Beasiswa S1, S2, dan S3 ke Negara Federasi Rusia ditanggung Pemerintah Rusia

Rusia, pemerintah mereka menyediakan kuota beasiswa sekitar 25 orang untuk tingkatan S1. Seleksi berkas dari mereka memang cukup sulit, ada beberapa kelengkapan dokumen yang harus dikirimkan. Sehingga menyebabkan yang dipanggil untuk mengikuti tes wawancara biasanya cukup sedikit. Nama lembaga yang melakukan seleksi beasiswa ke Rusia ini adalah Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia ( PIPKR ). Website mereka dulunya ada di

www.pipkrusia.blogspot.com

belajar dengan beasiswa di rusia

belajar dengan beasiswa di rusia

 

Namun entah mengapa baru-baru ini penulis mengecek blog tersebut sudah dihapus, yah, mungkin teman-teman bisa mengontak mereka secara langsung saja deh. Tapi siapa tahu website diupdate lagi, atau ganti yang baru. Just ask Mr. Google.

Lokasi mereka di Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta.

Tel./Faks.: 021-31935290; Email: pipkrusia@gmail.com

Dan ini adalah link ke PPI Rusia, anda bisa mengontak mereka untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

http://ppi-rusia.org/main/

Untuk Tahun ajaran 2014-2015, baru saja penulis mendapat informasi mengenai pembukaan beasiswa ke Rusia, berikut informasi lengkapnya.

Program Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia 2014 / 2015

Setiap tahun, pemerintah Federasi Rusia membuka pendaftaran beasiswa bagi pelajar Indonesia belajar di Rusia. Pusat Ilmu Pengetahuan & Kebudayaan Rusia adalah lembaga yang membantu Kementerian Pendidikan & Ilmu Pengetahuan Federasi Rusia dalam pendaftaran beasiswa.

Persyaratan untuk mendaftar:
S1: nilai minimal 8.0, usia maksimal 25 tahun, mengirimkan dokumen pendaftaran.
S2: IPK minimal 3,20, usia maksimal 27 tahun, mengirimkan dokumen pendaftaran.
S3: Lulusan S2 dari Rusia atau memiliki sertifikat ujian bahasa Rusia TORFL-2/ TRKI-2, usia maksimal 35 tahun, mendapat rekomendasi dari 2 profesor (dalam bahasa Rusia/ Inggris), menulis proposal penelitian dalam bahasa Rusia maksimal 2 halaman, mengirimkan dokumen pendaftaran.

Dokumen pendaftaran yang perlu dikirimkan:
1. Pas foto, tahun 2014, berwarna, latar belakang putih, dicetak di matte-paper, 4×6 (10 lbr).
2. Fotokopi/ print berwarna paspor hijau, ukuran A5-hanya halaman identitas.
3. Application form / anketa. (lihat petunjuk isian; isi dengan tulisan tangan-huruf cetak-pena hitam; atau cetak dengan ketikan; tanpa coretan & type-ex)
4. Fotokopi ijazah sekolah/ perguruan tinggi yang dilegalisir oleh sekolah/ perguruan tinggi, & fotokopi transkrip nilai yang dilegalisir oleh perguruan tinggi. Jika ada, sertakan terjemahan ijazah & transkrip nilai dalam Bahasa Inggris yang diterbitkan oleh sekolah/ perguruan tinggi.
5. Fotokopi medical certificate, hasil periksa paru-paru & HIV/Aids, tertanggal 20 Januari s.d. 14 Maret 2014, berbahasa Inggris, dilegalisir oleh RS/ klinik, Lampirkan fotokopi hasil periksa laboratorium. (lihat contoh medical certificate & list of medical contradictions ketika melakukan pemeriksaan kesehatan)
6. Fotokopi akta kelahiran yang dilegalisir oleh Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil. Jika ada, sertakan terjemahannya dalam bahasa Inggris yang diterbitkan oleh DKPS & dilegalisir oleh DKPS.
7. Garantiinoe obizatelstvo i garantiinoe pismo. Formulir bahasa Rusia diisi dengan huruf latin. (lihat terjemahan petunjuk isian; isi dengan tulisan tangan-huruf cetak-pena hitam; atau dengan ketikan; tanpa coretan & type-ex)
8. Form of applicant & permohonan pengesahan. ( isi dengan tulisan tangan-huruf cetak-pena hitam; atau dengan ketikan; tanpa coretan & type-ex)
9. Contoh gambar/ dokumentasi untuk pendaftar jurusan disain/ arsitektur/arsitekt ur seni. (versi cetak 5 halaman, HVS A4 70/80gr, di-staples)
10. Membayar biaya administrasi (+/- 70-450USD), setelah mengirimkan dokumen, akan diinformasikan kemudian mengenai biaya administrasi tersebut.

No. 1-9 dibuat 1 kali, no. 3-8 semua tanda tangan & cap legalisir harus asli, no. 1-8 jangan di-staples. Semua dokumen disusun rapi, lalu masukkan ke dalam map karton kuning (pendaftar S1) atau map karton merah (pendaftar S2) atau map karton hijau (pendaftar S3)

Dokumen diterima 20 Januari s.d. 14 Maret 2014. Kirimkan ke Pusat Kebudayaan Rusia, Jl. Diponegoro No. 12, Menteng, Jakarta Pusat 10310. Cantumkan ‘beasiswa Rusia 2014’ di bawah nama pengirim.

Pendaftar memasukkan satu pilihan program studi/ spesialisasi yang sejalur dengan pendidikan sebelumnya. (lihat list of specializations) . Universitas ditentukan oleh Kementerian Pendidikan & Ilmu Pengetahuan Rusia.

Kandidat penerima beasiswa yang diutamakan adalah: yang sesuai persyaratan, memasukkan dokumen dalam periode pendaftaran yang disebutkan & menyerahkan dokumen secara lengkap sekaligus.

Pengumuman kelulusan diberitahukan pada bulan Agustus-September 2014.

Dokumen yang telah dikirimkan & biaya administrasi yang telah dibayarkan oleh pendaftar tidak dikembalikan apabila dinyatakan tidak lulus oleh Kementerian Rusia.

Penerima beasiswa akan mendapatkan gratis pendidikan sesuai dengan program studi pilihan & selama waktu pendidikan yang ditentukan.

Penerima beasiswa akan menempuh 1 tahun fakultas bahasa di Rusia sebelum memulai kuliah jurusan (gratis). Lalu melanjutkan kuliah jurusan, S1 (4 tahun), kedokteran (5 tahun), S2 (2 tahun), spesialisasi (5 tahun). Mahasiswa tiba di Rusia & memulai kuliah pada bulan September-Oktober 2014.

Biaya & perlengkapan yang harus disiapkan & ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa adalah:
1. Visa studi 50USD
2. Tiket pesawat Jakarta s.d. Moskow s.d. kota tujuan & registrasi paspor +/- 800-1300USD
3. Biaya penjemputan +/- 250USD
4. Tes kesehatan setiba di Rusia +/- 300USD
5. Visa studi & polis asuransi +/- 300USD per tahun
6. Asrama mahasiswa +/- 300USD per tahun
7. Pengeluaran pribadi +/- 300USD per bulan
8. Pakaian, sepatu & perlengkapan pribadi yang memadai untuk iklim Rusia (musim semi & gugur, musim dingin, musim panas)

Contact:
PUSAT ILMU PENGETAHUAN & KEBUDAYAAN RUSIA
Jl. Diponegoro No. 12, Menteng, Jakarta Pusat 10310
beasiswarusia@ gmail.com
Tel. 62 21 31909726
62 812 1010 0158



One response to “Beasiswa S1, S2, dan S3 ke Negara Federasi Rusia ditanggung Pemerintah Rusia”

  1. Herry says:

    makasih untuk infonya sebelumnya..
    saya ingin menanyakan, untuk syarat no 7 dan no 8 itu dilihat dimana yah..? makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YOU MAY LIKE