5 Tips Mengundurkan diri Tanpa Merusak Jaringan dan Citra Profesional

tips mengundurkan diri

Mengundurkan diri sudah tentu menjadi pilihan sulit bagi setiap orang, namun ada kalanya hal tersebut merupakan pilihan final yang harus diambil, berikut ini tips-tips agar kamu dapat mengundurkan diri dengan lancar dan tentram, tanpa menimbulkan masalah di kemudian hari.

tips mengundurkan diri
tips mengundurkan diri

1. Buatlah meeting bertemu dengan atasan anda

Booking jadwalnya, janjikan bertemu sebelum anda berkata apapapun dan kepada siapapun tentang rencana pengunduran diri anda, bos anda berhak menjadi yang kedua tahu (setelah keluarga) tentang rencana pengunduran diri anda.

2. Eittss, jangan buru-buru cerita ke rekan kerja anda

Tahan dulu, biarkan rencana penunduran ini menjadi rahasia anda dan bos anda, selama diproses oleh kalian berdua dan pihak-pihak yang berkepentingan.

3. Tetap bekerja dengan Optimal

Jangan ada penurunan kinerja, semakin dekat bulan pengunduran malah semakin turun kinerjanya, bisa jadi image buruk nih buat anda.

4. Jujurlah mengenai alasan Pengunduran diri
Apakah jadwal tidak sesuai, ada kewajiban baru, ada offering baru, gaji yang tidak memadai, cukup katakan saja secara profesional, tanpa perlu ditutup-tutupi.

5. Minta rekomendasi & tetap jalin hubungan baik

Setelah pengunduran diri anda, dan anda mulai mau masuk ke tempat lain, mintalah rekomendasi dari atasan anda yang lama ke calon pemberi kerja anda yang baru mengenai performa dan kinerja anda selama di tempat lama. Selain itu, tetap jalin komunikasi yang baik dengan rekan-rekan kerja lama anda.

Tulisan terkait

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *