Belajar di Jerman dengan Beasiswa dari Perguruan Tinggi dan Pemerintah

Sampai saat ini penulis cukup kesulitan untuk mengumpulkan informasi beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintahan Jerman. Pemerintah mereka hanya memberikan beasiswa untuk tingkatan Master dan Phd, tidak ada untuk Bachelor. Sedangkan jika mengecek satu persatu ke website Perguruan Tinggi ke Jerman, mereka semua menggunakan bahasa Jerman, dan penulis tidak begitu memahaminya.

belajar dengan beasiswa di Jerman
belajar dengan beasiswa di Jerman

Berdasarkan hasil konsultasi langsung kepada beberapa orang mahasiswa S2 yang ada disana, mereka mengatakan bahwa untuk beberapa wilayah di Jerman, kuliah disana gratis, biayanya ditanggung oleh pemerintah daerah disana. Dan kalaupun ada membayar, biayanya cukup murah.

Namun prosedur agar kita bisa kuliah S1 di Jerman memang cukup sulit, pertama, tingkatan pendidikan antara pendidikan kita dan pendidikan Negara mereka cukup berbeda, sehingga jika kita yang lulusan SMA ingin melanjutkan kuliah ke Jerman, kita harus mengikuti kuliah persiapannya dulu, namanya Studienkolleg. Masa studinya adalah 1 tahun, dan ada ujiannya juga, dan kita juga diwajibkan untuk menguasai bahasa Jerman tingkat intermediate, sebelum kita mengikuti studienkolleg.

Utungnya penulis menemukan situs yang membahas lengkap mengenai hal ini, dan memang pekerjaan merekalah untuk melakukan ini. Namanya adalah DAAD, cek website offisial mereka disini www.daadjkt.org/index.php?home-bahasa-indonesia

            Nah, bagian yang membahas step by step kuliah S1 di Jerman adalah ini

www.daadjkt.org/index.php?studienkolleg-1

Silahkan diriset lebih lanjut, dan kontak mereka untuk mendapatan informasi lebih jelasnya. Oh ya, ada satu institusi yang memberikan beasiswa ke Jerman, namun sebaiknya anda bertanya dan menganalisis lebih dalam dahulu informasi di atas sebelum melihat data berikut ini, dari Heinrich Böll Foundation.

www.boell.de/scholarships/apply/application-next-application-deadlines-12413.html

Tulisan terkait

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *