kuliahnya lagi jalan kan ya?
      pekerjaan mengganggu kuliah atau nggak, kalau iya sebaiknya resign saja dari pekerjaan sekarang, selesaikan kuliah baru kembali lagi atau mencari pekerjaan baru

  18. Saya bekerja di slah stu lembaga kursus sdh trhtung 6 bulan dan mau msuk buln ke-7. Tapi sejak 3 bulan trakhr sya sdh merasa g nyaman kerja disitu krn gaji dan jobdes yg diberikan g sesuai dan jam kerjany yg trhitung lbh dr 8jam shingga saya yg awlny full time (senin-jumat) saya ambil part time (senin&kamis) dlm stu bulan ni agar bs mndpatkan pekrjaan lain. Nah, saya mau mngundurkan diri mas tp bingung krn dsn jg kekurangan asisten, asisten yg bru jg msh 3 bln dh resign krn mslah kesehatan. Masalahnya ak sndiri sdh g betah dtmbh lg jobdes yg double dan pmilikny jg g mau ngerekrut asisten lgi. Menurut mas sebaiknya saya hrus bgamna atas pngunduran diri saya?

    1. Hi Ayim, pekerjaan lainnya sudah dapat?
      kalau belum fokus cari pekerjaan lain dulu, sehingga ketika sudah dapat bisa bilang kalau kamu sudah diterima di perusahaan lain secara fulltime. Untuk masalah kekurangan asisten atau pemiliknya, itu sebenarnya bukan urusan kamu kok, kamu gag perlu mikirin itu, jobdesc kamu saya yakin bukan memikirkan kelanjutan perusahaan, saya rasa itu jobdesc pemiliknya, biarkan dia yang berpikir, dan kamu resign saja, dengan pekerjaan lain yang sudah fix.

  19. Pak mau tanya saya kan baru kerja ini masih dalam masa training, tp perasaan saya ngrasa nggak nyaman ingin resign kerja soalnya saya kerja tugas kerjanya slalu nunggu diberikan dan kalo nggak ada tugas ya duduk diam saja, saya kerja jauh dari orang tua dan tidak nyama inggin pulang. Awal masuk kerja akta kelahiran saya ditahan sebagai jaminan. Untuk resign yang tepat pake alasan apa ya pak agar saya dapat resign dan akta kelahiran saya dapat diberikan.

    1. Sebenarnya resign itu hak kamu Ika, kalau di training sudah gag oke, fixkan segera, sebelum TTD kontrak kerja yang mengikat.
      Kalau tidak ada TTD kontrak apapun yang mengikat, ajukan saja surat resignnya, karena kalau kamu tidak ada TTD kontrak apapun maka perusahaan gag berhak untuk menahan akta kelahiran kamu apapun alasannya, dan apapun alasan resign kamu nantinya.
      Kalaupun perlu alasan yang baik, bilang saja ingin pulang ke orang tua dan mencari pekerjaan di dekat orang tua saja, saya rasa alasan ini cukup baik dan bisa diterima.

  20. mas.. kalo saya dalam masa percobaan (training) selama 3 bulan tapi blm ada tanda tangan kontrak kira2 mau resign boleh apa tidak?? soalnya sudah tidak betah dengan lingkungan kerjanya. untuk waktu pengunduran dirinya berlaku 1 hari setelah penyampaian ke atasan apa tidak masalah? mhon pencerahannya..Trims

  21. mo tanya juga nih mas…saya tuh niatnya mo resign dari perusahaan yg skrng ini..cuman rada gak enak sama temen yang ngasih tau klo di dlunya diperusahaan ini ada lowongan..
    tapi lama kelamaan saya kurang nyaman sama orang orangnya,,,soalnya suka lapor lapor ke bos gitu..sama kejauhan juga dari rumah… tiap hari PP surabaya – gresik dan honor yg diterima tidak sesuai lagi dengan awal interview…padalah setelah 3 bln dulunya bilang kalo ada kenaikan honor lg…kira kira solusinya gimana ya?? terima kasih

    1. wah, kalau gitu boleh dibilang ke HR nya dulu kalau untuk gaji.
      Untuk nggak nyaman sama jarak jauh mau gag mau, harus dipikirkan lagi untuk kerja di perusahaan yang sekarang Arik.

  22. Ka. Saya mau ngundurin diri dari tmpat krja saya. Soalnya saya kan dimutasi ke cabang lain, tanpa dianterin dari pihak prusahaan, saya hnya dikasih alamatnya sja. Waktu itu saya brangkat jam 1siang, saya nyampe jam12 mlm. Kebenaran di bis sya keabisan btre, soalnya dipke buat komunikasi sma pimpinan prusahaan yg saya ditempatkan baru. Dri sana mamah saya khwatir smapai akhirnya saya disuruh kluar. Tp saya ada kontrak untuk 9bln krja diprusahaan sana. Gimana ya ka, boleh minta sarannnya?

  23. Selamat sore saya br bekerja kurang lebih menuju 2 bln. Saya jujur kurang nyaman dengan jobdesk pekerjaan saya dan lingkungan sekitar. Apa menurut bapak hal it bisa dijadikan alasan untuk resign?

    1. menurut saya bisa-bisa saja Anon, gag masalah kok resign karena kurang nyaman, kerja kan kalau bisa senyaman mungkin dengan kita, dan tetap memberikan penghasilan yang sesuai dengan kemampuan yang kita punya.

  24. hallo, untuk terhitung sejak itu maksudnya apa ya? “terhitung sejak”/”Per tanggal” saya mulai masuk kerja atau terhitung sejak saya mengajukan surat resign? Terimakasih

  25. mas. saya ingin mengundurkan diri dari kontrak kerja saya 1 tahun. saya baru bekerja 2 bulan. saya resign karna baru di pindahkan di posisi kerja yg membuat saya sakit”an karna tidak cocok pda kerjaan tersebut. menurut mas apa ada sanksi terhadap saya jika memutuskan hubungan kerja kontrak saya?

  26. Mas saya mau resign dr prusahaan sy bru krj 6 bln ini. Hmpir hbis kontrak krj 2 mnggu lg. Tp sy udh ga snggup krn prlakuan spv. Sy d dorong hmpir jtuh olh spv. Dn hr itu jg sy kluar krj. Hr ini sy tdk msk krj. Apkh sikap sy krg sopan trhdp prsahaan.

  27. saya ingin mengundurkan diri tapi saya megatakan pada kawan akan segera resign, tapi setelah membaca kejadian yang di alami andi tidak terjadi pada saya juga
    bagaimna caranya resign agar hati tetap tenang menjawabnya?

  28. Saya sudah 6 bulan bekerja disalah satu prusahaan swasta.
    Yang saya kesalkan di perusahaan tersebut adalah pihak HRD yg menurut saya kurang profesional.
    di prusahaan trsebut saya menjabat sbagai admin marketing. Pada suatu hari di hari sabtu saya tidak masuk kerja karna memang selama 1 bulan lebih ini saya di jadwalkan tidak masuk kerja di hari sabtu. Tetapi pagi” mendapat kabar dr HRD bahwa hari itu seharus y sy masuk. Dan saya jawab bahwa sy tidak masuk dikarnakan sy tidak diberitahu pengumannya baik secara lisan maupun tulisan dari pihak” terkait. Pertanyaan saya apa saya salah menjawab seperti itu karna kan dalam sbuah perusahaan seharus nya sekecil apapun informasi tersebut harus di umumkan secara tulisan sebagai tanda bukti yang sebenar”nya. Tapi malah pihak terkait menyalahkan saya dan mengusulkan untuk saya mengundurkan diri. Padahal kontrak saya masih sisa 6 bln lagi. Bagaimana menurut anda untuk sikap seperti apa yang harus saya ambil apa saya harus mengundurkan diri atau tidak?

  29. Saya sudah bekerja 14 tahun lebih dgn posisi terakhir ass.mgr. Rencana resign sudah lama, tapi saya pending terus karena saya selalu mempertimbangkan kondisi pekerjaan yg menurut saya masih belum bisa saya tinggal. Selain itu saya selalu keduluan oleh staf terpercaya saya, dan kejadian ini sudah terulang sekarang mau 4 kali. Saya jadi bingung. Bagaimana penilaian Mas Ahmad mengenai kondisi saya ini.

    1. jangan resign dulu Bu dari pekerjaannya, sayang, masih belum bisa ditinggal, nanti kalau Ibu resign siapa yang urus pekerjaannya, belum bisa ditinggal seperti itu. Lagian sudah ass.mgr sudah oke posisinya Bu, kompensasi juga harusnya oke kalau sudah 14 tahun bekerja.

  30. pak ahmad,
    kalau kondisinya seperti saya gimana pak?

    saya kerja di kalimantan, sedangkan saya tinggal di jawa timur, apakah saya perlu ke kalimantan lagi untuk menyerahkan surat pengunduran diri saya??

  31. Pak Ahmad, yang bos saya bilang surat risent apa surat risen betul yang ini kan ya Pak?
    saya perlu surat risain ini

    1. Iya benar Pak Sumardi, cuma sepertinya salah ketik saja Pak
      Bukan surat risent, atau surat risen, atau surat risain, atau surat risen pekerjaan, tetapi Surat Resign Pak

  32. Pingback: Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Bahasa Indonesia | Contoh Surat
  33. Pingback: Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan | Contoh Surat
  34. Pingback: Contoh Format Surat Risent Yang Baik | Contoh Surat
  35. Pingback: Download Surat Risen Yang Baik | Contoh Surat
  36. Pingback: Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Via Email | Contoh Surat
  37. Pingback: Cara Bikin Surat Pengunduran Diri Karyawan Swasta | Contoh Surat
  38. Pingback: Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Sebagai Siswa | Contoh Surat
  39. Pingback: Cara membuat Surat Resign Yang Bagus | Contoh Surat
  40. Pingback: Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Tempat Kerja Yang Baik | Contoh Surat
  41. Pingback: Contoh Surat Mengundurkan Diri Bahasa Indonesia | Contoh Surat
  42. Pingback: Cara Buat Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan | Contoh Surat
  43. Pingback: Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Benar | Contoh Surat
  44. Pingback: Surat Pengunduran Diri Karyawan Bahasa Inggris | Contoh Surat
  45. Pingback: Surat Pengunduran Diri Karyawan Yang Baik | Contoh Surat
  46. Pingback: Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dalam Bahasa Inggris | Contoh Surat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *