Alasan-Alasan Ikut Aplikasi Beasiswa

Beasiswa S1  merupakan hal yang sangat diidam-idamkan oleh banyak siswa SMA kelas 3 yang tak lama lagi akan memasuki jenjang yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi. Biaya universitas yang sangat tinggi merupakan salah satu alasan utama mengapa begitu banyak siswa yang mencoba untuk mendapatkan beasiswa baik di dalam maupun luar negeri.

Ikut Aplikasi Beasiswa

Ikut Aplikasi Beasiswa

Tidak heran, biaya 100 juta untuk 4 tahun yang dibutuhkan seseorang untuk dapat menamatkan studinya menjadi angka yang wajar dan normal sekarang ini. Dan sekarang biaya pendidikan semakin lama semakin merangkak naik, bahkan sebelum masuk perguruan tinggi saja kita sudah dihadapkan pada uang pangkal yang nominalnya mencapai puluhan juta.

Sulit untuk menyalahkan perguruan tinggi atas hal ini, perguruan tinggi swasta beralasan bahwa mereka sama sekali tidak dibantu oleh dana pemerintah, sehingga mereka perlu untuk menghimpun dana dari mahasiswa mereka. Dan sayangnya perguruan tinggi negeripun saat ini juga mengeluarkan dalih yang sama, status mereka yang saat ini menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN) membuat mereka tidak leluasa lagi untuk meminta dana dari pemerintah. Belum lagi kebijakan pemerintah yang mengetatkan penerimaan mahasiswa baru melalui ‘jalur khusus’ yang memungut dana sangat besar dari mahasiswa-mahasiswa kaya. Dimana dulunya dana dari ‘jalur khusus’ ini digunakan oleh perguruan tinggi untuk menutupi kekurangan dana mereka.

Belum lagi jika kita memperhitungkan uang biaya hidup yang harus dikeluarkan oleh orangtua unttuk membiayain kehidupan anaknya yang berkuliah di luar kota. Sebab kita lihat saat ini, begitu banyak mahasiswa yang merantau dari daerah asalnya untuk menuntut ilmu di daerah lain, dengan alasan pendidikan yang lebih baik dan belajar untuk mandiri. Hal itu bagus, sangat bagus malah, tapi tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Standar hidup di  beberapa kota cukup beragam, ada yang murah untuk makan dan minumnya, namun tempat tinggal sangat mahal. Bergantung pula dari gaya hidup orang yang bersangkutan, bisa jadi dia cukup royal untuk menghabiskan uang orangtuanya, dan orangtuanya juga tidak mempermasalahkan hal ini. Ada juga yang cukup hemat, bisa jadi alasan kemandirian maupun keterpaksaan, karena minimnya uang kiriman dari orang tua. Secara rata-rata penulis menilai bahwa dibutuhkan uang antara 1 juta rupiah sampai dengan 2 juta  untuk biaya hidup standar anak rantauan.

Karena itulah ikut Aplikasi Beasiswa ini menjadi sangat penting bagi mereka yang membutuhkannya.



2 responses to “Alasan-Alasan Ikut Aplikasi Beasiswa”

  1. irwan maulana says:

    i’m really intrested in this country singapore…
    any university offer indonesian student scholarship?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YOU MAY LIKE