Apa Pendapat Orang tentang Saya, Pada Awal Pertemuan Sebelum Saling Kenal

Ahmad Arib First Impression

Sabtu, tanggal 12 April 2014, saya menghadiri gathering perdana Agent of Wisdom di Andrie Wongso Learning Center, APL Tower lantai 18, persis di sebelah Central Park. 50 pemuda terpilih dari seluruh Jabodetabek akan mendapatkan pelatihan langsung dari Andrie Wongso, motivator terkemuka di Indonesia. Pada pertemuan perdana ini kami belum bertemu dengan Pak Andrie Wongso, namun sudah hadir di tengah-tengah kami Ibu Leni Wongso, istri dari Pak Andrie Wongso. Beliau menjelaskan betapa beruntungnya kami mendapatkan sesi pelatihan ini, juga agar kami dapat memanfaatkan sepenuhnya kesempatan yang didapatkan kali ini. Ibu Leni menjelaskan tidak mudah bagi seorang mahasiswa biasa seperti kami mendapatkan pelatihan langsung face to face oleh Andrie Wongso secara cuma-cuma.

Dipandu oleh Recca, gathering kali ini diisi dengan berbagai penjelasan mengenai Term of Condition dan Rule yang berlaku selama pelatihan bersama Pak Andrie Wongso untuk 6 bulan kedepan, dalam 12 sesi pertemuan. Selanjutnya ada tugas untuk menjawab 20 pertanyaan tentang “Who Am I”, jadi di kertas A4 yang bertuliskan

I am —————————————

Sebanyak 20 entri yang mesti kami isi semuanya, hal ini untuk melihat seperti apa kami melihat diri sendiri.

Sesi selanjutnya sangat seru dan juga menyenangkan, yakni sebuah game bertemakan My First Impression. Jadi dalam game ini, setiap orang akan ditempelkan kertas kosong di punggungnya, kemudian kami akan berkeliling untuk berkenalan secara cepat kepada setiap orang baru di ruangan yang sebelumnya belum saling kenal. Setelah kenalan dalam waktu singkat, kami akan menuliskan kesan pertama yang dilihat dari orang tersebut di punggungnya.
Dan berikut kesan-kesan pertama yang orang lain lihat dari diri saya

Ahmad Arib First Impression
Ahmad Arib First Impression

Jadi senyum-senyum sendiri melihat apa yang orang lain pikirkan, satu kata pertama yang terlintas di benak orang yang pertama kali bertemu dan berkenalan dengan saya. Dan memang inilah diri saya yang terlihat sehari-hari, seperti ramah, friendly, baik, semangat, sopan, cool, hehe. Melalui permainan ini, saya lebih menyadari betapa pembawaan diri sehari-hari mulai dari tatapan mata, jabat tangan, senyuman, dan pilihan kata akan membentuk first impression dari diri kita terhadap orang lain.
Dan first impression inilah yang nantinya akan berlanjut ke banyak hal, mungkin perkenalan lebih lanjut, obrolan yang lebih jauh, dan banyak hal lainnya. Karena tidak dipungkiri, sangat sering terjadi ketika kita hanya memiliki sedikit waktu untuk berkenalan dengan orang lain, dan bagaimana caranya kita bisa meninggalkan kesan pertama yang bagus sehingga dapat membentuk hubungan relasional yang baik di kemudian hari.

Sekian dari saya, terima kasih.

Ahmad Arib Alfarisy

Agent of Wisdom, Andrie Wongso Learning Center

Tulisan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *