Beasiswa S1 2014 2015 PPA dan BBM DIKTI

Beasiswa S1 2014 sangat diminati oleh mahasiswa angkatan baru 2014 maupun mahasiswa senior tingkat atas. Salah satu jenis beasiswa yang paling diminati adalah beasiswa PPA dan BBM dari DIKTI. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) ditujukan bagi mahasiswa yang mempunyai indeks prestasi yang baik yang membutuhkan biaya pendidikan. Sedangkan beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu. Beasiswa PPA dan BBM biasanya dibuka setiap awal tahun dan berlaku selama 1 periode saja.

Ikut Aplikasi Beasiswa
Ikut Aplikasi Beasiswa

Syarat penerimaan Beasiswa S1 PPA dan BBM terdiri dari beberapa berkas yang cukup banyak. Syarat umumnya adalah :

  • Masih menjadi mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi
  • Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa
  • Kartu Hasil Studi atau Transkrip Nilai
  • IPK 3.00 (untuk PPA) dan 2.75 (untuk BBM)
  • Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Tidak Mampu
  • Surat rekomendasi Fakultas
  • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir
  • Surat Pernyataan tidak sedang menerima beasiswa lain
  • Formulir Beasiswa dengan dilengkapi foto 3 x 4 2 lembar.

Syarat tersebut dapat berbeda bergantung pada kebijakan masing-masing Universitas. Penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 350.000/bulan.

Kuota beasiswa berbeda-beda untuk setiap perguruan tinggi. Seleksi dilakukan oleh pihak Universitas yang kemudian hasilnya diajukan ke DIKTI untuk diproses lebih lanjut. Meskipun birokrasi dan persyaratannya cukup banyak, namun beasiswa PPA dan BBM selalu diminati karena peluangnya yang tinggi dan tanpa seleksi yang melelahkan. Beasiswa S1 2013 PPA dan BBM sudah ditutup pada tengah tahun 2013 dan akan dibuka kembali pada periode selanjutnya pada awal 2014.

Description: Beasiswa S1 2014 2015 salah satunya adalah beasiswa PPA dan BBM. Beasiswa PPA dan BBM ditujukan untuk mahasiswa berprestasi dan yang kurang mampu. Beasiswa PPA dan BBM selalu diminati karena peluangnya yang tinggi dan tanpa seleksi yang melelahkan.

Tulisan terkait

33 Comments

  1. malam bpk/ibu,,,,saya mau bertanya apakah saya bisa memperoleh beasiswa untuk melanjutkan kuliah saya,,,karna saat ini saya sedang duduk di bangku kuliah semester 3 pendidkan bahasa inggris di bekasi?

    thx

  2. Asslm. Bgaimna prosesnya agar mndptkan beasiswa transfer dari D3 ke S1.? Pd saat ini sya tlah mnyelesaikan pndidikan jenjang D3. Terima ksh jwbnnya

      1. Hi Juliana, PPA & BBM langsung koordinasi antara Dikti dengan Universitas. Infonya beda2 tiap Univ, silahkan koordinasi langsung dengan bagian kemahasiswaan Universitas kamu.

  3. Assalamu’alaikum WR.Wb..

    Saya, Imas Siti Mariam maba IKOPIN 2014, mengenai dikti dan BBM kuota untuk ke PTS berapa? termasuk IKOPIN.. terimakasih 🙂

  4. Saya mau menanyakan tentang kenjutan beasiswa saya.sya mendapatkan beasiswa bbm tahun 2012-2013.awlnya saya mndptkan beasswa 2.100.000 dan sisanya baru akn di trunkan pada bulan juli smpai dsember 2013.tetapi untuk yang bulan juli smpai dsember bbm sya tdk trun.sya sudah tnya k pusat admnistrsi univ sya.dan ktanya itu kslhan pihak univ yang slah merekap identtas sya.di kira sya sudah llus.trus bagaimana yang harus sya lakukan.semntara sya sngt membtuhkan beasswa trsbut.

    1. Bisa kok Rini 🙂
      Beasiswa PPa & BBM diurus oleh Dirmawa (Dir. Kemahasiswaan) masing2 Univ, baru diserakan ke Dikti pusat, jadi coba hubungi bagian Dirmawa kampus yang anda tuju ya

    1. Iya Fitri, untuk PPA dan BBM offical dari kampus pengumpulan berkasnya, baru diproses oleh Dikti, nanti dananya langsung ditransfer ke rekening mahasiswa yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *