Beasiswa S1 Kedokteran Yang Diinginkan Oleh Banyak Orang

beasiswa s1 kedokteran

Beasiswa S1 kedokteran sekarang ini banyak sekali peminatnya, karena banyak juga siswa-siswa yang memiliki cita-cita menjadi seorang dokter. Sehingga hampir di seluruh universitas negeri maupun swasta menyediakan beasiswa. Seluruh universitas memberikan beasiswa kepada mahasiswanya pada awal semester, beasiswa yang diberikan ada beberapa macam yaitu beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi dan beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu.

beasiswa s1 kedokteran
beasiswa s1 kedokteran

Berikut ini salah satu universitas yang memberikan beasiswa kepada mahasiswanya dan ada beberapa syarat yang harus dilengkapi. Syarat-syarat beasiswa S1 untuk fakultas kedokteran yaitu :

  1. Telah diterima menjadi mahasiswa S1 di salah satu universitas.
  2. Telah mengisi surat permohonan untuk mendapatkan beasiswa tersebut dan ditujukan kepada dekan.
  3. Melampirkan portofolio kegiatan tambahan pada saat masih SMA.
  4. Melampirkan fotokopi rapor SMA.

Selain syarat-syarat di atas, mahasiswa yang mengajukan harus sesuai dengan kriteria yang dimaksud. Ada juga beberapa universitas yang mencantumkan syarat-syarat khusus kepada mahasiswa yang mengajukan beasiswa, salah satunya yaitu menandatangani sebuah surat perjanjian agar bersedia untuk tidak menikah ketika masih menerima beasiswa tersebut. Mahasiswa tersebut harus bisa mempertahankan nilai atau prestasi akademiknya yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari universitas tersebut yaitu minimal 2, 75. Mahasiswa juga harus aktif dalam kegiatan tambahan, selalu menemui pembimbing akademik minimal satu bulan sekali, dan lain sebagainya. Masih banyak lagi syarat-syarat beasiswa S1 kedokteran lainnya yang sudah ditentukan oleh universitas tersebut.

Description: Beasiswa S1 kedokteran tersebut selalu disediakan pada awal semester di seluruh universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran.

Tulisan terkait

50 Comments

  1. Kak,aku kan udah masuk FKG PTS nih.nah niatnya mau nyari beasiswa yg di awl semster.tapi ada nggak ya?kan kebanyakan hrus nunggu semester 2 dlu baru ada.kebanyakan beasiswa lainnya itu pada menyertakan surat ket.tdk mampu..nah ni gmn ya utk anak berprestasi yg kuliah di swasta?kalo ngandelin beasiswa dr univ nya sndri biasanya tdk mencukupi.nah klo bgtu gmn ya?

    1. nggak ada kalo di semester 1 Puspa.
      Nah itu susahnya kalau di swasta, beasiswanya harus yg dari awal emang udah dapat dari yayasannya, kalau sudah di dalam sulit, hanya yg untuk tidak mampu saja adanya.

  2. Kak kalo dari SMK Analis Kesehatan Nasional itu bisa masuk FK ya kan ??? Kalo SMK ikut bidik misi itu bisa nggak ??? Itu bidik misi mengajukan sendiri atau minta gurunya yang mengajukan ?

    1. tergantung FK nya oke atau nggak Anastasia Sila.
      Bisa kok (harusnya) SMK ke bidikmisi. Itu guru dan sekolah yang mengajukan, kamu mesti ngomong ke sekolah dulu.

  3. Assalamualaikum.saya arum dari riau, skrng saya ddk d kls XI IPA, saya ingin mndptkan bs kedokteran d UNRI atau di UGM Yogya, caranya bagaimana ya kk!?
    Sekian terimakasih
    Wassalam..

  4. Ka sya Abdul…sy sdah lulus selksi di kedokteran PTS. 2 hri kedepan sy sdah mesti byar DPI …pdahl sy dri kluarga kurng mmpu…bisa nda yaa ka klo sdah terdaftar sbagai mahasiswa bru mengajukan permohonan beasiswanya…dan tolong jelaskan ka….cara mendaftarnya bgaimna..!

    1. ndak bisa, permohonan beasiswa harus sejak awal.
      Wah, kedokteran di PTS, kalau memang dari keluarga kurang mampu jangan ambil Kedokteran di PTS bro, drop aja yang ini, ambil di negeri aja, tahun depan oke kok, terus ikut program Bidik Misi. Gag ada program beasiswa lain buat anak dari keluarga kurang mampu buat S1 di Indonesia selain Bidik Misi.

  5. Assalamualaikum, saya ingin bertanya. Kebetulan saya sekarang mahasiswa d3 kebidanan semester 4. Tapi dari dulu saya ingin sekali masuk di jurusan kedokteran.kira kira apakah ada kampus yang bisa saya masuki?
    Dan apakah beasiswa yang didapatkan itu didapat sejak awal pendaftaran atau nanti setelah mengajukan surat permintaan beasiswa kedekan?
    Terima kasih

  6. Assalamualaikum. Saya lulusan smait tasikmalaya, saya dari kecil bercita-cita ingin menjadi seorang dokter sedangkan orang tua gak mampu biayain kuliah saya, apakah ada beasiswa kedokteran untuk yang hafidz al quran

  7. saya mau tanya apakah di jurusan pemasaran bisa kuliah ngambil jurusan kedokteran? saya pngen bnget kuliah ngambil jurusan itu tpi ya orang tua jg gak ad biaya

  8. assalamualaikum, kak. saya ingin bertanya apa bidikmisi hanya utk yg tidak mampu? atau ad ajalur yg utk prestasi nya kak? mohon di beri info kak.. terimakasih

  9. Assalualaikum wr.wb…sya atas nama Risnawati s bercita cita dar duluh sampai sekrng untuk jadi dokter tap apalah daya kondisi ekonomi keluargaku hanya bisa mencukupi untuk sehari2 saja s pegen sekali kuliah tapi orang tuaku tidak mampu untuk membiayai kuliahku lagian juga mereke sudah tua mka dari it aku ingin mencari beasiswa untuk aku bisa kuliah dan bisa merubah kehidupan orng tuaku kedepany aku kasihan sam mereka yg sudah tau tap masih setgah mati untuk mencari nafkah untukku jadi aku harap s bisa dibantu u mendapatkn beasiswa…Terimakasih mohon bantuanya…

  10. Assalamualaikum kak saya ingin bertanya ,saya adalah siswi smk farmasi kelas xi. Cita cita saya ingin menjadi dokter tetapi orang tua saya mungkin tidak mampu untuk membiayai saya sekolah kedokteran apakah mungkin saya dapat mengikuti jalur beasiswa, jikalau bisa apakah semua sertifikat perlombaan yg sya punya mulai dari kota sampai internasional bisa di cantumkan atau tidak usah??

  11. Kalo mau cari PTS mana yang ada beasiswa bidikmisi untuk kedokteran kok susah.. Apa emang nggak ada yah? Adanya selain beasiswa bidikmisi tok (kalo saya cari-cari). Ada yang tau nggak? PTS mana yang ada FK bidikmisinya?

    1. PTS gag ada Bidikmisi Shaila, mesti ke PTN semua.
      Buat S1 kan, programnya hanya Bidikmisi, kecuali mau program lain, baru ada beberapa beasiswa dari Univ Swasta buat jurusan lain S1-nya.

  12. Saya ingin bertanya ka, saya anak SMK Farmasi kelas XI, banyak yang bilang kalo anak SMK bakal sulit masuk kedokteran, emang bener ka? Terus saya mu bertanya ka, kalo untuk mendapatkan beasiswa itu bagaimana? Katanya bisa juga lewat website?

  13. bismillah…
    assalamualaikum..
    saya sekarang duduk di kelas 1 ipa saya bercita cita ingin sekali menjadi seorang dokter yang berguna bagi banyak orang terutama bagi orang orang yang ada di sekitar saya,meskipun ekonomi orang tua saya kurang untuk mencukupi biaya kuliah saya di fakultas kedokteran.tetapi saya yakin Allah swt akan memberikan saya jalan…
    mau tanya apa dan bagaimana cara yang harus saya lakukan sejak saat ini untuk mendapatkan beasiswa kedokteran sebelum saya terlambat??
    terimakasih…

  14. Bissmillah..
    Saya siswi kelas 3 SMP, saya ingin masuk jurusan kedokteran tapi orangtua saya kurang mampu untuk membayar pendaftaran karena saya pikir jumlahnya memang tak sedikit. Agar saya bisa lebih mendalamin tentang kedokteran lebih baik nanti saya masuk SLTA mana ya? Dan kalau saya sudah lulus SLTA apa langkah pertama yang harus saya lakukan untuk mendapatkan beasiswa? Mohon sarannya..
    In Shaa Allah saya akan berusaha keras dan belajar dengan sungguh-sungguh..
    Aminn

  15. Mau tanya apa kita masih bisa mengambil beasiswa walaupun kita tidak lulus ditahun kita mau mengambil beasiswa misalnya saya lulus sma ditahun 2015 sedangkan saya ingin mencoba beasiswa di tahun 2017 apakah boleh atau bisa ?

  16. Assalamualaikum
    maaf saya Dewi Candra Kirana, saya berusia 22thn, saya dari anak yg kurang mampu, saya juga seorang karyawan swasta serta saya juga guru les anak” SD
    Dari 4thn lalu saya sudah berusaha untuk mencari beasiswa tapi semuanya rata” musti ada dana awalnya yg cukup besar untuk saya, sementara keluarga saya tidak mampu untuk dana yg besar tersebut
    saya ingin sekali melanjutkan kuliah didunia kedokteran, dan saya akan bersedia untuk melakukan atau mengikuti setiap persyaratan yg diberikan
    asalkan saya bisa mendapatkan beasiswa hingga S1
    dan saya bersedia untuk ditepatkan dimana pun setalah lulus menjadi S1 untuk membantu yg lain saat membutuhkan bantuan saya
    saya sangat beharap kepada pihak” yg mau membantu saya untuk bisa mendapatkan beasiswa
    saya ucapkan terima kasih

  17. Saya adalah anak SMA yang ingin meneruskan kuliah di bidang kedokteran, tapi ekonomi saya tidak mencukupi, saya minta bantuanya kepada pemilik beasiswa gratis untuk memberikan saya beasiswa kedokteran,,

  18. Mendapatkan beasiswa adalah keinginan setiap orang. Sebaiknya beasiswa juga diberikan kepada orang kurang mampu dan tidak begitu berprestasi tetapi memiliki semangat yang tinggi untuk pendidikannya. Saya membutuhkan beasiswa.

  19. Saya pengen banget ngebantu warga indonesia yang kesusahan misalnya di daerah daerah kumuh yang tempat tinggalnya dekat sekali dengan sungai,pembuangan sampah,mudah mudahan saya dapat beasiswa itu

  20. apakah bisa masuk kuliah kedokteran lagi meskipun sudah masuk semster 8.? sya sekarang sudah masuk di fakultas kesehatan masyarakat smster 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *